Membuat dan Menjalankan Kode Python dengan Google Colaboratory

Membuat dan Menjalankan Kode Python dengan Google Colaboratory

Hi, Devs! Jika sebelumnya kita pernah membahas alasan kenapa kamu harus belajar coding, sekarang kita akan belajar cara menulis dan menjalankan kode Python sederhana. Nah, pada kesempatan ini kita akan menggunakan salah satu IDE favorit para praktisi data dan machine learning yaitu Google Colaboratory.

Apakah ini pertama kali kamu mendengar tentang Google Colaboratory? Selamat kamu berada di tempat yang tepat karena pada artikel ini, kita akan berkenalan dan menjalankan contoh kode sederhana menggunakan Google Colaboratory. Sebagai permulaan, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan Google Colaboratory! 

Mengenal Google Colaboratory

Google Colaboratory atau akrab disapa Google Colab merupakan IDE interaktif berbasis web buatan Google yang dijalankan pada environment cloud. Ia memungkinkan kita untuk menulis dan menjalankan kode secara interaktif melalui browser. Selain itu, tool ini memiliki beberapa keunggulan lain seperti berikut.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang
  • Kita dapat menggunakan tool ini tanpa perlu mengatur konfigurasinya.
  • Ia memungkinkan kita mengakses berbagai hardware (perangkat keras) yang dibutuhkan untuk mempercepat proses training model machine learning seperti GPU dan TPU.
  • Google Colab memungkinkan kita untuk membagikan kode ke orang lain sehingga dapat mempermudah proses kolaborasi antar team.
  • Last but not least, tool ini bersifat gratis!

Nah, itulah beberapa keunggulan dari Google Colab. Hal tersebutlah yang membuat ia menjadi salah satu tool andalan para praktisi data dan machine learning. Bagaimana apakah kamu mulai tertarik menggunakannya? Tentunya tertarik dong.

Untuk mulai menggunakan Google Colab, kamu dapat mengunjungi halaman berikut: Welcome To Colaboratory. Pada halaman tersebut, kamu akan menemukan tampilan seperti berikut.

Halaman Welcome To Colaboratory

Pada halaman tersebut, kamu dapat mengeklik Welcome To Colaboratory untuk mengikuti tutorial singkat dan pengenalan berbagai fitur utama dalam Google Colab. Atau kamu juga bisa mengeklik New notebook untuk mulai membuat notebook pertamamu pada Google Colab. Notebook yang kamu buat akan secara otomatis disimpan ke dalam Google Drive sehingga dapat diakses kapan pun. 

Nah, sekarang kita coba berkenalan dengan berbagai komponen dalam Google Colab. Pada bagian sidebar, kamu akan menemukan berbagai hal, seperti Table of contents, Find and replace, Variables, File, dll. Semua hal tersebut akan sangat membantu kamu ketika mengoperasikan Google Colab. 

Pada Google Colab, kita menuliskan kode Python pada bagian Code cell dan menjalankannya dengan mengeklik tombol Run cell. Untuk membuat code cell baru, kamu hanya perlu mengeklik tombol + Code. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan text cell sebagai wadah dokumentasi dengan mengeklik + Text. Bagaimana cukup mudah dan interaktif, bukan? 

Run cell dan code cell

Membuat dan Menjalankan Kode Python Sederhana Pada Google Colaboratory

Nah, kini saatnya kita coba menjalankan contoh kode Python pada Google Colab. Seperti biasa, kamu bisa mulai dengan menampilkan teks “Hello, World!” menggunakan kode di bawah ini. Tulis kode tersebut ke dalam code cell.


Jika menjalankan kode tersebut, kamu akan menjumpai keluaran seperti berikut.

Kode untuk menampilakn teks "Hello, World!"

Yey, selamat kamu telah menjalankan kode Python pertamamu pada Google Colab. Sekarang, kita akan coba menjalankan kode yang sedikit lebih kompleks. Berikut merupakan contoh kode untuk melakukan operasi percabangan dalam Python.


Kamu perlu menuliskan contoh kode tersebut ke dalam code cell lalu jalankan dengan mengeklik tombol Run cell. Berikut merupakan contoh keluaran dari kode di atas.

Contoh keluaran kode

Contoh kode di atas merupakan program percabangan. Jika variabel ketersediaan bernilai “Daging ayam”, Python akan mengembalikan string “Ibu membeli dan memasak ayam”. Sebaliknya, jika variabel ketersediaan bernilai bernilai kosong atau bernilai bahan makanan lain, Python akan mengembalikan string “Ibu membeli dan memasak tempe”. Bagaimana cukup mudah dipahami, bukan? 

Oke, itulah beberapa contoh kode Python sederhana yang dapat kita jalankan menggunakan Google Colaboratory. Jika kamu tertarik ingin mempelajari bahasa pemrograman Python lebih dalam, Dicoding telah menyediakan kelas Memulai Pemrograman dengan Python yang dapat kamu pelajari. Selain itu, kamu dapat menggunakan link berikut untuk mendapatkan akses belajar gratis selama 15 hari.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.