Ini Dia Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika!

Inilah Persiapan Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika atau information technology (IT) adalah salah satu bidang karier yang semakin lama semakin banyak peluang kerjanya. Tidak heran jika banyak calon mahasiswa yang mempertimbangkan untuk masuk ke jurusan ini. Apalagi, rentang gaji profesional IT terbilang sangat tinggi di Indonesia.

Agar persiapanmu makin mantap, kamu perlu tahu apa itu IT dan apa saja cakupan pengetahuan yang akan dipelajari dalam IT. Definisi IT sendiri sangat luas dan beragam, tetapi secara umum jurusan IT mendalami solusi-solusi berhubungan dengan teknologi komputer yang diaplikasikan dalam berbagai bidang.

Jurusan teknik informatika berfokus pada pemrograman dan pengembangan aplikasi atau software. Kamu juga akan mempelajari berbagai hal termasuk artificial intelligence (AI) hingga pengembangan sistem informasi dengan basis komputasi awan. Setelah lulus, kamu akan memiliki peran penting dalam proses pembangunan sistem informasi mulai dari hardware, software, pembuatan database dan sebagainya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Lantas, apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk masuk ke jurusan teknik informatika? Simak penjelasannya berikut!

Logika Berpikir

Hal pertama yang perlu dimiliki oleh calon mahasiswa jurusan teknik informatika adalah logika berpikir yang mumpuni. Selama kuliah, kamu akan berhadapan dengan mata kuliah pemrograman. Mata kuliah terkait algoritma pemrograman, pemrograman berorientasi objek hingga struktur data akan kamu temukan di awal semester.

Lalu, apakah pemrograman itu sulit? Sebenarnya kalau kamu punya passion di bidang ini, mata kuliah pemrograman bukan sebuah masalah. Bill Gates, pendiri Microsoft misalnya, kuliahnya mengambil jurusan hukum, bukan pemrograman. 

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook juga tidak menyelesaikan kuliahnya di jurusan Psikologi dan Sains Komputer. Namun, karena punya passion teramat besar, mereka sama-sama berhasil mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. 

Selama kamu punya keinginan, ilmu pemrograman bisa kamu pelajari dengan lebih mudah. Namun, kunci utamanya kamu harus memiliki kemampuan logika yang baik. Logika sangat diperlukan ketika melakukan pengkodean. Semakin baik logikamu, semakin mudah kamu belajar pemrograman.

Kemampuan Matematika

Jurusan teknik informatika adalah jurusan yang termasuk rumpun pengetahuan teknik. Jadi, tidak heran kalau kamu akan menemukan mata kuliah yang berkaitan dengan matematika. Belajar matematika juga akan membantu kamu dalam membangun logika berpikir yang lebih baik.

Beberapa materi matematika yang akan kamu temui saat berkuliah di jurusan teknik informatika, antara lain statistika, kalkulus, aljabar linear, matematika diskret hingga logika matematika.

Kemampuan Analisis

Di jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer serta analisis matematis dalam desain, pengujian, pengembangan serta evaluasi software, aplikasi, kinerja komputer, dan sistem operasi. Artinya, kemampuan analisis sangat penting untuk kamu miliki. Mengapa?

Analisis dibutuhkan dalam proses pembuatan perangkat lunak mulai dari desain sampai perilisannya. Saat merancang, kamu harus melakukan analisis tentang fitur apa saja yang dibutuhkan oleh sistem/perangkat lunak tersebut hingga tampilan interface-nya.

Dengan memiliki kemampuan analisis dan matematika yang baik, kamu bisa meminimalisasi terjadinya kesalahan saat membuat sebuah program sehingga hasil akhirnya bisa terlihat profesional.

Memenuhi Semua Persyaratan

Keinginan dan niat saja tentu tidak cukup untuk bisa masuk ke jurusan teknik informatika. Kamu juga harus memenuhi syarat. Meskipun persyaratan setiap kampus berbeda-beda, secara umum kamu harus bisa memenuhi hal-hal berikut.

  • Merupakan lulusan SMA, SMK, MAK, MA, atau paket C sederajat.
  • Tidak buta warna. Dalam jurusan ini, kamu akan berhadapan dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan warna. Misalnya, ketika mendesain interface untuk sebuah software atau aplikasi. Karena tidak semua kampus menetapkan persyaratan ini, kamu bisa bertanya terlebih dahulu sebelum mendaftar atau memilih jurusan di kampus tersebut
  • Lolos tes masuk. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki standar tes masuk yang berbeda-beda. Untuk bisa masuk, kamu tentu harus lulus tes terlebih dahulu.
  • Memahami bahasa Inggris. Selain kemampuan matematika yang baik, kamu juga dituntut untuk bisa berbahasa Inggris. Sebab, ada banyak materi belajar yang menggunakan bahasa Inggris. Kebanyakan istilah-istilah yang dipakai juga menggunakan bahasa Inggris.
  • Mau dan cepat mempelajari hal-hal baru. Teknologi informatika adalah bidang yang sangat cepat berkembang. Akan ada banyak hal-hal baru yang muncul dan kamu dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut dengan kemauan dan kecepatan belajar yang baik.
  • Punya komputer/laptop. Teknik informatika mempelajari hal-hal yang terkait dengan komputer. Untuk bisa mengerjakan tugas dan praktikum, kamu tentu akan membutuhkan komputer. Untuk perkuliahan, kamu disarankan untuk memiliki laptop karena lebih mudah dibawa ke mana-mana. Tapi jika memang belum ada, kamu bisa meminjam atau menggunakan komputer warnet, kok!

Kemampuan Pemrograman

Kalau kamu memang benar-benar ingin terjun ke dunia teknik informatika, kamu bisa membekali dirimu dengan pengetahuan dan kemampuan pemrograman sejak masih di sekolah. Belajar dasar-dasar pemrograman akan memudahkanmu dalam mengikuti perkuliahan nantinya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti kelas yang tersedia di Dicoding. Kami menyediakan kelas dari level dasar sampai profesional yang relevan dengan kebutuhan industri terkini.

Dengan pengetahuan yang kamu dapatkan lewat Dicoding, kamu akan lebih siap dan mantap memasuki perkuliahan di jurusan teknik informatika. Cari tahu kelas apa saja yang tersedia dengan klik link ini.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.