5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika

5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika

Cepatnya pertumbuhan teknologi informasi menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan profesi IT di Indonesia. Tidak heran, jurusan Teknik Informatika akhir-akhir ini semakin digemari dan diminati calon mahasiswa baru. Selain prospek kerja yang luas, mengambil jurusan kuliah perlu mempertimbangkan berbagai hal. Karena jurusan kuliah bisa mempengaruhi keseriusan kamu nantinya sebagai mahasiswa dalam menjalani kehidupan kuliah.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika sebenarnya mempunyai peluang yang cukup besar untuk dapat membiayai kuliah dengan uang yang kamu hasilkan sendiri. Asalkan kamu memiliki kemauan dalam belajar dan keahlian di bidang IT. Seperti kisah Ian Rachman Dana mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jakarta yang mampu membiayai kuliahnya sendiri dari hasil lomba dan freelance.

“Aku menolak uang kuliah dari orang tua. Kuliah ini kemauanku dari awal.
Tekadku, bayar uang kuliah sendiri. Alhamdulillah bisa karena dapat bekal ilmu dari Dicoding.
Aku jadi punya tabungan dari hasil lomba lomba dan project freelance.” (Ian Rachman Dana)

Nah, apa alasan kamu ingin mengambil jurusan Teknik Informatika? Apakah ingin ikut tren aja atau ikut-ikutan temen atau memang kamu menyukai dunia IT? Sebaiknya sebelum kamu memilih jurusan Teknik Informatika ini, kamu harus mempertimbangkan 5 hal berikut agar lebih memantapkan niatan kamu untuk mengambil jurusan Teknik Informatika. Pasalnya, meski tidak terkesan dengan julukan mahasiswa abadi seperti beberapa jurusan lainnya, menjalani kehidupan sebagai mahasiswa Teknik Informatika juga tidaklah mudah.

1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakatmu!

Menentukan Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Hal yang mesti dipertimbangkan pertama kali dalam mengambil jurusan Teknik Informatika adalah apakah jurusan Teknik Informatika sesuai dengan minat dan bakat kamu. Minat dan bakat yang kamu miliki ini sangat penting dalam membantu kamu untuk beradaptasi saat sudah mulai kuliah. Setidaknya, apabila jurusan Teknik Informatika memang klop dengan minat dan bakat kamu. Maka kemungkinan untuk kamu merasa tertekan di tengah jalan menjadi kecil. Sehingga tidak ada istilah salah jurusan lagi bagimu.

Untuk dapat melihat apakah kamu akan sesuai atau tidak dengan program studi Teknik Informatika adalah dengan cara meninjau mata kuliah apa saja yang ada di program studi Teknik Informatika. Dari peninjauan mata kuliah ini, kamu bisa mulai mempunyai gambaran apa saja yang nantinya akan menjadi makananmu sehari-hari di kuliah.

Bukan berarti kamu harus jago diseluruh mata kuliah yang diberikan. Hanya saja kamu harus mengetahui bahwa kebanyakan mata kuliah yang ada sesuai dengan diri kamu. Walaupun begitu kamu masih wajar kok, jika ternyata terdapat beberapa mata kuliah yang kurang begitu menarik minat  dan bakat yang kamu punya. Kamu dapat mengambil konsentrasi mata kuliah yang sesuai dengan diri kamu sendiri misalnya konsentrasi ke artificial intelligence, computer network, software engineering atau multimedia system.

2. Apa yang Menjadi Tujuanmu?

Tujuan Memilih Jurusan Teknik Informatika

Pertimbangan selanjutnya yang cukup penting sebelum kamu memutuskan mengambil jurusan Teknik Informatika adalah dengan kembali menegaskan tujuan. Apa yang menjadi dasar dalam memilih jurusan Teknik Informatika dibandingkan jurusan yang lain?

Kuat atau lemahnya niat yang kamu miliki bisa mempengaruhi banyak hal yang dapat terjadi selama perjalanan kuliah kamu nantinya. Saat memilih jurusan kamu bisa saja mengambil jurusan Teknik Informatika lantaran mengikuti saran dari orang tua atau karena prospek kerja lulusan Teknik Informatika luas dan menjanjikan. Tidak sedikit kasus yang memilih jurusan Teknik Informatika karena teman dekat atau kebanyakan teman yang mengambil jurusan ini.

Alangkah lebih baik, jika kamu sedari awal mencari tahu mengenai bagaimana prospek kerjanya, belajar apa saja, dan peluang apa saja yang kamu dapatkan setelah lulus nanti. Dengan demikian, kamu dapat menentukan tujuan apa yang ingin diraih setelah lulus nanti dan memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah dan menentukan karirmu kedepannya.

3. Siapkah Untuk Tetap Up to date Terhadap Perkembangan Teknologi?

Peka Teknologi

Mahasiswa Teknik Informatika dituntut untuk tetap up to date terhadap perkembangan teknologi. Saat ada perkembangan bahasa pemrograman atau tools maupun software, kamu sebagai mahasiswa Teknik Informatika harus siap mempelajarinya. Kamu sebagai mahasiswa Teknik Informatika sangat penting untuk peka terhadap perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Karena kepekaan tersebut dapat membantu dan mendukung kesuksesan kuliah yang kamu jalani.

