belajar coding

Belajar Coding Mendekatkan 3 Sosok Ini dengan Mimpinya

Mimpi adalah salah satu hal tak terpisahkan dalam hidup manusia. Setiap dari kita tentu punya mimpi yang dapat diraih melalui berbagai cara. Ketiga sosok inspiratif yang akan diulas dalam artikel ini pun memiliki mimpinya masing-masing. Namun, ketiganya memiliki cara yang sama dalam menggapai mimpi-mimpinya. Mereka sama-sama belajar coding untuk bisa selangkah lebih dekat dengan tujuan yang ingin mereka capai.

#1 Muhammad Yusuf Aristyanto – Lulusan IDCamp yang Menghidupkan Mimpinya dengan Belajar Coding dan Mengajar

belajar coding idcamp x dicoding

Bagi Muhammad Yusuf Aristyanto (22), cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar. Developer muda satu ini merupakan lulusan Komputasi Statistik dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Badan Pusat Statistik (BPS). Selain bekerja secara purnawaktu di BPS sebagai Pranata Komputer, Yusuf kerap mengisi waktunya dengan berperan sebagai Technical Training Instructor di DQLab dan Seasonal Data Consultant di Data Bangalore. Baginya, belajar coding tidak hanya bisa tetap menghidupkan mimpinya, tetapi juga dapat bermanfaat dalam kehidupannya sehari-hari.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

“Ilmu programming seolah melingkupi kehidupan saya. Saat belajar pemrograman, kita akan dihadapkan dengan suatu masalah. Setelahnya, kita perlu menyusun kerangka penyelesaiannya, menyusun logika yang dipakai, lalu masalah tersebut bisa diselesaikan dengan bahasa pemrograman yang kita pakai. Pendekatan ini juga saya pakai untuk menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari yang saya hadapi.”

Keinginan untuk terus belajar dan memenuhi bagian portofolio di akun LinkedIn-nya melatarbelakangi semangat Yusuf dalam berproses bersama beasiswa IDCamp. Akhirnya, Yusuf berhasil lulus dan mendapatkan sertifikasi dari program ini. Cerita lengkap mengenai Yusuf ada di sini.

#2 Virza Misbakh Khoirudin – Lulusan AWS yang Mengakselerasi Mimpinya dengan Belajar Programming

belajar coding aws x dicoding

Virza Misbakh Khoirudin (26) adalah seorang lulusan jurusan Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta. Dunia programming sudah menarik perhatiannya sejak ia menempuh studi semester 5 di kampus. Virza merasa belajar programming adalah sesuatu yang amat diperlukan di masa sekarang.

“Saya menyadari, banyaknya bootcamp di bidang  IT itu karena lowongan kerja yang melimpah, tetapi sumber daya manusia yang dibutuhkan terbatas. Oleh karenanya, saya merasa bahwa hari ini belajar programming itu mutlak perlu.”

Virza yang bercita-cita untuk menjadi seorang System Analyst dalam waktu lima tahun, akhirnya dipertemukan dengan beasiswa AWS. Mimpi Virza pun terakselerasi dengan mendapatkan tawaran posisi dambaannya ini lebih cepat dari dugaannya. Baca cerita lengkap Virza dan semangat belajarnya di sini.

#3 Bintang Fathur Rahman – Lulusan Bangkit yang Menjadi Lead Game Programmer di Perusahaan Game Ternama

belajar coding bangkit x dicoding

Game telah menjadi bagian dari hidup Bintang Fathur Rahman (22) sejak kecil. Ia terbiasa ikut serta dalam berbagai kejuaraan game dan berperan sebagai seorang Game Designer. Bercita-cita agar suatu hari dapat menciptakan aplikasi game Android sendiri, Bintang memutuskan untuk belajar coding dengan mengikuti program Bangkit dan memilih alur belajar Mobile Development (Android).

Saat bergabung dengan Bangkit, Bintang merasa bahwa program edukasi satu ini layaknya quest dalam game yang harus ia taklukkan. Semangat belajar Bintang mengantarkannya pada karier yang menjanjikan selepas lulus dari Bangkit. Ia melamar ke sebuah perusahaan game ternama.

“Aku bilang kalau aku bisa bantu mengembangkan aplikasi Android kalau perusahaan memang butuh. Terus melihat portofolio gaming-ku dan keseriusanku dalam game selama dua tahun terakhir, aku langsung ditawari posisi sebagai Lead Game Programmer Intern di Agate International.”

Tak hanya sampai di sana. Setelah program magangnya di Agate International selesai, Bintang mendapatkan “golden ticket” yang membuatnya berkesempatan untuk menjadi karyawan purnawaktu setelah lulus kuliah nanti. Cerita lengkap mengenai prestasi cemerlang Bintang bisa dibaca di sini.

Melihat kesungguhan Yusuf, Virza, dan Bintang dalam belajar dan berproses, kita dapat menarik kesimpulan, bahwa mimpi besar dapat diwujudkan dengan sebuah langkah kecil. Jadi, apabila mimpimu adalah memiliki karier menjanjikan di dunia teknologi, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah belajar coding di Dicoding Indonesia.

 


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!