Ini Alasan Kamu Harus Mulai Belajar Coding

Ini Alasan Kamu Harus Mulai Belajar Coding

Sebelum kita bahas mengenai topik memulai belajar coding, kami ingin tahu alasan kamu ingin membaca artikel ini. Mungkin ada beberapa alasan yang membawamu ke sini, misalnya berikut.

  • Kamu seorang non-programmer yang ingin mengetahui cara kerja di era teknologi ini, lalu kamu tertarik dengan teknologi dan berpikir untuk memilih mulai belajar coding.
  • Seorang pemula dalam bidang ini dan ragu jika ini adalah langkah pemilihan yang sudah benar atau tidak.
  • Kamu adalah orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini, ingin tahu seberapa jauh dalam menguasai bidang ini, dan meninjau ulang pencapaian yang sudah didapatkan seperti beberapa sosok ini.

Saat ini kita semua bergantung pada teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya untuk hiburan, komunikasi, dan lain sebagainya. Teknologi tersebut umumnya berasal dari sebuah program yang di baliknya terdapat seorang programmer yang bertugas menulis kode-kode yang terus dikembangkan seiring kemajuan teknologi. Namun, saat ini tidak banyak orang yang tahu cara membaca dan menulis kode. 

Banyak orang sebelum memasuki bidang pemrograman ingin tahu cara kerja dari suatu teknologi di belakang layar. Misalnya, pertanyaan-pertanyaan seperti berikut bisa saja muncul. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Bagaimana dalam beberapa detik Google memberi kita hasil pencarian untuk apa pun yang kita cari? Lalu, bagaimana kita bisa terhubung dengan seseorang di Facebook di seluruh dunia ini? Bagaimana Google Maps benar-benar berfungsi untuk memberi kita petunjuk arah ke mana saja di dunia ini? 

Nah, pertanyaan-pertanyaan tersebut pun membangkitkan rasa ingin tahu dan bisa menginspirasi non-programmer untuk memilih bidang ini. Apakah itu termasuk kamu?

Quote Steve Jobs berkaitan dengan belajar coding

Kita dikelilingi oleh banyak masalah, tetapi coding telah memberi kita banyak solusi di dunia nyata. Tidak masalah jika kamu seorang non-programmer, pemula, atau orang berpengalaman, ada beberapa alasan kamu harus belajar coding.

1. Gaji Menarik dan Peluang Karier Luas

Teknologi sangat luas dan ada banyak peluang kerja yang tersedia jika kamu tahu cara menulis kode. Sebagaimana disebutkan di atas, hampir semua bidang sekarang membutuhkan teknologi dalam operasionalnya dengan tujuan efisiensi. Oleh sebab itu, programmer sangat dibutuhkan di seluruh dunia. 

Kamu bisa menjadi freelancer dan bekerja dengan bebas, atau bisa bekerja untuk beberapa perusahaan, serta bisa mengerjakan proyek sampingan kamu sendiri. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan keahlian coding kamu untuk membangun startup sendiri.

Gaji programmer juga menarik karena dalam pekerjaannya dibutuhkan pemikiran kritis dan analisis situasi. Di bawah ini adalah perkiraan gaji programmer di Indonesia.

gaji programmer di Indonesia gambar: Glassdoor

2. Teknologi Menguasai Dunia

Teknologi ada di mana-mana dan tidak diragukan lagi telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, baik itu hiburan maupun kita harus berkomunikasi dengan seseorang atau kita harus pergi ke suatu tempat. 

Kita mengandalkan teknologi dan ada ribuan industri yang bergantung pada program komputer untuk menjalankan operasi bisnis. Ini digunakan dalam analisis data, keuangan, industri makanan, pendidikan, layanan pelanggan, sektor kesehatan, dll. 

Dari pembuatan aplikasi atau situs web yang berguna bagi orang lain, ada sesuatu yang aneh bahwa dari pagi hingga sore kita mengandalkan teknologi, tetapi sangat sedikit orang yang tahu cara menulis kode.

3. Pengodean adalah Kreativitas

Ngoding selalu dianggap sebagai sesuatu yang komputasional, matematis, membuat frustasi, dan membosankan. Namun, ada sisi kreatif dari coding juga, ketika programmer melihat sesuatu yang tidak sempurna di dunia. Hal ini menjadi tugas mereka untuk menganalisis masalah dan memberikan solusi visioner.

Mereka melihat gambaran lengkap tentang masalah yang dihadapi orang dan menggunakan pendekatan logis kreatif untuk menemukan solusinya. Sama seperti pelukis yang lihai dengan pemilihan alat dan pola lukisnya, programmer pandai memilih bahasa pemrograman, pola desain, dan pola ekspresi logis yang cocok untuk mengimplementasikan solusi.

4. Pengalaman yang Mengubah Hidup

Pemrograman selalu memberi tantangan baru, yaitu pada saat harus mengambil risiko sewaktu-waktu. Itu juga mengajarkan proses menghadapi tantangan dalam hidup. 

Dunia ini penuh dengan perangkat lunak, aplikasi, dan situs web yang dibangun dari sebuah program. Saat kamu membangunnya sendiri, kamu akan merasa lebih percaya diri dan bertenaga. Seorang programmer mampu memecahkan masalah yang tidak memiliki solusi sebelum menjadi pengalaman yang mengubah hidup mereka.

Itulah beberapa alasan yang dapat memperkuat gerakmu untuk memulai belajar coding. Seperti yang disampaikan di atas, menjadi seorang programmer di era saat ini sangat dibutuhkan, hal ini karena teknologi dunia sangat cepat untuk berkembang. Ini saatnya kamu mulai belajar coding dan kuasai dunia teknologi menjadi bagian dalam hidupmu. Semangat!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.