Pertanyaan yang Sering Ditanyakan


Jika anda akan atau baru saja bergabung ke Dicoding, mungkin pertanyaan-jawaban dibawah ini akan membantu anda. Apabila anda tidak menemukan jawaban atas pertanyaan anda, hubungi kami melalui menu “Bantuan” yang berada di bagian bawah situs.


T: Apakah Dicoding itu?

J: Dicoding adalah program yang dikhususkan untuk pengembang aplikasi di Indonesia, dengan bermacam kelas ("Academy") yang dapat dipelajari secara online/daring, tantangan (“Challenge”) yang dapat dikerjakan, serta kegiatan ("Event") yang dapat diikuti. Untuk setiap tantangan yang selesai dikerjakan, pengembang aplikasi akan diberikan poin yang dapat ditukar dengan hadiah sesuai katalog Dicoding dan XP yang merupakan "Reputasi". Events dan Academy mungkin memiliki points dan atau XP, namun nilainya bervariasi.


T: Siapa saja yang boleh mendaftar ke Dicoding?

J: Dicoding dapat diikuti siapa saja, termasuk namun tidak terbatas pada siswa/i, mahasiswa/i, pekerja, tenaga lepas (freelancer), pengusaha, komunitas teknologi, dan profesional. Setiap akun di Dicoding dianggap mewakili sebuah profil personal tertentu.

 

T: Apakah seorang developer dapat memiliki lebih dari satu akun?

J: Tidak. Setiap developer hanya dapat memiliki sebuah akun Dicoding. Setiap registrasi, Dicoding akan memastikan nama yang ditampilkan (belum tentu merupakan nama orang, dapat berupa nama sebarang), nomor telepon, dan alamat surel (email) belum pernah diregistrasikan sebelumnya.


T: Apakah ada biaya untuk mengikuti Dicoding?

J: Tidak, Dicoding adalah program bebas / tanpa biaya. Namun demikian, apabila ada persyaratan point yang harus dipenuhi (misalnya akademi), peserta dapat menambah poin lewat menu pembayaran.


T: Apakah Dicoding Points itu?

J: Dicoding Points adalah satuan yang digunakan Dicoding untuk seluruh kegiatan developer (Challenge, Event, Academy) dan points yang telah dimiliki dapat ditukarkan dengan rewards.


T: Bagaimana mendapatkan Dicoding Points tanpa membayar?

J: Dengan memenangkan Challenge, hadir pada Event pada event tertentu yang memberikan point kehadiran, atau menyelesaikan kelas Academy yang memiliki bonus points.


T: Apakah terdapat batasan terkait platform yang digunakan dalam pengembangan di Dicoding?

J: Tidak. Dicoding memiliki beberapa platform tujuan di bidang mobile, yakni: iOS, Android, Tizen, dan Windows (Desktop/Mobile). Anda bisa menggunakan platform apapun untuk mengembangkannya. Meskipun demikian, dimungkinkan adanya tantangan yang spesifik untuk salah satu platform tujuan, ataupun kombinasinya. Dicoding juga memiliki challenge bertipe VR, Web, Portofolio, dan IoT.


T: Bagaimana jika batas pengumpulan tantangan telah terlampaui, tetapi aplikasi saya sedang dalam proses pengujian/publikasi di “store” terkait? Dapatkah saya melakukan pengumpulan setelah batas terlampaui?

J: Waktu yang dialokasikan pada tantangan di Dicoding termasuk proses pengujian/publikasi di “store”. Untuk itu, Developer perlu menghitung waktu pengembangan, pengujian, hingga publikasi selesai dan aplikasi siap di “store”, termasuk anda yang menggunakan mekanisme Dicoding Store. Aplikasi yang diupload ke Dicoding Store dan akan diikutkan ke challenge harus sudah diupload maksimal 3 X 24 jam sebelum challenge berakhir.


T: Apa saja persyaratan pada tantangan Dicoding?

J: Spesifikasi Aplikasi/Game, Platform yang dituju, Kuota Pemenang, Kuota Pengumpulan, dan Batas Pengumpulan. Namun demikian, persyaratan dapat berubah sewaktu-waktu. Kami (Dicoding atau Partner), dapat mengubah secara sepihak mengenai persyaratan-persyaratan diatas, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Developer.


T: Jika saya telah mengumpulkan sebuah aplikasi, yang kemudian ditolak oleh Dicoding, bolehkah saya memperbaiki, mengembangkan, dan mengumpulkan kembali untuk memperbesar kemungkinan kemenangan saya?

J: Ya/Boleh. Anda dapat melakukannya selama batas pengumpulan belum terlampaui dan kuota pengumpulan/pemenang masih tersedia.


