Apa itu Coding? Penjelasan untuk Pemula

Apa itu Coding? Penjelasan Untuk Pemula

Di era digital dan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Profesi programmer atau developer perangkat lunak banyak menarik minat atau menjadi primadona sebagian orang. Perkembangan perangkat lunak atau aplikasi tidak terlepas dari para programmer yang mengembangkannya, dengan kata lain programmer lah yang meng coding aplikasi tersebut. Jadi apa itu coding? Dimana memulai belajar coding? Temukan jawabannya melalui uraian di bawah ini.

Teruntuk kamu yang berkeinginan terjun di dunia IT, coding wajib kamu pahami. Apalagi bagi kamu yang berkeinginan menjadi programmer atau developer, coding sangat wajib kamu kuasai. Saat ini sudah banyak orang yang mempelajari coding, walaupun bukan dari background yang memiliki pendidikan komputer atau informatika. Bukan tanpa alasan mereka belajar coding, mulai dari profesi yang melimpah dan banyak dibutuhkan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang karir.

“Mereka yang malas belajar, hanya memiliki dua pilihan: tergantikan atau menjadi pengejar mimpi orang lain” (Jeni Karay)

Apa itu Coding?

Coding

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip.

Dengan kata lain coding merupakan kegiatan yang dimana kamu memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk kamu. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kamu tuliskan.

Sempat disinggung sebelumnya, bahwa saat kamu menuliskan kode saat ngoding kamu harus memperhatikan aturan sintaks. Aturan sintaks ini sangat penting untuk kamu patuhi. Karena komputer merupakan mesin yang hanya mampu menerima kode atau perintah yang kamu masukkan. Apabila kamu tidak menuliskan kode sesuai dengan aturan sintaks dan ada kode yang salah kamu tulis, maka perintah yang kamu tulis tidak dapat dijalankan oleh komputer.

Apabila saat kamu membaca artikel ini menggunakan perangkat komputer, silahkan klik kanan pada jendela web browser kamu. Kemudian pilih “lihat sumber halaman”, maka akan tampil sebuah skrip dari sekumpulan kode. Skrip tersebutlah yang memberitahu komputer untuk menampilkan halaman web ini.

Bahasa Pemrograman

Untuk memulai ngoding atau belajar coding, langkah pertama adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai. Tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang akan kamu buat. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristiknya masing-masing. 

Misalnya kamu akan memulai coding untuk membuat aplikasi android, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Sedangkan jika kamu akan memulai coding untuk membuat aplikasi web, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, maupun bahasa pemrograman lainnya. 

Sebenarnya kamu bisa dengan leluasa memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Berikut ini beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa kamu gunakan untuk memulai coding.

  1. PHP
  2. Python
  3. Javascript
  4. Java
  5. C++
  6. C#
  7. C
  8. Ruby
  9. Swift
  10. R
  11. Go

Contoh Coding

Dari penjelasan sebelumnya kamu sudah memahami bahwa coding merupakan kegiatan saat kamu menuliskan kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sehingga kode program tersebut dapat dipahami dan dijalankan oleh komputer.

Contoh Coding dengan PHP

Sebagai contoh misalnya kamu menuliskan kode program dalam bahasa pemrograman PHP, untuk menampilkan teks “Selamat Datang di Dicoding” seperti berikut.

Saat kamu menuliskan kode program tersebut berarti kamu sedang melakukan ngoding. Kode program tersebut saat kamu jalankan melalui web browser, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah.

Coding PHP Output

Contoh Coding dengan Python

Sama halnya juga ketika kamu menggunakan bahasa pemrograman yang lain, ketika kamu menuliskan kode program dalam bahasa pemrograman yang lain berarti kamu sedang melakukan kegiatan coding. Misalnya kamu akan melakukan operasi penjumlahan menggunakan bahasa pemrograman Python, dengan kode program seperti berikut.

Ketika kamu jalankan kode program operasi penjumlahan menggunakan bahasa pemrograman Python tersebut, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

Coding Python Output

Di mana Memulai Belajar Coding

Coding

Setelah kamu memahami apa itu coding. Apakah kamu mulai tertarik untuk belajar coding? Perlu kamu ketahui belajar coding tidak semudah yang diharapkan dan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Yang terpenting adalah niat dan keseriusan kamu saat belajar ngoding, dan juga sikap pantang menyerah karena saat kamu belajar ngoding kamu akan sering bertemu dengan yang namanya error sehingga kamu harus menyelesaikan error tersebut agar kode program kamu dapat dijalankan oleh komputer.

Di era internet seperti sekarang, materi belajar coding dapat dengan mudah kamu temukan. Kamu hanya tinggal mencarinya melalui mesin pencari Google atau melalui Youtube. Akan tetapi sebaiknya kamu belajar ngoding dengan mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Agar kamu tidak kesulitan mencari materi-materi belajar coding yang harus kamu pelajari. Sebaiknya kamu belajar coding melalui Dicoding. Dicoding merupakan startup di Indonesia yang menyediakan platform pembelajaran online untuk melahirkan talenta digital untuk kebutuhan industri. Dicoding juga merupakan salah satu startup Indonesia yang terotorisasi oleh Google Developer.

“Aku seneng belajar di platform Dicoding karena belajar nya bukan lewat video.”

Lalu Dicoding itu kan sudah bekerjasama dengan perusahaan teknologi dunia, jadi otomatis kurikulum nya pasti udah trusted banget.

Apalagi sekarang ada fitur learning path yang bantu banget para developer. Alur belajar jadi jelas dan terstruktur.” (Ian Rachman Dana)

Kenapa kamu harus belajar coding di Dicoding? Karena kamu akan lebih mudah belajar coding dan kamu tidak akan kebingungan memulai belajar coding dari mana berkat adanya learning path. Learning path ini akan sangat membantu kamu dalam belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan alur belajar yang jelas dan up to date. Ada beberapa learning path academy yang bisa kamu pilih di Dicoding.

  1. Android Developer
  2. Cloud Developer
  3. Front-End Web Developer
  4. iOS Developer
  5. Unity Game Developer
  6. Construct Game Developer
  7. Machine Learning Developer
  8. Multi-Platform App Developer
  9. AR/VR Developer

Kesimpulan

Coding merupakan proses atau kegiatan pengolahan kode yang kamu tuliskan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sehingga komputer dapat memahami apa yang kamu tuliskan dan melakukan operasi sesuai dengan apa yang kamu tulis. Di era serba teknologi seperti sekarang ini, memiliki kemampuan ngoding akan menjadi bekal yang bagus untuk kamu. 

Jangkau lebih banyak lagi pengetahuan seputar pemrograman, dengan membaca artikel menarik lainnya dari blog Dicoding berikut ini.

  1. Sejarah Bahasa Pemrograman Dibuat
  2. Kenapa Harus Belajar Coding Dari Sekarang?
  3. Dari Mana Memulai Belajar Coding?

Saat kamu belajar coding hal yang harus ditekankan adalah kemauan dan terus berusaha menggali dan berlatih. Jadi apa alasan kamu tertarik belajar coding? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya.

Apa Itu Coding? Penjelasan Untuk Pemula – karya Robby Takdirillah, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding