Apa Itu Programming Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Programming? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pengenalan ke Dasar Pemrograman (Basic Programming 101)

Halo teman-teman!

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata “programming”? Kodingkah? Atau perkomputeran? Masih keliru nih. Hemm, alangkah baiknya kita dimulai dari yang dasar-dasar dulu ya. Programming yaitu program. 

Seperti apa itu program? Program merupakan suatu urutan logika dengan input dan output tertentu. Program juga dapat berupa kumpulan perintah agar komputer dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan kemauan. Program yang disatukan dengan sistem disebut aplikasi, seperti aplikasi web, maupun android.

Baik, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tuntas istilah dari programming. Simak yuk penjelesan berikut ini. Bismillah.

Mengenal Apa Sih Programming Itu?

programming

Kamu masih bertanya-tanya kan, apa itu programming? Simpel saja, programming adalah sebuah proses untuk membuat program di komputer. Program yang dibuat bisa berupa software, website, aplikasi android, dsb.

Lalu, mulai dari manakah agar kamu bisa memulai programming? Untuk membuat program tentunya ada beberapa tahapan. Mulai dari tulis menulis, menguji, merevisi, dan mengevaluasi, serta mengujinya lagi sampai program tersebut benar-benar jadi dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Jadi, programming adalah suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji (pemrograman) agar program dapat dibuat, dan hasilnya sesuai apa yang diinginkan. 

Bagaimana, sudah mulai paham kan apa itu programming?

Lalu, muncul pertanyaan lagi mengenai programming. Apa sih yang ditulis dalam proses tersebut? Tentunya, bukan tulisan biasa. Tidak seperti saat menulis buku novel ataupun puisi karena ini berhubungan dengan program komputer. Sehingga bahasa tulisan pun harus dapat dimengerti oleh komputer, yakni berupa kode-kode program yang sudah ada sebelumnya.

Itulah mengapa seorang yang ahli programming mesti menguasai bahasa pemrograman.

Saat ini banyak bermunculan bahasa pemrograman yang baru. Hal ini terjadi karena seseorang berupaya menyederhanakan dan memudahkan bahasa pemrograman yang sudah ada. Tujuannya untuk pembuatan program jauh lebih cepat, efektif, dan sesederhana mungkin. 

Bahasa Pemrograman untuk Programming

language program

Kamu akan mengenal bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk programming. Perkembangan teknologi yang begitu cepat tentu membawa dampak bagi bahasa pemrograman. Salah satunya adalah mulai bermunculan bahasa pemrograman yang baru. Berikut beberapa macam bahasa pemrograman yang cukup popular akhir-akhir ini.

Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP) dan tersusun dari beberapa kelas. Singkat cerita, kamu masih ingat logo Java kan? Dilambangkan dengan secangkir kopi panas. Iya itu benar, Java didirikan oleh James Gosling. Ia seorang penikmat kopi.

Terlepas dari itu, Java menjadi bahasa pemrograman andalan oleh para programmer atau pembuat aplikasi. Mengapa? Sebab, Java dapat berjalan hampir di semua sistem operasi. Contohnya adalah aplikasi Android yang dibuat menggunakan bahasa Java.

Python

Bahasa pemrograman yang satu ini sedang banyak digandrungi oleh para pembuat aplikasi. Bagi kamu yang sudah tahu programming, maka akan tahu juga alasannya. Yap, Python merupakan bahasa tingkat tinggi. Saat ini juga banyak perusahaan besar yang sudah mengimplementasikannya untuk mendukung perkembangan IT.

Jadi, kamu-kamu yang ingin memulai programming, tidak ada salahnya untuk belajar bahasa yang satu ini ya. Selain itu, bahasa pemrograman yang satu ini mulai populer karena banyak digunakan untuk kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).

C++

Kamu sudah tahu bahasa yang satu ini? Jika sebelumnya mengenal programming, maka kamu akan tahu juga betapa melejitnya bahasa pemrograman ini. C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki sifat berorientasi objek, sama halnya dengan Java. Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi bahasa tercepat ketika dijalankan oleh mesin.

C++ merupakan bentuk perkembangan dari bahasa C. Bahasa ini sangat banyak digunakan oleh pembuat aplikasi. Bahkan Google menggunakan bahasa C++ juga dalam mengembangkan produknya. Sebab, C++ adalah bahasa pemrograman yang ideal dan dapat digunakan untuk menangani beberapa server dalam satu waktu.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman scripting yang digunakan untuk membuat situs web agar lebih interaktif. Bahasa yang satu ini paling banyak digunakan oleh para developer web. Bahkan, sekelas Google pun memakai Javascript. Mengingat Google mempunyai beberapa produk web, seperti Google Ads yang  didukung oleh JavaScript.

