Tips Optimalkan Submission Dicodingmu

Tips Optimalkan Submission Dicoding

Tahukah kamu? Dengan berlangganan Dicoding, kamu bisa mendapatkan benefit berupa akses fitur submission. Pada fitur ini, kamu dapat membuat proyek sekreatif mungkin berdasarkan instruksi yang telah disediakan. Nantinya, kami akan mengecek secara langsung submission Dicoding-mu, memberikan komentar, saran terkait hal yang bisa ditingkatkan dan memberikan rating. Menarik, bukan? 

Namun, sebelum mengerjakan submission Dicoding, alangkah baiknya kita baca terlebih dahulu blog ini, yang akan membahas cara untuk mengoptimalkan submission Dicoding. Blog ini juga membahas manfaat dari rating submission yang tinggi. Mari kita simak.

Pahami dan Ikuti Materi dengan Baik

Ketika belajar di kelas Dicoding, optimalkan untuk bisa memahami dan mengikuti materi dengan baik. Hal ini bisa kamu lakukan dengan tenang dan teliti dalam mempelajari materi sehingga benar-benar memahami hal yang sedang dipelajari.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Usahakan untuk tidak loncat-loncat dalam mempelajari setiap modul karena materi telah disusun sedemikian rupa agar dapat dipahami dengan baik secara bertahap dan sistematis. Jadi agar pemahamanmu optimal, ikuti semua susunan materinya, ya.

Eksplorasi Kuis dan Latihan

Pada akhir setiap chapter biasanya akan ada kuis ataupun latihan. Bagian ini sangat penting karena pemahaman kita diuji terkait materi yang sudah dipelajari. Bentuknya bisa kuis interaktif atau ujian pilihan ganda. Namun, ini bukan sekadar menyelesaikan kedua hal tersebut lalu lanjut ke chapter selanjutnya. 

Ada baiknya agar pemahaman bisa optimal, kita bisa mengeksplorasi lebih lanjut, seperti melakukan sedikit perubahan pada kode interaktif ataupun mengikuti beberapa kali ujian pilihan ganda. Hal tersebut dilakukan agar kita dapat melihat berbagai paket soal yang tentunya akan menguji pemahaman untuk menjadi lebih baik lagi.

Gunakan Forum Diskusi

Tahukah kamu? Jika kebingungan ketika sedang belajar materi pada kelas Dicoding, jangan khawatir karena kamu bisa memanfaatkan fitur forum diskusi, lo. Fitur ini dapat kamu temukan pada bagian kiri ketika sedang berada di halaman materi. 

optimalkan submission dengan forum diskusi

Pada forum diskusi, ini kamu bisa melakukan beberapa hal. Jika kebingungan terkait materi yang sedang dipelajari atau ada tahapan yang menimbulkan error, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menceritakan dan menjelaskan kendala yang dialami. 

Nantinya, ada tim khusus dari Dicoding Elite dengan sebutan Discussion Squad yang akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu. Di samping itu, siswa lain yang mungkin memiliki jawaban terkait kendala yang kamu alami juga bisa ikut membantu. Tak hanya itu, kita pun bisa membantu siswa lain dengan kendala serupa yang pernah dialami.

Kita pun bisa berdiskusi dengan siswa lain pada thread yang sudah ada, saling bertukar pikiran, serta sharing knowledge antara satu dan lainnya. 

Kamu bisa mulai bertanya atau membuat diskusi dengan cara menekan tombol yang ada di kiri atas bertuliskan “Buat diskusi baru”. Selanjutnya, kamu perlu mengisi beberapa hal terkait diskusi yang ingin dibuat.

tampilan forum diskusi

Namun, perlu diperhatikan juga aturan-aturan yang perlu kita taati bersama ketika menggunakan fitur forum diskusi ini, ya. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar forum diskusi tetap sehat, sesuai dengan tujuan, dan benar-benar bisa bermanfaat untuk digunakan siswa lain. Terkait aturan untuk menggunakan forum diskusi, selengkapnya kamu bisa cek pada artikel Aturan Membuat Pertanyaan di Forum Diskusi Kelas. Selamat mencoba!

Cermati Instruksi

Setelah mempelajari modul-modul, kelas biasanya akan ditutup dengan ujian akhir. Bentuknya bisa ujian pilihan ganda ataupun submission proyek. Keduanya harus dikerjakan seoptimal dan sebaik mungkin karena ini adalah tahap terakhir yang penilaiannya akan merepresentasikan tingkat pemahaman kita terhadap suatu kelas.

Terkhusus submission proyek, biasanya akan lebih kompleks ketimbang ujian pilihan ganda karena akan terdiri dari beberapa instruksi. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena semua informasi tertera pada halaman submission. Kita hanya perlu saksama dalam mencermatinya.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati dengan baik, seperti kriteria yang perlu dipenuhi, hal yang perlu di-submit, hingga hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada submission. Dengan begitu, kita dapat lebih terbayang mengenai proyek yang akan dibangun dan peluang submission untuk diterima semakin besar.

Kerjakan Seluruh Kriteria Opsional

Selain kriteria utama, pada submission juga ada kriteria opsional. Bedanya, kriteria ini bersifat opsional atau tidak wajib yang artinya jika tidak dikerjakan submission masih dapat diterima. Namun, sangat direkomendasikan untuk mengerjakan semua kriteria utama ditambah dengan kriteria opsional.

Hal tersebut karena kriteria yang kita kerjakan dalam submission akan berpengaruh pada rating nantinya. Semakin banyak kriteria yang dikerjakan, semakin baik juga rating-nya. Kamu dapat melihat rating ini pada tab penilaian di halaman submission.

Selain itu, menyelesaikan kriteria opsional juga dapat mengasah kemampuan praktikal lebih jauh. Ini karena biasanya kriteria opsional lebih menantang dan kita secara tidak langsung melakukan eksplorasi lebih jauh terkait materi yang sedang dipelajari. 

Perlu diingat, kita juga harus berhati-hati dengan kriteria opsional ini. Sebagaimana pada bagian sebelumnya, kita perlu mencermati dengan baik instruksi dari kriteria tersebut. Sebab, jika kita sudah mengimplementasikannya, tetapi tidak sesuai dengan instruksi yang diminta, submission akan tetap diterima tanpa penilaian kriteria opsional.

Manfaat Rating Submission yang Optimal

Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa kita perlu mengoptimalkan submission agar mendapatkan rating yang tinggi? Jawabannya adalah karena dengan memiliki rating submission yang tinggi memberikan manfaat untuk bisa mendapatkan peluang berkontribusi di Dicoding, lo! Misalnya dengan berkontribusi menjadi fasilitator, instruktur, bahkan menjadi speaker.

Namun, kontribusi lainnya yang tak kalah menarik dan bisa kamu cek saat ini juga adalah program Dicoding Elite. Pada program ini, ada dua jenis kontribusi yang bisa kamu ambil, yaitu reviewer atau discussion squad. Namun, agar bisa bergabung, kamu sangat direkomendasikan untuk memiliki rating yang baik pada kelas-kelas Dicoding karena Elite adalah cerminan siswa-siswi terbaik Dicoding.

Ditunggu, ya, kehadiran kontribusimu pada platform Dicoding! 


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.