T: Jika saya telah mengembangkan sebuah aplikasi android, namun saya tidak memiliki akun Google Play Store, dapatkah saya mengikuti tantangan di Dicoding? 

J: Kami menyediakan Dicoding Store, sebuah akun kolektif untuk Developer yang tidak memiliki akun Play Store untuk anda yang ingin mengikuti challenge. Mengenai Dicoding Store, silakan merujuk ke sini.


T: Bagaimana saya menukar poin saya dengan hadiah?

J: Untuk menukar poin dengan hadiah, anda dapat menuju menu “Reward” dan sesuaikan dengan poin yang anda miliki. Untuk melakukan redeem, anda wajib:

  1. Melakukan verifikasi akun (mengisi email, verifikasi email, mengisi profil dengan lengkap).
  2. Melakukan verifikasi bahwa anda seorang developer dengan opsi:
    • Memiliki sebuah akun store developer terverifikasi (Google Play / Windows / iOS), atau
    • Memiliki sebuah aplikasi di Dicoding Store, atau
    • Lulus minimal 1 (satu) akademi di Dicoding Academy, atau
    • Memenangkan sebuah challenge bertipe apapun.
  3. Reward hanya akan diproses 1 kali setiap minggu di hari Jumat pukul 10.00 dan estimasi waktu pengiriman adalah 4-7 hari kerja tergantung lokasi.


T: Apakah saya diperkenankan memiliki lebih dari satu akun store developer terverifikasi pada akun saya di Dicoding? Sebaliknya, bagaimana dengan sebuah akun yang digunakan secara kolektif (banyak pengguna)?

J: Tidak. Setiap akun store terverifikasi akan terelasikan secara tunggal dengan sebuah akun Dicoding. Anda berhak untuk merelasikan masing-masing sebuah akun store terverifikasi di setiap platform (saat ini iOS, Windows Phone, dan Android) ke akun anda. Singkatnya, relasi lebih dari satu (sebuah akun store untuk banyak Akun Dicoding, maupun banyak akun store untuk sebuah akun Dicoding), tidak diperkenankan.


T: Apa perbedaan Poin dan XP di Dicoding?

J: XP adalah poin reputasi yang dimiliki developer dan tidak dapat berkurang jumlahnya. Namun demikian, poin reputasi ini tidak dapat ditukarkan dengan hadiah. Poin sendiri adalah penghargaan Dicoding terhadap Developer. Poin dapat ditukarkan dengan hadiah yang terdapat di katalog.


T: Apakah pada setiap kesempatan, pemberian poin dan XP selalu seimbang/sama?

J: Tidak. Besarnya poin dan XP akan disebutkan pada setiap:

  1. Tantangan (Challenge), yakni Poin dan XP, dengan besaran yang mungkin tidak sama.
  2. Kegiatan (Event), Poin saja, tanpa XP.
  3. Kelas (Academy), yakni Poin dan XP, dengan besaran yang mungkin tidak sama.


T: Apa perbedaan Challenge yang TERJAMIN dan TIDAK TERJAMIN? 

A: Pada Challenge yang Terjamin, setiap pengumpulan apps yang memenuhi kriteria tantangan dan masih dalam kuota, akan mendapatkan XP dan Poin. Pada Challenge yang TIDAK TERJAMIN, partner belum melakukan pelunasan pada saat Challenge dibuat, sehingga Dicoding tidak dapat menjamin bahwa Developer akan menerima XP dan Poin yang tertulis pada deskripsi tantangan.


T: Apakah developer dapat membagi/memindah/men-transfer XP? 

A: Tidak.


T: Apakah developer dapat membagi/memindah/men-transfer Poin? 

A: Developer yang memenangkan setiap challenge di Dicoding dapat membagi maksimal 80% dari poin yang dimenangkannya dalam Challenge tersebut (20% tetap dalam akun developer ybs), dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak pengumuman pemenang. Poin yang dibagikan tersebut dapat dibagikan kepada satu atau lebih developer yang ditunjuk. 

Poin yang didapatkan Developer dari Academy/Event/Giveaway/Redeemable codes tidak dapat dibagi/dipindah/di-transfer.


T: Bagaimana developer dapat membagi/memindah/men-transfer Poin? 

A: Developer yang memenangkan challenge mengirim email ke rewards[at]dicoding[dot]com dari email yang terdaftar di Dicoding sebagai pemenang dengan isi sbb:

Developer yang menerima poin dari hasil transfer tidak dianggap memenangkan challenge dan harus memenuhi salah satu dari syarat untuk redeem reward (lihat bagian atas). Poin yang telah dipindahkan tidak dapat dikembalikan ke akun asal.


T: Apa yang dimaksud dengan kode referal?