PHP

Untuk kamu yang sudah memulai belajar programming sudah tidak asing jika mendengar kata PHP. PHP di sini maksudnya bahasa pemrograman loh hehe. PHP digunakan untuk membangun sebuah website. Biasanya PHP dikolaborasikan dengan HTML, mengapa? Sebab, PHP digunakan untuk logisnya, sedangkan HTML digunakan sebagai tampilan kerangka web tersebut.

Bahasa Pemrograman PHP cocok bagi pemula. Di Indonesia banyak sekali forum untuk belajar bahasa pemrograman PHP. Jika ingin mulai belajar PHP, yuk klik dan simak artikel berikut ini Apa Itu PHP? Beserta Contoh untuk Pemula.

Kunci Utama Bisa programming

keys programming

Selain bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai, ada juga kunci utama agar kamu nantinya bisa jago programming. Berikut adalah kunci utama agar dapat mempelajari programming:

  • Berpikir Kritis

Kamu dituntut untuk berpikir kritis. Mengapa? Karena programmer merupakan tugas seorang pemikir. Tujuannya untuk memecahkan masalah dan mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada.

  • Berlogika

Selain berpikir kritis, harus diimbangi dengan logika agar senada dengan bahasa pemrograman.

Manfaat Jika Kamu Belajar Programming

benefit

Pastinya jika kamu belajar programming, maka akan mendapatkan berbagai manfaat atau benefit. Kenapa bisa? Karena setiap apapun yang kita pelajari/masukan, maka akan menghasilkan beberapa keluaran juga. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika belajar programming:

  • Belajar Berpikir Sistematis

Saat memikirkan suatu hal, kamu pasti akan mempunyai urutan langkah-langkah dalam dapat menyelesaikan suatu masalah. Sama halnya dengan kode program, kamu harus dapat menuliskannya secara sistematis. Tidak hanya itu, kamu akan belajar secara sistematis dan terorganisasi.

  • Berpikir Logis

Ketika kamu hendak menyusun source code untuk membangun aplikasi ataupun website, ini merupakan tahap dalam belajar cara berpikir logis.

  • Belajar Memecahkan Masalah

Tujuan utama dari programming yaitu untuk memecahkan suatu masalah. Tidak heran bilamana sekarang telah banyak berdiri startup di Indonesia dengan berbagai produk yang ada, seperti aplikasi-aplikasi yang berguna dalam memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi.

  • Prospek Untuk Masa Depan

Memiliki keterampilan programming maupun coding dapat menjanjikan masa depan yang cerah, terlebih jika kamu tertarik dengan bidang IT. Pertumbuhan bidang IT dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan. Dengan demikian, maka akan semakin terbuka dan luas lapangan kerja yang tercipta. Apalagi membuat startup bagi orang yang berkompeten di bidang IT. 

  • Belajar Teliti

Kamu akan belajar meneliti sesuatu ketika melakukan aktivitas programming. Hal ini positif. Ketika belajar programming, kamu mesti teliti dan jangan sampai ada baris kode yang terlewatkan, bahkan typo. Sebab, itu dapat mempengaruhi jalannya sebuah aplikasii yang sedang dibangun.

Teman-teman, itulah yang dapat saya sampaikan. Apakah kamu mulai tertarik belajar programming? Supaya lebih asyik belajar codingnya, yuk gabung bersama Dicoding. Dijamin seru, dan mengantarkanmu agar bisa programming. 

Simak juga yuk beberapa artikel diantaranya:

  1. Belajar Skill Programming agar Mandiri Finansial
  2. Belajar Bahasa Pemrograman Python untuk Pemula
  3. Programmer Atau Pro Gamer, Kamu Team Mana?

Selain itu, kamu juga bisa belajar di kelas-kelas pemula Dicoding, seperti:

  1. Meniti Karier sebagai Software Developer
  2. Pengenalan ke Dasar Pemrograman (Basic Programming 101)
  3. Pengenalan ke Logika Pemrograman (Programming Logic 101)
  4. Pengenalan Data pada Pemrograman (Data 101)
  5. Belajar Dasar Visualisasi Data

Kata motivasi yang sebaiknya selalu kamu pegang ketika akan memulai belajar programming. 

“Jika kamu tidak membangun mimpimu sendiri, maka seseorang akan mempekerjakan kamu untuk membangun mimpi mereka” 

(Bill Gates)

Terimakasih, jangan lupa tinggalkan komentar mengenai pengalaman kalian di bidang programming ya.

Apa Itu Programming? Berikut Penjelasan Lengkapnya – karya Rendi Juliarto, Intern junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding