Dua perempuan yang akan belajar coding

Kenapa Harus Belajar Coding Dari Sekarang?

Kenapa Harus Belajar Coding Dari Sekarang? – karya Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Harus belajar coding ga sih saya? Melihat banyaknya lowongan pekerjaan di bidang pemrograman, kamu pernah ga bertanya seperti itu?

Sekarang ini banyak perguruan tinggi yang membuat jurusan IT. Yang tadinya belum membuat, langsung pada berlomba-lomba membuat. Yang sudah membuat juga ikutan berkompetisi mencetak lulusan IT terbaik mereka.

Orang tua sekarang banyak yang memasukkan anaknya ke jurusan IT dengan harapan mudah mencari pekerjaan ketika lulus nanti. Dari berbagai macam penjurusan yang ada di jurusan IT, banyak juga lulusannya yang ga ngerti coding dengan alasan, “IT ga cuma ngoding doang” atau “gua ga bakat ngoding”. Padahal ya banyak manfaat yang diambil dari ngoding itu sendiri, selain buat jadi programmer.

#1. Lapangan Pekerjaan

Kalo ini sih pasti ya, apalagi jaman sekarang ini. Untuk meningkatkan produktivitas suatu perusahaan, perusahaan ga mungkin ga butuh tenaga IT. Apalagi tenaga programmer, udah hampir ga ada perusahaan yang menjual produknya dengan cara konvensional seperti di pasar.

Untuk mengatur data penjualan, pengeluaran, pemasukan, karyawan, perusahaan pasti memakai program atau aplikasi, ga ada lagi namanya 100% manual kertas ditulis tangan. Semakin banyak yang hampir paperless (tanpa penggunaan kertas).

Makanya IT di perusahaan produksi pun membutuhkan seorang programmer. Bahkan seorang IT support pun yang biasanya mengurusi perangkat keras, bisa-bisa pernah ditawari atau disuruh membuat program. Jadi ketika menghadapi seorang HR yang ingin merekrut programmer, kemungkinan besar akan dicari tahu kemampuan programming kamu sampai di mana, sehingga paling tidak kamu wajib punya skill dasar pemrograman.

Mudah mencari kerja jika bisa coding

#2. Mengasah Kemampuan Problem Solving

Ngoding itu adalah sebuah permainan logika. Kebutuhan akan seorang programmer pasti diawali dari suatu masalah. Dosen saya pernah bilang, programmer itu tugasnya mencari masalah, dan dicari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Dahulu kita ga mungkin kebayang gimana cara ngabarin orang dari jauh, pesen ojek dari rumah padahal ga tau nomor telepon kang ojeknya, konsultasi ke dokter ga perlu datengin rumah sakit, dan lain-lain.

Ketika kamu belajar ngoding, gak lama kamu akan terbiasa mengatasi masalah dengan logika dan bukan dengan emosi, karena agar codingan kamu bekerja, ya codinganmu ga boleh ada errornya. Itu tantangan sendiri buat kamu buat mecahin masalah pake otak dan bukan otot.

ngoding mengasah kemampuan problem solving

#3. Membentuk Kepribadian

Hah? Membentuk kepribadian kok bisa? Jangan salah belajar ngoding itu dituntut buat disiplin, bertanggung jawab, pantang menyerah, dan memahami orang lain. Kalo tiga pertama mungkin ga asing ya, secara untuk menyelesaikan suatu aplikasi kamu harus mengejar deadline, dan ga boleh males-malesan. Tetapi kok ada memahami orang lain?

Di sini programmer atau pun developer membuat program untuk digunakan user (pengguna) atau orang banyak. Jadi kita harus membuat program yang mudah dipahami oleh pengguna agar dia dapat mengunakan aplikasi dan fitur-fitur di dalamnya tanpa kebingungan. Maka perlu juga untuk memahami orang lain.

Kita harus paham gimana aplikasi untuk orang tua, perempuan, anak-anak, remaja, bahkan disabilitas. Mungkin sebuah app kita anggap keren dan bagus, tapi ingat bahwa belum tentu orang lain mudah menggunakannya dan berpendapat demikian.

Harus Belajar coding untuk membentuk kepribadian

 

Kenapa Harus Belajar Coding Dari Sekarang?

end

Artikel ini ditulis oleh Perdana Samudra, Junior Content Writer Dicoding Indonesia “Yuk, mulai belajar coding dari sekarang, buat kamu, orang disekitarmu, dan negaramu..”

Lihat pengamalan dan testimoni manfaat belajar pemrograman oleh member Dicoding di sini https://www.dicoding.com/story

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding