Apa itu Multitasking? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa itu Multitasking? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apakah kamu pernah mengerjakan beberapa hal secara bersamaan? Contohnya seperti membaca sebuah jurnal sambil menulis koding, atau bekerja sambil makan. Jika pernah, maka kamu seorang yang telah menerapkan multitasking dalam pekerjaanmu.

Apa itu multitasking? Apa kelebihan serta kekurangannya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kita jawab pada artikel ini. Jadi, simak artikel ini dengan baik dan jangan sampai ada informasi yang tertinggal.

Apa itu Multitasking?

Multitasking merupakan suatu kemampuan dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara sekaligus. Pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara bersamaan atau berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Sebenarnya berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain bisa juga disebut dengan task switching, istilah tersebut memiliki arti yang sama dengan multitasking. Teknik multitasking ini dipercaya dapat meningkatkan produktivitas, akan tetapi banyak kelebihan serta kekurangan pada teknik ini.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kelebihan serta Kekurangan Multitasking

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau multitasking ini memiliki kelebihan serta kekurangan. Sekarang kita akan membahas kelebihan serta kekurangan dari multitasking.

Kelebihan

  • Pekerjaan lebih cepat selesai

Kelebihan yang pertama, dengan menerapkan multitasking, pekerjaan yang kamu kerjakan akan lebih cepat selesai. Hal itu karena kamu dapat mengerjakan dua pekerjaan yang berbeda di waktu yang bersamaan.

  • Menghemat waktu

Karena kamu dapat mengerjakan dua atau lebih pekerjaan di waktu yang sama, maka akan menghemat waktu. Kamu dapat melakukan kegiatan lain setelah pekerjaanmu selesai.

Kekurangan

  • Menurunkan performa dan produktivitas

Kekurangan yang pertama adalah ada kemungkinan multitasking dapat menurunkan performa dan produktivitas kamu. Hal itu dapat disebabkan karena konsentrasi dan fokus kamu akan terpecah dan menjadikan performa kamu menurun. Selain itu ada peluang kamu membuat sebuah kesalahan dan mengharuskan kamu mengulang pekerjaanmu.

  • Dapat berakibat buruk pada tubuh

Jika kamu sering melakukan multitasking kamu harus berhati-hati karena multitasking juga dapat berakibat buruk untuk tubuh kamu, berikut ini adalah dampak buruk multitasking untuk tubuh kamu:

    • Dapat memicu stress

Orang yang sering melakukan multitasking cenderung merasa cemas dan terlihat lebih stress. Multitasking ini membuat hasil pekerjaan menjadi kurang baik atau bahkan tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan.

    • Mengganggu daya ingat

Mengerjakan dua hal atau lebih dapat membuat kamu kehilangan daya ingat, hal itu terjadi karena kamu tidak dapat memperhatikan detail yang penting dari pekerjaanmu.

    • Menurunkan kreativitas

Dengan melakukan multitasking otak bekerja lebih berat, ada kemungkinan kondisi ini dapat menurunkan kemampuan kamu dalam berpikir kreatif. Multitasking ini kurang sesuai dengan kamu yang membutuhkan kreativitas dalam pekerjaanmu.

Tips dan Trik Melakukan Multitasking

Ada beberapa tips dan trik untuk kamu yang ingin melakukan multitasking. Berikut ini adalah tips dan triknya.

  • Pilih pekerjaan yang mirip

Dalam sebuah pekerjaan pasti ada tugas yang mirip atau memiliki proses pengerjaan yang sama. Kamu dapat memilih pekerjaan tersebut, sehingga kamu dapat menerapkan multitasking dan konsentrasi kamu juga tidak terpecah.

  • Selalu evaluasi hasil kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu kekurangan dari multitasking adalah hasil dari pekerjaan kamu yang menurun karena fokus yang terbagi. Hal tersebut dapat kamu hindari dengan cara mengecek atau memeriksa kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan. Tetapi proses tersebut memakan waktu yang cukup lama.

Jadi, Apa itu Multitasking?

Jadi, itulah pembahasan kita tentang multitasking. Multitasking merupakan suatu kemampuan dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara sekaligus.

Multitasking ini juga dapat kamu terapkan saat kamu melakukan programming. Ada berbagai hal yang dapat kamu lakukan secara bersamaan dalam programming. Contohnya kamu dapat menulis kode sambil menonton video tutorial coding atau kamu dapat memeriksa kode sambil menulis dokumentasi kode. 

Tapi perlu diingat, multitasking ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihannya adalah pekerjaan kamu dapat selesai lebih cepat sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan pekerjaan lain. Sementara itu kekurangan multitasking ini dapat menurunkan performa kerja kamu dan juga berdampak buruk pada tubuh kamu.

Kamu dapat membaca kelebihan dan kekurangan dari multitasking ini di Inilah Efek Positif dan Negatif dari Kebiasaan Multitasking. Demikian pembahasan kami pada kali ini. Nantikan artikel selanjutnya dari kami ya. 

Apa itu Multitasking Apa Kelebihan dan Kekurangannya? – end

Baca juga artikel kami untuk menambah wawasan:

  1. Perbedaan Coding dan Programming
  2. Apa Itu Programming? Berikut Penjelasan Lengkapnya
  3. Tetap Produktif dengan 3 Tips Kerja sambil Kuliah

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!