Gratis
Reguler

Memulai Pemrograman Dengan Java

Disusun oleh: Dicoding Indonesia Platform: Level: Dasar
Bagikan kelas ini:

Deskripsi

201907191821557e613c7276163ee6946c582e08a4a6a2.jpg

Java adalah sebuah bahasa yang diciptakan oleh James Gosling di tahun 1990-an. Saat itu, paradigma Write Once, Run Anywhere (WORA) belum populer. Bahasa-bahasa yang ada perlu ditulis sangat spesifik berdasarkan platformnya. Maka muncullah Java sebagai bahasa yang dapat dijalankan di berbagai platform tanpa perlu melakukan re-kompilasi. Java membawa pendekatan konkurensi, berbasis kelas, dan tentunya berorientasi objek. Program yang dibuat di atas bahasa Java akan dijalankan pada Java Runtime Environment (JRE), sebuah lingkungan virtual yang dibuat sehingga mampu mengakomodasi paradigma WORA.


Bahasa Java termasuk bahasa yang sangat populer digunakan untuk mengembangkan aplikasi hingga 2019. Menurut statistik, Bahasa Java digunakan 90% perusahaan terkemuka yang masuk dalam daftar Fortune 500. Bahasa Java dapat digunakan untuk mengembangkan Aplikasi pada platform desktop, web, mobile, hingga embedded dan IoT.


Kelas ini didesain oleh para kontributor, tim Dicoding, dan telah direview oleh Dr. Ir. Inggriani Liem (ITB/IA TOKI/BEBRAS NBO), dan disesuaikan untuk Anda yang ingin mempelajari konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) maupun mempelajari struktur bahasa Java secara umum. Bahasa Java akan digunakan dalam kelas-kelas lanjutan di Dicoding, diantaranya Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula dan Menjadi Android Developer Expert.


Peserta akan belajar tentang konsep PBO dan Bahasa Java melalui studi kasus dan pengenalan berbagai komponen yang sering digunakan. Peserta diharapkan memiliki setidaknya pemahaman tentang penggunaan komputer, internet, dan mengetahui cara instalasi software/perangkat lunak pada komputer. Sistem pembelajaran adalah sepenuhnya online/daring tanpa pertemuan tatap muka. 


Peralatan yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti kelas ini adalah Komputer/laptop dengan OS Windows/Mac/Linux, internet yang memadai, Java Development Kit (JDK), dan Integrated Development Environment (IDE) atau teks editor. IDE yang disarankan untuk digunakan pada kelas ini adalah IntelliJ Idea dari Jetbrains. Anda yang belum menginstal JDK dan IntelliJ Idea akan dipandu pada modul awal. Tidak disarankan mengikuti kelas ini melalui perangkat ponsel atau tablet.



Daftar Nama Kontributor Materi (terurut Abjad)

  1. Ahmad Imaduddin - Dicoding Indonesia

  2. Arik Achmad Efendy - Radya Labs

  3. Gilang Ramadhan - Dicoding Indonesia

  4. Henry Harianja  - Dicoding Elite - Expert Java Developer

  5. Ian Rachman Dana - Dicoding Graduate

  6. Najib Abdillah - Dicoding Elite - Expert Product Development

  7. Nur Rohman - Dicoding Indonesia

  8. Setiawati Hudari - Dicoding Graduate

  9. Akbar Hidayatullah - Dicoding Graduate


Editor Eksternal:

  1. Inggriani Liem, Dr. Ir. - BEBRAS Indonesia

Pertanyaan

Bila Anda memiliki pertanyaan / kendala ketika belajar di kelas ini, Anda dapat buka tab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di FAQ

Tim Reviewer

Gilang Ramadhan
Gilang Ramadhan

Academy Content Writer
Associate Android Developer

Dicoding Indonesia

Alfian Yusuf Abdullah
Alfian Yusuf Abdullah

Code Reviewer

Dicoding Indonesia

Dimas Maulana Dwi Saputra
Dimas Maulana Dwi Saputra

Code Reviewer

Dicoding

Bergabunglah dengan Dicoding untuk mengambil Kelas ini Masuk

Kelas ini disusun oleh:

Dicoding Indonesia
Dicoding Indonesia

Decode Ideas

Discover Potentials