Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah ala Programmer, Ini Tipsnya

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah ala Programmer, Ini Tipsnya

Kemampuan berbahasa adalah skill yang penting untuk dipelajari, salah satunya bahasa inggris. Selain bahasa Indonesia, tentu kita wajib belajar bahasa Inggris. Alasannya adalah bahasa Inggris telah digunakan sebagai sarana berkomunikasi skala global.

Jangan minder jika kamu belum mahir berbahasa Inggris. Nyatanya, ilmu yang kita dapatkan di bangku sekolah memang belum cukup untuk bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Oleh sebab itu, belajar dan berlatih dengan giat adalah salah satu kuncinya.

Belajar mungkin terdengar sangat kaku dan membosankan. Belum lagi kalau berbahasa, kamu bisa saja merasa harus menghafal banyak kata (vocabulary) yang baru diketahui. Dalam bahasa Inggris, terlebih lagi ada grammar yang menyulitkan menurut sebagian orang.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Nah, kamu tetap bisa, lho, belajar berbahasa dengan asyik. Yuk, langsung saja simak tips belajar bahasa Inggris ala programmer berikut!

Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris

 

Bermain Game

Ilustrasi bermain game online.

Bahasa sifatnya dinamis, jadi nyaman dipelajari dengan berbagai metode. Salah satunya adalah lewat bermain game. Kamu bisa bermain game apa pun dan mengubah setelan bahasanya menjadi bahasa Inggris.

Akan lebih baik jika kamu memilih jenis game RPG untuk melatih kemampuan berbahasamu. RPG atau Role Playing Game adalah game yang di dalamnya mengharuskan kita untuk memainkan sebuah peran.

Dalam RPG, kita diberikan jalan cerita dan misi tertentu untuk diselesaikan. Tentu ada banyak petunjuk dan tokohnya pun beragam. Saat membaca atau mendengar cerita dan percakapan tersebut, kamu bisa terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris dengan menyenangkan.

 

Menonton Video

Ilustrasi menonton video berbahasa Inggris.

Video adalah salah satu media pembelajaran yang efektif untuk hampir segala jenis bidang ilmu. Dengan menonton video, kamu bisa menambah kosa katamu dan belajar cara pengucapannya (pronunciation).

Banyak jenis video yang bisa kamu tonton, mulai dari film, video belajar, vlog, berita, animasi kartun, stand up comedy, motivasi, dan sebagainya. Kalau sudah memilih jenis videonya, kamu bisa lengkapi dengan subtitle agar lebih tepat dalam mempelajari bahasa Inggris.

 

Belajar Online

Ilustrasi belajar bahasa Inggris online.

Pembelajaran saat ini bebas dilakukan di mana saja. Nah, programmer yang biasanya digital-savvy tentu memilih belajar daring dibandingkan langsung tatap muka. Selain karena kemudahan akses yang membuatnya fleksibel, belajar daring juga lebih efisien.

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak tenaga dan biaya jika belajar online. Sekarang, ada banyak pembelajaran kursus bahasa Inggris. Kamu juga bisa menginstal aplikasi khusus belajar bahasa Inggris. Salah satunya yang paling populer adalah Duolingo. Di dalamnya, pembelajaran disajikan dengan game sehingga lebih menyenangkan.

Selain itu, kamu pun bisa berlatih speaking baik secara langsung ataupun online. Misalnya, kamu bisa menjadi guide tour freelance atau ngobrol random dengan orang-orang dari luar negeri secara online di Omegle.

 

Mendengarkan Lagu

Ilustrasi mendengarkan lagu.

Saat santai ataupun hectic memang seru jika sambil mendengarkan lagu. Mungkin, banyak di antara kamu yang merasa mood-nya terbangun saat bekerja dengan adanya musik. Musik merupakan karya yang universal dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

Nah, untuk menambah vocabulary atau kosa kata, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Menghafal kata-kata baru pun jadi lebih asyik karena diiringi musik, jadi tidak perlu mengerutkan dahi karena pusing.

 

Berlatih Pemrograman

Ilustrasi berlatih pemrograman.

Nah, ini dia tips yang ala programmer banget. Yup, berlatih pemrograman! Hampir semua bahasa pemrograman, terutama bahasa-bahasa yang populer, ditulis dengan bahasa Inggris. Terlebih lagi, dalam menulis kode kamu harus mempunyai pemahaman dan logika yang baik.

Itu karena kode harus ditulis sesuai dengan struktur sintaksnya. Selain itu, kamu juga harus memahami semantik kode agar lebih paham dan mahir ketika belajar pemrograman. Setelah mahir, kamu bisa menguasai dua kemampuan sekaligus, deh.

Oh iya, ada program menarik untuk belajar pemrograman yang bisa kamu ikuti, lho! Itu adalah Bangkit, program pembelajaran pemrograman berskala global yang bekerja sama dengan rekan industri teknologi raksasa dan sudah menghasilkan ribuan lulusan berkualitas. 

Tidak hanya berlatih pemrograman sesuai minat, di Bangkit nantinya kamu pun bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris serta membiasakan diri dengannya. Menarik, bukan?

 

Membaca Buku atau Referensi

Ilustrasi membaca buku bahasa Inggris.

Siapa yang hobi membaca buku? Membaca buku adalah salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan waktu luang. Banyak pembelajaran yang didapat ketika kita membuka jendela dunia yang satu ini, salah satunya bahasa.

Buku yang baik tentu ditulis oleh penulis dengan kemampuan berbahasa cemerlang. Nah, jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, ambillah buku-buku berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan membacamu dan membiasakan diri dengan vocabulary.

Bagi kamu yang kurang suka membaca buku, jangan khawatir! Banyak bacaan lainnya untuk kamu jadikan sarana belajar bahasa Inggris. Misalnya, membaca jurnal saat membuat tugas kuliah, menelusuri berita untuk tahu informasi terkini, dan sebagainya.

 

Mengikuti Komunitas Global

Ilustrasi mengikuti komunitas global.

Tips terakhir yang biasanya diterapkan oleh programmer adalah mengikuti komunitas global. Di dunia teknologi, ada banyak komunitas sesuai dengan keahliannya masing-masing. Jika tertarik pada bidang IT, kamu pun bisa mencari komunitasnya dengan mudah melalui Mastodon.

Nah, komunitas juga bisa dicari melalui platform tanya jawab seperti Quora atau Reddit. Cara lain untuk kamu coba adalah bergabung melalui Discord dengan anggota-anggota yang berasal dari mancanegara. Di sana, tidak hanya bergabung untuk belajar bahasa, bahkan kamu bisa menyesuaikan dengan minatmu.

 

Itu dia beberapa tips belajar bahasa Inggris ala programmer yang layak untuk kamu coba. Bagaimana, kamu jadi bersemangatkah untuk mengasah kemampuan yang satu ini? Ada cara lain yang bisa dicoba untuk belajar bahasa Inggris? Sharing di kolom komentar, ya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.