Perbedaan Coding dan Programming

Perbedaan Coding dan Programming

Kamu pasti pernah mendengar perdebatan kalau coding dan programming itu sama, atau kamu pernah ikut berdebat tentang perbedaan coding dan programming? Sebenarnya apa sih perbedaan dari keduanya? Sebelum kita membahas perbedaan keduanya mari kita bahas terlebih dahulu arti dari coding dan programming.

Coding

Coding merupakan sebuah aktivitas atau proses untuk menuliskan kode yang harus sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Coding sendiri berbentuk kumpulan kode yang dapat disatukan menjadi sebuah program. Untuk saat ini, ada beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer dan banyak digunakan. Penggunaan bahasa pemrograman yang digunakan dalam coding tergantung pada produk atau program apa yang ingin dikembangkan. 

Kamu dapat mempelajari coding secara mandiri di Dicoding Indonesia atau dengan belajar secara khusus seperti berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Dengan mempelajari coding kamu bisa mendapatkan manfaat yang berguna untuk karir kamu di masa depan. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari belajar coding:

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang
  • kamu dapat menggunakan kemampuan coding kamu untuk mendapatkan penghasilan, baik itu dengan cara bekerja sendiri (freelance) atau bergabung dengan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.
  • Untuk mengembangkan pola pikir, dalam coding kamu diharuskan untuk dapat memecahkan masalah dan mencari langkah yang logis agar sebuah program dapat bekerja dengan baik.
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi. Dalam membuat sebuah program pasti kamu tidak akan bekerja sendirian, kamu akan bekerja bersama sebuah tim. Kamu dapat melatih kemampuan berkomunikasi kamu dengan tim untuk menyelesaikan suatu masalah yang terjadi saat pembuatan program.

Programming

Berbeda dari coding yang sudah dijelaskan di atas, programming tidak hanya melibatkan coding saja tapi melibatkan tugas-tugas lain, seperti analisis, membuat konsep, mengimplementasikan algoritma, memecahkan masalah, dan memahami struktur data. Secara singkat programming adalah sebuah proses merancang dan membangun program komputer untuk mencapai hasil tertentu. Tujuan dari programming adalah untuk menemukan urutan instruksi yang akan mengotomatisasi tugas pada komputer.

Programming juga harus dipelajari sama seperti coding. Selain itu programming memiliki manfaat yang mirip dengan coding, kira-kira apa saja ya manfaat dari programming? Berikut adalah beberapa manfaat dari belajar programming:

  • Sama seperti coding, jika kamu memiliki kemampuan programming maka kamu bisa menggunakan kemampuan kamu untuk mendapatkan penghasilan.
  • Programming dapat mengasah keahlian berpikir, kemampuan logis dan penalaran sehingga kamu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik pada masalah kecil ataupun masalah yang kompleks sekali pun.
  • Programming juga dapat meningkatkan keahlian analisis kamu.

Perbedaan Coding dan Programming

Setelah membaca penjelasan mengenai coding dan programming di atas, sekarang mari kita cari tahu perbedaan coding dan programming.

Pertama kita mulai dari coding.

  • Menerjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin.
  • Cukup membutuhkan program text editor.
  • Wajib mengetahui dasar tentang bahasa pemrograman syntax, dan kata kunci umum.
  • Menghasilkan salah satu bagian dalam proyek programmer.

Selanjutnya kita ke programming.

  • Proses pengembangan perangkat lunak (software).
  • Membutuhkan perangkat analisis, program untuk modeling, generator untuk kode, serta frameworks testing.
  • Sudah ahli dan berpengalaman dalam menciptakan algoritma. Biasanya melakukan modeling permasalahan, pemrosesan data, dan manajemen proyek.
  • Menghasilkan aplikasi utuh yang siap untuk digunakan.

Bagaimana terlihat bukan perbedaan dari coding dan programming? Walaupun berbeda coding adalah salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dari programming.

Kata programming dan coding adalah kata kerja yang berbeda. Coding sendiri merupakan proses penulisan kode-kode untuk membuat suatu perintah. Sedangkan programming adalah proses membuat program secara utuh dari awal sampai akhir mulai dari analisa, coding, sampai dengan uji coba terhadap program. Jadi apakah setiap coding dapat dikatakan sebagai programming? Hal tersebut tergantung dari tujuan melakukan coding itu sendiri dan dari penjelasan singkat diatas kita jadi tahu kalau coding hanyalah sebagian aktivitas dari programming.

Jadi itulah perbedaan coding dan programming. Bagaimana menurut kamu apakah coding dan programming adalah hal yang berbeda? atau hal yang sama saja?

Perbedaan Coding dan Programming – end

Baca juga artikel pilihan berikut ini :

  1. Apa itu Coding? Penjelasan Untuk Pemula
  2. Apa Itu Programming? Berikut Penjelasan Lengkapnya
  3. 4 Prinsip Sukses Belajar Programming

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!