Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software

Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software

Disusun oleh: Dicoding Indonesia Level: Dasar Estimasi: 21 jam
Teknologi:Data
Bagikan kelas ini:

Deskripsi

Pada tanggal 29-30 September 2021 , kelas ini telah diperbarui materinya. Pembaruan materi ini terkait pelatihan berbasis okupasi.

Kelas ini telah terseleksi untuk uji coba pelatihan berbasis okupasi. Oleh karena itu, pada tanggal 9 Juni 2021 telah dilakukan perubahan dari kelas Pengenalan ke Dasar Pemrograman (Basic Programming 101) / Pengenalan Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software menjadi kelas Memulai Dasar Pemrograman untuk Menjadi Pengembang Software.

Seorang pengembang software sesuai standar klasifikasi okupasi KBJI itu dapat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi. Tugasnya meliputi: meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi baik yang telah ada atau yang baru; memodifikasi perangkat lunak yang ada untuk memperbaiki kesalahan, menyesuaikannya dengan hardware baru atau untuk meng-upgrade antarmuka dan meningkatkan kinerja; dan mengarahkan dokumentasi pemrograman dan pengembangan perangkat lunak.

  • Okupasi ini termasuk salah satu dari 50 okupasi yang paling dibutuhkan dan dicari di Indonesia menurut laporan teknis dari Bank Dunia (World Bank).
  • Okupasi ini adalah okupasi dengan predikat high-skilled (berketerampilan tinggi) sehingga merupakan jalur karier yang sangat menguntungkan.
  • Menurut laporan teknis dari Bank Dunia (World Bank), 96% dari pemberi kerja merasa bahwa sertifikasi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam mencari karyawan untuk posisi okupasi berpredikat high-skilled (berketerampilan tinggi).
  • Kurikulum berbasis okupasi ini merupakan salah satu standar pelatihan yang menjadi fokus pemerintah sebagai pelatihan yang sertifikasinya diakui dan distandarkan ke tingkat global.
  • Pelatih berpengalaman dan bersertifikasi, cek informasi detail pelatih di sini.


Target dan Sasaran Siswa

  • Kelas ditujukan bagi pemula yang ingin mulai belajar bidang pemrograman agar dapat menjadi pengembang software dengan mengacu pada standar okupasi Pengembang Software (kode okupasi KBJI: 2512.03, Indotask: 2512).
  • Kelas dapat dikuti oleh siswa yang melek IT sehingga wajib memiliki dan dapat mengoperasikan komputer dengan baik.
  • Kelas ini didesain untuk pemula sehingga tidak ada prasyarat dalam pemahaman pemrograman sebelumnya.
  • Siswa harus bisa belajar mandiri, berkomitmen, benar-benar punya rasa ingin tahu, dan tertarik pada subjek materi, karena sebaik apa pun materi kelas ini, tidak akan berguna tanpa keseriusan siswa untuk belajar, berlatih, dan mencoba.

 

Tujuan Umum dan Khusus Pelatihan

  • Di akhir pelatihan, siswa mampu memodifikasi aplikasi perangkat lunak menggunakan panduan diagram alur dan pemrograman dengan teknologi HTML, CSS, dan JavaScript tingkat dasar secara tepat sesuai persyaratan spesifikasi dan fungsionalitas aplikasi.
  • Siswa mampu meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi persyaratan untuk aplikasi perangkat lunak dengan memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna dan spesifikasi teknis aplikasi.
  • Siswa mampu membuat perencanaan modifikasi aplikasi perangkat lunak dengan pembuatan requirement aplikasi dan diagram alur.
  • Siswa mampu memodifikasi aplikasi perangkat lunak menggunakan pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript tingkat dasar.
  • Siswa mampu mengarahkan dokumentasi pemrograman dan pengembangan perangkat lunak menggunakan metode pengarsipan.