Apapun bahasa pemrograman yang kamu pelajari akan senantiasa mengalami pembaruan, dan disetiap pembaruan tersebut kadang kala sintaks atau kode program mengalami perubahan juga. Maka dari itu, kamu harus tetap up to date agar tidak tertinggal. Sehingga kamu tidak perlu mulai belajar banyak hal lagi untuk mengejar ketertinggalan kamu dalam mengikuti perkembangan.

Peka terhadap perkembangan teknologi ini tidak dilakukan sepanjang kamu masih berstatus sebagai mahasiswa, saat kamu sudah lulus nanti kamu juga harus tetap siap mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

4. Siapkah Kamu Bergelut dengan Logika dan Matematika?

Matematika

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan banyak menghabiskan waktunya untuk mendalami pemrograman, karena memang kurikulum Teknik Informatika akan lebih  berfokus pada sisi perangkat lunak. Pemrograman itu sendiri merupakan perwujudan dari algoritma yang terdiri dari matematika dan logika.

Pada dasarnya Teknik Informatika merupakan turunan dari bidang Matematika Komputer. Jadi sudah siapkah kamu bergelut dengan logika dan matematika? Sekitar 20-30 persen lebih dari mata kuliah yang akan dipelajari di kampus masih berkaitan dengan logika dan matematika. Seperti mata kuliah kalkulus, metode numerik, aljabar dan vektor, matematika diskrit, statistika, logika informatika dan strategi algoritma. Belum lagi mata kuliah lain yang memerlukan pengetahuan logika dan matematika seperti data mining, kriptografi, AI dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang programmer atau developer, kamu tidak harus pintar matematika. Namun, jika memiliki kemampuan matematika maka akan menjadi poin bagus untukmu. Walaupun kamu tidak suka mata kuliah matematika, mau tidak mau di jurusan Teknik Informatika pasti akan bertemu dengan yang namanya matematika.

5. Mampukah Kamu Bertahan?

Bertahan Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Pertimbangan terakhir adalah menjadi mahasiswa Teknik Informatika tidaklah cukup mudah untuk dijalani. Tugas-tugas yang diberikan akan menyita waktu dan fokusmu. Tugas akan berbentuk projek aplikasi atau software yang harus kamu kerjakan.

Mampukah kamu untuk bertahan menjalani kuliah? Siapkah kamu begadang untuk menyelesaikan kode program dan mencari di mana logika atau perintah yang salah atau eror? Siapkah kamu untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk nangkring di depan komputer dalam membangun sebuah aplikasi?

Hal ini tidak bisa dipisahkan dari karaktermu sebagai seorang individu. Mulailah dengan mencari informasi mengenai jurusan Teknik Informatika, baik dari media internet, alumni, atau bahkan dari kakak tingkat. Persiapkan diri dengan sungguh-sungguh, termasuk memperkuat mentalmu. Sehingga tidak terjadi seperti kebanyakan kasus mahasiswa yang mundur di tengah jalan karena terlambat menyadari bahwa dirinya tidak sesuai berada di jurusan Teknik Informatika.

Mengambil jurusan Teknik Informatika merupakan hak setiap calon mahasiswa. Namun kamu harus tahu bahwa setiap jurusan kuliah memiliki karakter tertentu yang sebaiknya disesuaikan dengan karakter masing-masing individu. Karakter ini bisa mempengaruhi mahasiswa untuk lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan jurusan yang ia pilih, sehingga selama menjalani kuliah akan lebih optimal.

Tidak ada tolak ukur yang dapat menentukan secara pasti apakah kita cocok masuk jurusan Teknik Informatika atau tidak. Semuanya sangat tergantung pada diri kamu sendiri, bagaimanapun hanya kamu yang tahu apa yang menjadi minat, bakat, potensi, passion dan cita-cita. Pertimbangkanlah 5 hal tadi secara seksama, agar nanti saat kamu mengambil jurusan Teknik Informatika tidak menyesal dikemudian hari.

Mulailah dari sekarang belajar mengenai pemrograman atau coding. Kamu dapat belajar pemrograman di Dicoding dengan learning path yang bermacam-macam sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu bingung dari mana memulai belajar coding kamu dapat kunjungi tautan tersebut. Banyak mahasiswa Teknik Informatika juga yang mendapatkan tawaran kerja di Unicorn saat masih berstatus sebagai mahasiswa, simak tips-tipsnya di artikel berikut Tips dari Anak Desa: agar dapat Tawaran Kerja di Unicorn saat Masih Kuliah.

Yuk coba share apa yang menjadi alasan kamu untuk mengambil jurusan Teknik Informatika di kolom komentar. Bagi kamu yang sudah berkuliah dan menjadi mahasiswa Teknik Informatika silahkan share pengalaman kamu saat menjalani masa studi di kolom komentar.

5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika – karya Robby Takdirillah, Internship Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding