Pekerjaan yang Paling Dicari untuk Lulusan Teknik Informatika

Pekerjaan yang Paling Dicari untuk Lulusan Teknik Informatika

Sebagai seorang mahasiswa atau bahkan lulusan dari jurusan teknik informatika, tentu kamu sudah research mengenai karier masa depanmu sebelum memutuskan untuk berkuliah di jurusan teknik informatika ini.

Banyak permintaan pekerjaan di bidang IT yang bisa dijadikan sebagai karier untuk para lulusan teknik informatika. Namun, kamu harus memilih satu profesi untuk ditekuni agar bisa fokus dengan pekerjaanmu dan bisa terus berkembang pada bidang yang telah kamu pilih.

Pekerjaan dengan permintaan tinggi secara tidak langsung artinya ada lebih banyak peluang untuk kamu dapat diterima di sebuah perusahaan, atau akan ada lebih banyak pekerjaan yang tersedia dan dibutuhkan selama beberapa tahun ke depan. Jenis pekerjaan ini cenderung memiliki beberapa keuntungan, termasuk gaji yang lebih kompetitif, peningkatan kesempatan untuk karier yang semakin maju, dan dalam beberapa kasus, posisi dalam pekerjaan ini tergolong aman karena masih sangat dibutuhkan.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Saat ini, perkembangan teknologi berdampak juga pada permintaan atas kebutuhan pekerjaan pada bidang IT. Oleh karena itu, kamu bisa lebih percaya diri bahwa lapangan pekerjaan untuk bidang yang telah atau sedang kamu tekuni semakin luas. Di sisi lain, pekerjaan di bidang IT mewajibkanmu untuk terus mengasah skill yang kamu miliki karena dituntut untuk selalu up-to-date mengenai teknologi terkini. Maksud dari pernyataan tersebut adalah walaupun kamu sudah bekerja, kamu harus terus selalu belajar jika kariermu ingin cemerlang.

ilustrasi jurusan teknik informatika

Terdapat beberapa posisi pekerjaan yang saat ini banyak dibutuhkan bahkan permintaannya sangat tinggi. Pada data emerging jobs linkedIn, terdapat 10 pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan. Kali ini kita akan membahas beberapa pekerjaan di bidang IT yang cocok untuk lulusan teknik informatika.

DevOps Engineer

Kebutuhan pasar akan profesi DevOps engineer mengalami pertumbuhan yang pesat. 

Secara umum, seorang DevOps Engineer harus memiliki keahlian sebagai berikut. 

  • Mengetahui minimal 1 bahasa pemrograman server-side.
  • Familier dengan sistem operasi Linux..
  • Familier dengan cloud computing.
  • Memahami alur deployment aplikasi.

DevOps Engineer merupakan salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Menurut Indeed, rata-rata gaji seorang DevOps Engineer di Indonesia mencapai 15 juta rupiah per bulan.

Data Scientist

Data scientist adalah salah satu profesi yang tugas utamanya mengolah data. Biasanya perusahaan membutuhkan seorang data scientist untuk menerjemahkan data secara akurat sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan tepat.

Seorang data scientist di Indonesia wajib memiliki keterampilan sebagai berikut.

Peluang karier data scientist saat ini sangatlah besar dengan bayaran yang cukup tinggi. Menurut Indeed, seorang data scientist di Indonesia bisa mencapai bayaran 45 juta per bulan.

Back-end Developer

Seorang Back-End Developer harus mampu membangun layanan yang mampu mendukung aplikasi Front-End berfungsi dengan baik.

Sebagai seorang back-end developer, ada skill yang harus dikuasai, antara lain:

  • Bahasa Pemrograman Back-End
    Seperti PHP, Go Lang, JavaScript dengan Node.js, Ruby, dan Python.
  • Manajemen Database
  • Framework Back End
  • Pemahaman API dan Penggunaannya
  • Manajemen Server
  • Git

Menurut Indeed, gaji seorang back-end developer di Indonesia bisa mencapai 30 juta per bulan. Tertarik?

Artificial Intelligence Specialist

AI Specialist adalah orang yang ahli dalam pemrograman komputer dengan tugas utama melakukan pengecekan hipotesis. Pengecekan hipotesis ini dilakukan menggunakan simulasi kognitif yang berfungsi menguji cara kerja pikiran manusia.

Kemampuan utama yang harus dimiliki adalah pemahaman mengenai machine learning. Namun, terdapat hal lain yang juga harus dikuasai, antara lain:

  • Kemampuan Pemrograman
  • Statistika
  • Matematika dan Pemahaman Algoritma
  • Menguasai Perangkat Pengolahan Big Data
  • Komunikasi dan Pemecahan masalah

Kemungkinan menjadi seorang AI Specialist akan lebih besar jika kamu adalah lulusan matematika, informatika, statistika, dan ilmu komputer.

Selain itu, jika berbicara mengenai gaji seorang AI specialist atau AI engineer, di Indonesia sendiri menurut Glassdoor bisa mencapai 39 juta per bulan.

Itulah beberapa pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan saat ini, terutama untuk lulusan teknik informatika. Kebutuhan tenaga kerja di bidang IT memang sangat dibutuhkan karena mengingat saat ini di Indonesia ada dalam Revolusi Industri 4.0 yang mungkin tidak akan lama lagi akan ke era Society 5.0 di mana talenta digital sangat dibutuhkan.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.