Silabus

  • Memahami Kebutuhan Aplikasi :Belajar teori dan metodologi dalam memahami kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna beserta dari sisi spesifikasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat kebutuhan aplikasi dari sisi pengguna maupun dari sisi spesifikasi teknis. Belajar tips sikap kerja saat meneliti, menganalisis, dan mengevaluasi kebutuhan aplikasi. (1 jam 25 menit)
    • Aspek Kompetensi Pengetahuan (Knowledge) : Pengantar Kebutuhan Aplikasi, Kebutuhan Aplikasi dari Sisi Pengguna, Spesifikasi Teknis Aplikasi dan Cara Menentukannya.
    • Aspek Kompetensi Keterampilan (Skill) : Studi Kasus Menganalisis Kebutuhan Aplikasi dari sisi Pengguna, dan Studi Kasus Menganalisis Spesifikasi Teknis Aplikasi.
    • Aspek Kompetensi Sikap (Attitute) : Tips Sikap Kerja dalam Meneliti, Menganalisis, dan Mengevaluasi Kebutuhan Aplikasi.
  • Perencanaan Modifikasi Aplikasi: Belajar teori dan metodologi dalam pembuatan persyaratan kebutuhan aplikasi, dalam memahami cara aplikasi bekerja, dan dalam mengerti panduan diagram alur. Implementasi keterampilan ke dalam studi kasus membuat persyaratan kebutuhan aplikasi, memahami cara aplikasi berjalan, dan membuat diagram alur. Belajar sikap kerja ketika kolaborasi perencanaan aplikasi dalam sebuah tim. (2 jam)
    • Aspek Kompetensi Pengetahuan (Knowledge) : Pengantar Perencanaan Modifikasi Aplikasi, Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak dan Struktur Penulisannya, Alur Kerja Aplikasi, Penyelesaian Masalah Menggunakan Cara Berpikir Komputasional, Pengenalan Flowchart.
    • Aspek Kompetensi Keterampilan (Skill) : Studi Kasus Pembuatan Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, Studi Kasus Penyelesaian Masalah yang Terjadi pada Sebuah Aplikasi, dan Studi Kasus Penggunaan Flowchart untuk Aplikasi Penjualan.
    • Aspek Kompetensi Sikap (Attitude) : Tips Sikap Kerja dalam Kolaborasi Perencanaan Aplikasi dengan Tim.
  • Mengerti Konsep Dasar Pemrograman: Belajar teori sintaksis bahasa pemrograman, variabel, tipe data, logika komputer, dan bahasa pemrograman JavaScript versi ES6. Implementasi keterampilan dengan cara latihan menulis pseudocode dan menulis kode pertama. Belajar tips sikap kerja dalam belajar pemrograman. (2 jam 50 menit)
    • Aspek Kompetensi Pengetahuan (Knowledge) : Pengenalan Konsep Dasar Pemrograman, Pengenalan Sintaksis dan Case Sensitive, Statement dan Whitespace, Keyword dan Pseudocode, Variabel, Mendeklarasikan dan Menggabungkan Variabel dengan Operator, Tipe Data, Logika Perbandingan, Logika Perulangan, Pengenalan JavaScript.
    • Aspek Kompetensi Keterampilan (Skill) : Latihan Menulis Pseudocode, Variabel dalam JavaScript, Tipe Data dalam JavaScript, Fungsi dalam JavaScript, Logika Perbandingan dalam JavaScript, Menggabungkan IF/Else dengan OR dan AND, dan Logika Perulangan dalam JavaScript.
    • Aspek Kompetensi Sikap (Attitute) : Tips Sikap Kerja untuk Cara Belajar Pemrograman.
  • Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak: Belajar bahasa markah HTML versi HTML5 dan bahasa pemrograman CSS versi 3. Implementasi keterampilan melalui studi kasus modifikasi sebuah antarmuka aplikasi perangkat lunak. Belajar tips sikap kerja dalam meningkatkan keahlian sebuah bahasa pemrograman. (1 jam 55 menit)
    • Aspek Kompetensi Pengetahuan (Knowledge) : Pengantar Modifikasi Aplikasi Perangkat Lunak, Pengenalan HTML, dan Pengenalan CSS.
    • Aspek Kompetensi Keterampilan (Skill) : Studi Kasus Aplikasi Login - Persiapan, Instalasi Visual Studio Code, Studi Kasus Aplikasi Login - Modifikasi Antarmuka Aplikasi Perangkat Lunak, dan Studi Kasus Aplikasi Login - Modifikasi Fungsionalitas Aplikasi Perangkat Lunak.
    • Aspek Kompetensi Sikap (Attitude) : Tips Sikap Kerja untuk Meningkatkan Keahlian Belajar Bahasa Pemrograman.
  • Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak: Belajar teori pengarsipan perangkat lunak, pembuatan gaya penulisan kode, penulisan komentar pada kode, dan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Implementasi keterampilan melalui studi kasus pengarsipan sebuah perangkat lunak, penyesuaian gaya penulisan kode agar sesuai standar, menambahkan komentar pada kode, dan latihan pembuatan dokumentasi teknis aplikasi. Belajar sikap kerja dalam mengomunikasikan dokumentasi kepada stakeholders (pemegang kepentingan) perusahaan. (1 jam 31 menit)
    • Aspek Kompetensi Pengetahuan (Knowledge) : Pengantar Dokumentasi Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak, Apa itu Pengarsipan Versi Perangkat Lunak, Pengenalan Style Guide, Apa itu Komentar pada Kode, Pengenalan Dokumentasi Teknis Aplikasi.
    • Aspek Kompetensi Keterampilan (Skill) : Studi Kasus Pengarsipan Versi Perangkat Lunak, Studi Kasus Menyesuaikan Gaya Penulisan Kode Sesuai Standar, Studi Kasus Menambahkan Komentar pada Kode, dan Studi Kasus Pembuatan Dokumentasi Teknis Aplikasi.
    • Aspek Kompetensi Sikap (Attitude) : Tips Cara Mengomunikasikan Dokumentasi kepada Stakeholders (pemegang kepentingan perusahaan).