A: Kode Referal adalah kode yang didapatkan oleh developer untuk mereferensikan challenge. URL ini didapatkan pada laman challenge yang direferensikan.


T: Bagaimana mendapatkan poin referal?

A: Apabila seorang developer yang tergabung di di Dicoding (baik terdaftar sebelumnya maupun baru saja mendaftar, dalam hal ini dicontohkan sebagai developer D), menerima referensi dari Developer A pada challenge X, maka Developer A akan mendapatkan tambahan poin sebesar 10% dari poin kemenangan developer D pada challenge X, apabila developer D memenangkan challenge X tersebut sebagai kemenangan challenge pertamanya. Poin ini tidak mengurangi alokasi poin yang dimenangkan oleh developer D. 

Untuk Academy, referal akan diberikan untuk setiap kelulusan dari pendaftaran secara penuh.


T: Apakah saya akan mendapatkan sertifikat ketika mengikuti Dicoding?

A: Developer akan mendapatkan Sertifikat Keikutsertaan apabila hadir dalam salah satu event yang diadakan Dicoding, atau Sertifikat Kelulusan setelah menyelesaikan kelas pada Dicoding Academy. Untuk Event, silakan unduh Sertifikat Keikutsertaan anda pada laman event yang bersangkutan, dan untuk Sertifikat Kelulusan Academy, anda dapat mengunduhnya pada halaman "Kelas yang Saya Ikuti".


T: Apabila nama saya salah pada saat membuat sertifikat, apa yang dapat saya lakukan untuk mengganti?

A: Developer yang mendapatkan Sertifikat Keikutsertaan apabila hadir dalam salah satu event yang diadakan Dicoding, atau Sertifikat Kelulusan setelah menyelesaikan kelas pada Dicoding Academy dapat mengganti nama yang tertulis dengan cara mengubah nama yang tertera pada profil di Dicoding. Sertifikat yang diganti dapat diunduh dalam 2x24 jam (menunggu proses caching pada server Dicoding)


Tentang Dicoding Academy


T : Apakah yang dimaksud dengan program Dicoding Academy?
J : Dicoding Academy adalah sebuah program dalam platform Dicoding yang didesain untuk membantu pengembang di Indonesia agar dapat membuat produk teknologi melalui tutorial dan quiz. Pada tahap awal Dicoding Academy akan fokus pada pengembang pemula.

T : Bagaimana cara mengikuti program Dicoding Academy ini?
J : Developer memilih menu Academy di menu utama, lalu memilih Academy sesuai dengan yang diminati. Program Academy akan mengarahkan developer untuk mengikuti materi yang dikombinasikan dengan milestone pencapaian melalui penyelesaian tugas atau quiz.


T : Apakah program Dicoding Academy ini gratis?
J : Pada kelas yang dipilih terdapat persyaratan point (Pts). Apabila syarat points tersebut 0, artinya developer dapat mengikuti kelas tersebut dengan gratis (misalnya mendapatkan beasiswa dari pemilik kelas). Adapun pada setiap kelas selalu disediakan modul pembelajaran yang dapat dibuka dengan gratis (dalam mode percobaan/trial).


T : Apakah pengembang harus membayar untuk mengikuti program Academy ini?
J : Tidak selalu, namun untuk kelas dengan syarat point tertentu, maka anda harus memiliki sejumlah poin tersebut untuk mendaftar secara penuh. Apabila poin anda mencukupi, maka anda tidak perlu membayar. Apabila poin anda kurang dari persyaratan point, maka anda harus membayar kekurangannya dengan menggunakan Transfer / Kartu Kredit / Media Pembayaran lain yang tersedia untuk mengikuti proses pembelajaran secara penuh.


T : Apakah ada syarat khusus untuk mengikuti Dicoding Academy di Dicoding?
J : Program Academy didesain sesuai dengan kapasitas developer dimana setiap Academy mensyaratkan minimal XP dan / atau Poin yang tentunya berkaitan dengan tingkat kedalaman materi (beginner, intermediate, atau advance). Untuk semua kelas Reguler maupun Pico Diploma pembayaran point bersifat final (tidak dikembalikan)


T : Apakah semua Academy terdapat minimal XP untuk diikuti?
J : Materi beginner tidak mensyaratkan XP tertentu agar semua pengembang pemula dapat berpartisipasi. Namun materi intermediate atau advance akan mensyaratkan XP .


T : Apakah semua Academy terdapat minimal poin untuk diikuti?
J : Terdapat materi-materi tertentu yang tidak mensyaratkan poin.

T : Apakah yang dimaksud dengan program Pico Diploma pada Dicoding Academy?

J : Pico Diploma adalah kelas yang didesain menyeluruh dan terverifikasi oleh pemilik teknologi atau asosiasi terkait yang didesain untuk membantu pengembang di Indonesia agar dapat membuat produk teknologi dan siap kerja.

T : Apa perbedaan mode percobaan/trial dan pendaftaran penuh?
J : 


Percobaan / Trial
Pendaftaran Penuh
Kelas Regular
    Dapat Membuka modul tutorial
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
    Dapat Membuka modul kuis pilihan ganda
Ya, Hanya modul tertentu
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
    Dapat Membuka modul tugas
Tidak
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
    Membuka forum diskusi
Tidak
Ya
    Mendapatkan review tugas dari expert
Tidak
Ya
    Mendapatkan sertifikat kelulusan
Tidak
Ya

Kelas Picodiploma
    Dapat Membuka modul tutorial
Ya, Hanya modul tertentu
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
    Dapat Membuka modul kuis pilihan ganda
Tidak
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
    Dapat Membuka modul tugas
Tidak
Ya, Seluruhnya dengan urutan dan persyaratan yang ditentukan
    Dapat Upgrade ke pendaftaran penuh kapanpun
    atau melanjutkan ketika waktu habis
Ya
Ya
    Mendapatkan Buku dan atau hadiah akademi
    lainnya
Tidak
Ya, apabila tersedia
    Membuka Forum Diskusi
Tidak
Ya
    Mengikuti grup diskusi atau event diskusi online
Tidak
Ya
    Mendapatkan review kode dari expert
Tidak
Ya
    Mendapatkan sertifikat kelulusan
Tidak
Ya
    Mendapatkan tawaran pekerjaan
Tidak
Ya, syarat-ketentuan berlaku

 

T : Apakah program akademi memiliki batas waktu?
J : Setiap kelas memiliki batas waktu pembelajaran baik dalam mode percobaan/trial maupun pendaftaran penuh. Anda akan di-dropout apabila melewati waktu pembelajaran


T : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk evaluasi hasil pekerjaan / submission siswa?
J : Evalusi dari submission akan dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam pada hari kerja. Waktu selama proses review akan memperpanjang deadline sehingga jangka waktu yang diberikan untuk pembelajaran tidak terganggu.

T : Apabila kelas mensyaratkan point dan saya melewati batas waktu pembelajaran, bagaimana dengan pembelajaran saya?
J : Anda akan di-dropout oleh sistem secara otomatis dan point yang dibayarkan hangus


T : Apabila saya telah di dropout, bagaimana saya melanjutkan pembelajaran saya?
J : Anda dapat mendaftar ulang (sesuai prasyarat masing-masing kelas) dan melanjutkan pembelajaran dari posisi terakhir anda (tidak mengulang). Apabila kelas akademi merupakan kelas picodiploma dan memberikan hadiah akademi, maka anda tidak akan mendapatkan hadiah akademi.


T : Bagaimana jika saya tidak memiliki cukup poin?
J : Syarat poin dapat diganti dengan kode / token beasiswa, atau anda dapat mengumpulkan poin dari challenge, academy, maupun event. Anda juga menambahkan poin dengan membeli kekurangan poin.


T : Sebelum saya membeli poin, bisakah saya mencoba terlebih dahulu kelas yang dimaksud?
J : Pada setiap kelas akademi yang membutuhkan poin, kami selalu memberikan modul trial (percobaan). Silakan mencoba modul trial tersebut.


T : Apakah pengembang akan mendapatkan sesuatu jika dapat menyelesaikan/lulus dari Academy?

J : Pengembang yang mengikuti sebuah Academy hingga selesai akan mendapatkan XP sesuai dengan keterangan yang tertera di dalam Academy tersebut. Pengembang juga mendapatkan Sertifikat yang berlaku tiga tahun dari tanggal kelulusan academy.  Terdapat beberapa kelas yang memberikan bonus point.

T : Apakah dengan mengikuti Academy Dicoding pengembang sudah dapat membuat produk?
J : Kelas Reguler akan memberikan bekal teknis dasar yang cukup agar seorang pengembang dapat mengembangkan sebuah produk. Namun kemampuan ini harus dikombinasikan dengan pengalaman yang salah satunya bisa didapat dengan mengikuti challenge dalam Dicoding. Kelas Picodiploma akan mempersiapkan pengembang secara profesional.

T : Apabila saya memiliki materi yang dapat bermanfaat bagi pengembang, apakah bisa bergabung untuk berkontribusi dalam program Academy ini?
J : Semua orang (terutama pengembang yang sudah berpengalaman) dapat berkontribusi dalam program Academy ini. Silahkan kontak tim support kami untuk informasi lebih lanjut. 

Frequently Asked Questions / Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
Versi 1.9.6 (07 Agustus 2019)