Hindari Kekurangan Multitasking Ini Aplikasi Supaya Lebih Fokus

Hindari Kekurangan Multitasking, Ini Aplikasi Supaya Lebih Fokus

Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah multitasking. Multitasking adalah suatu kemampuan untuk mengerjakan dua hal atau lebih dalam waktu bersamaan. Meski multitasking diduga memiliki kelebihan “mempercepat” pekerjaan, ada juga beberapa kekurangan multitasking yang harus diwaspadai. 

Salah satu cara menghindari kekurangan multitasking adalah dengan fokus pada satu hal. Saat ini, banyak aplikasi dan juga ekstensi yang bisa digunakan untuk membantu kita agar lebih fokus mengerjakan tugas satu per satu.

Nah, kami punya rekomendasi beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan supaya lebih fokus dan akhirnya terhindar dari kekurangan multitasking. Yuk, simak artikel ini sampai selesai, ya!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

1. Focus Plant

Konsep dari aplikasi ini seperti bermain game sehingga bisa memotivasi kita untuk lebih fokus dengan cara yang menyenangkan. Tampilannya juga lucu dan menggemaskan. Jika kita berhasil fokus dalam selang waktu tertentu, ada “tanaman” yang tumbuh di dalam aplikasinya.

Aplikasi Mobile untuk Fokus - Focus Plant

Kita akan dibuat terus terpacu untuk tetap fokus dengan menyelesaikan misi-misi yang ada. Dengan itu, kamu bisa menghindari kekurangan multitasking, deh!

2. Cold Turkey

Cold Turkey adalah aplikasi untuk memblokir situs dan aplikasi yang dapat mengganggu produktivitasmu. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sering bekerja menggunakan laptop atau perangkat komputer lainnya.

Aplikasi Menghindari Kekurangan Multitasking - Cold Turkey

Sayangnya untuk menggunakan fitur blokir aplikasi, kamu harus membayar terlebih dahulu. Kabar baiknya adalah kamu hanya perlu membayar sekali saja. Selain itu, Cold Turkey menggratiskan fitur blokir situs dan tetap bisa mendapatkan statistik dari penggunaannya.

3. StayFocusd

Nah, kalau yang satu ini merupakan ekstensi yang bisa dipasang pada Google Chrome untuk meningkatkan produktivitasmu. Ekstensi ini bisa melacak waktu yang kamu gunakan untuk melihat situs tertentu. Jadi, kamu bisa mengetahui sering atau tidaknya situs itu dikunjungi.

Kalau kamu melihat situs-situs yang tidak efektif, tetapi sering kamu kunjungi saat mengerjakan sesuatu, ada fitur untuk memblokirnya. Nantinya, jika kamu membuka website yang diblokir, ia akan terlihat seperti ini.

Aplikasi Menghindari Kekurangan Multitasking - StayFocusd

4. Forest

Aplikasi ini konsepnya mirip dengan Focus Plant. Kamu bisa menanam pohon hingga menjadi sebuah hutan hanya dengan fokus pada pekerjaan.

Aplikasi Mobile untuk Fokus - Forest

Nah, ternyata tidak hanya di aplikasi, lho! Forest mengeklaim bahwa mereka juga turut melestarikan hutan dari dana yang dikumpulkannya melalui aplikasi ini. 

Jadi, apabila kamu membayar untuk versi pro, secara tidak langsung kamu juga turut melestarikan hutan, di satu sisi meningkatkan produktivitasmu. Menarik, ya?

5. SelfControl

SelfControl adalah aplikasi gratis yang hanya bisa digunakan di Mac. Jadi, ini merupakan salah satu pilihan bagi kamu pengguna perangkat dengan sistem operasi Mac. Di dalamnya terdapat fitur blokir situs dan email yang bisa mendukungmu supaya lebih fokus.

Kelebihan dari SelfControl adalah dapat melaporkan bug atau issue secara langsung kepada tim support. Kode sumber (source code) pun dibagikan secara bebas di GitHub.

6. LeechBlock

Ekstensi berikutnya yang bisa jadi pilihan selain StayFocusd adalah LeechBlock. Selain dapat dipasang pada Google Chrome, kamu juga bisa memasangnya pada Mozilla Firefox. Inilah yang membuatnya unggul dari StayFocusd.

Aplikasi Menghindari Kekurangan Multitasking - LeechBlock

Namun, fitur-fitur lainnya tidak jauh berbeda dengan StayFocusd. LeechBlock bisa memblokir situs dalam durasi waktu tertentu serta membuat hitung mundur sebelumnya. Pengembangan ekstensi ini bisa diikuti di GitHub sama seperti SelfControl.

7. Toggl

Kita sudah sampai pada rekomendasi aplikasi yang terakhir, yaitu Toggl. Hadir di App Store dan Play Store, Toggl memiliki tampilan yang sederhana, tetapi fiturnya hampir paripurna. Mulai dari melacak waktu hingga sistem pomodoro bisa kamu terapkan melalui aplikasi ini. 

Sedikit informasi, Pomodoro adalah sistem manajemen waktu dengan memecahnya menjadi beberapa interval dengan acuan 25 menit untuk bekerja dan istirahat selama 5 menit.

Aplikasi Mobile untuk Fokus- Toggl

Sayangnya, Toggl hanya bersifat sebagai pengukur dan pelacak waktu, bukan pemblokir aplikasi. Namun, jangan khawatir, justru kamu bisa mengevaluasi cara bekerjamu dengan data yang dikumpulkan olehnya.

Itulah beberapa aplikasi dan ekstensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan fokusmu. Dengan menggunakan salah satu di antaranya, kamu pun jadi bisa menghindari kekurangan multitasking, deh!

Jadi, sekarang cobalah untuk lebih produktif lagi dengan memanfaatkan teknologi yang ada, ya! Kalau kamu pernah memakai aplikasi tersebut, berbagi di kolom komentar, yuk.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!