Metode Ajar

  • Online - Self-paced Learning.
    • Total jam belajar : 8 jam 10 menit untuk materi. Total 20 jam 56 menit jika termasuk persiapan belajar dan perkiraan waktu penyelesaian evaluasi pembelajaran.
    • Rekomendasi waktu belajar : 10 jam per minggu (selesai dalam 16 hari).
    • Anda tentukan sendiri berapa lama waktu yang akan digunakan untuk belajar materi kelas ini selama masih aktif terdaftar pada kelas.
  • Fasilitas Pengajaran
    • Materi bacaan elektronik : Materi akan disajikan dalam bentuk teks dan bacaan.
    • Video : Setiap materi utama akan disajikan dalam bentuk video pengantar.
    • Sesi Konsultasi Online : Tersedia waktu sesi online mingguan dengan instruktur bagi siswa yang ingin berkonsultasi mengenai proyek akhir kelas ini.
    • Forum diskusi : Setiap kelas memiliki sebuah forum diskusi yang dapat Anda gunakan untuk bertanya dan berdikusi.
    • Pre-test : Tes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai untuk mengetahui sampai dimana penguasaan siswa terhadap bahan pengajaran (pengetahuan dan keterampilan) yang akan diajarkan.
  • Evaluasi Pembelajaran :
    • Ujian Akhir Kelas
    • Proyek Akhir (Uji Praktek)
    • Sertifikat Kompetensi Kelulusan

 

Peralatan Belajar

  • Siswa wajib memiliki akses internet melalui komputer yang menggunakan Windows/Mac/Linux
  • Spesifikasi minimal komputer milik siswa:
    • Sistem operasi : Windows, Linux, atau MacOS.
    • Prosesor : Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas).
    • RAM : 1GB (Rekomendasi 2GB).
    • Resolusi layar : 1366 x 768 (Rekomendasi Full HD 1920 x 1080)
  • Software
    • Visual Studio Code. Cara instalasi dan menggunakan Visual Studio Code diajarkan di kelas ini.
    • Visual Paradigm (online).
    • Web Browser (Google Chrome atau Mozilla Firefox)

 

Alur Belajar

Langkah setelahnya : Belajar secara terstruktur sehingga target belajar lebih mudah tercapai di Dicoding Academy Learning Path 

Apa kata lulusan Dicoding Academy?

Sudah ribuan siswa yang sukses belajar di Dicoding Academy. Mau tau pendapat dari sisi mereka? Ini adalah testimoni asli mereka. Mau tahu lebih banyak? Lihat testimoni siswa lainnya.

Pertanyaan

Bila Anda memiliki pertanyaan / kendala ketika belajar di kelas ini, Anda dapat membaca pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di FAQ.

Tim Reviewer

Anda belum dapat mempelajari kelas ini. Yuk berlangganan sekarang agar bisa belajar di Kelas ini dan juga Kelas Dicoding Academy lainnya.

Daftar sekarang untuk dapat mengikuti pembelajaran

Daftar Sekarang

Atau Anda dapat mencoba modul gratis yang ditawarkan di Kelas ini

Coba Modul Gratis
Kunjungi Online Store Kami

Kelas ini disusun oleh:

Dicoding Indonesia
Dicoding Indonesia

Decode Ideas
Discover Potentials