Pria yang bisa saja programmer atau pun pro gamer

Programmer Atau Pro Gamer, Kamu Team Mana?

Programmer Atau Pro Gamer, Kamu Team Mana? – karya Zidni Sika Azkia, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Hallo gamer Indonesia! Tahukah kalian kalau industri game sekarang sedang berkembang pesat di Indonesia. Yaaa.. dilihat peminat game dari segala bidang entah pendidikan, ekonomi, dan sebagainya. Baik dari game 2D, 3D, atau bahkan AR/VR. Nah, aku mau tanya kalian team mana Programmer atau Pro Gamer? Programmer yang artinya developer yang mengembangkan aplikasi entah apps/web/game atau Pro Gamer bagi mereka yang jago game sampe ke akar-akarnya. Wah… pilih mana nih…

Wahai para gamer, perlu diketahui ada banyak keuntungan yang kalian bisa dapatkan jika menjadi developer game atau yang menciptakan game. Tapi tak salah juga jika kalian benar-benar menekuni bermain game. Oke, jangan terlalu bertele-tele, di sini bakal aku bahas benefit yang didapat oleh programmer game dan pro gamer.

Cekidot!

Developer Game

  1. Peluang Kerja Sesuai Passion

Berbahagialah jika kalian menjadi programmer game, karena Indonesia sangat membutuhkan kalian untuk bisa berkontribusi dalam mengembangkan game karya anak bangsa. Programmer itu ibarat kuli bangunan, ia akan bekerja jika sudah ada material. Material yang sudah dibuat oleh team desain lalu diberikan ke programmer untuk di olah lebih lanjut.

Untuk skala game yang besar (AAA) gajinya bukan lagi satu digit namun bisa ratusan juta… gimana menggiurkan sekali bukan?

  1. Bermain Produk Sendiri

Developer game bukan berarti sehari-hari hanya membuat game. Ya, iya sih… tapi rata-rata developer game lahir dari gamer yang sudah tobat dan ingin berkarya seperti yang ia mainkan. Ia kadang bermain produknya sendiri, agar orang lain juga bisa menikmati game buatannya.

Jadi, jangan khawatir nggak bakal jenuh deh jadi developer game, tiap hari ketemu game terus hehe…

  1. Penghasilan Dari Game

Selain kerja diperusahaan game yang terkenal, di rumah-pun bisa buat studio game sendiri. Apalagi kalau ­game-nya sudah terpublish di playstore. Uwhhh… berapa duit yaa??? Bisa kalian bayangkan sendiri lah ya hehe..

Intinya peluangnya besar sekali, tapi kalian juga jangan hanya mimpi di atas kasur saja. Segera wujudkan hal tersebut menjadi kenyataan.

 

Pro Gamer

  1. Mengikuti e-sport game

Tidak semuanya kelebihan melekat pada programmer karena menjadi developer game yang mempunyai studio dan team sendiri-pun prosesnya tidak secepat memasak mie instan. Ada banyak kerikil di antara perjalanan itu semua.

Menjadi gamer-pun bisa bermanfaat jika benar-benar ditekuni, sebagai contohnya dengan mengikuti e-sport game. Contohnya adalah mengikuti The International Dota 2, di mana hadiahnya mencapai jutaan dolar. Wuhhh.. padahal cuma main game ya? Bisa menghasilkan uang segitu banyak pula. Selain itu, gamer bisa menjadi terkenal di kalangan komunitas game tersebut. Keren, bukan?

  1. Youtuber

Selain banyaknya youtuber yang hadir di kategori makanan, kosmetik, tutorial, dan sebagainya, gamer-pun bisa melakukan streaming di Youtube.  Apalagi Facebook akan memberikan sejumlah uang untuk mereka yang mau streaming dan bermain game di Facebook.

Wahhh keren sekali, ya? Selain mudah, kalian kadang cuma modal wifi di warung internet. Haha… sama dehh kaya aku..malah dapat uang dari Facebook.

  1. Endorse

Jika kalian pernah memenangkan e-sport game, biasanya kalian akan dimintai menjadi endorse pada game tersebut. Wahh kaya model dong? Iya lah, nanti kalian pakai atribut-atribut dari game terkenal seperti Mobile Legend, Free Fire, PUBG, dan sebagainya. Perusahaan berani bayar agar orang lain membeli brand yang kalian pakai.

Nah, sekarang kalian tinggal pilih menjadi programmer dan pro gamer? Tentukan pilihanmu dari sekarang! Jangan lupa tuliskan dikomentar kalian team mana ya, nanti kita bergabung hehe… aku tunggu loh..

Programmer Atau Pro Gamer, Kamu Team Mana?

-end-

Artikel ini ditulis oleh Zidni Sika Azkia, Junior Intern Writer Dicoding Indonesia “Bermimpi jadi developer game? Yuk wujudkan bersama dengan belajar di Dicoding!”

Dicoding punya loh kelas menjadi Game Expert dan diakui oleh pelakui industri game, cek disini: https://www.dicoding.com/academies/47

Yuk, simak cerita lika liku mbak Rena dalam membuat game, cek disini: https://www.dicoding.com/blog/brigitta-rena/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding