Komunitas Bahasa Pemrograman Terbesar Dari Tahun 2017 sampai 2021

Komunitas Bahasa Pemrograman Terbesar Dari Tahun 2017 sampai 2021

Tahukah kalian kalau ada banyak komunitas bahasa pemrograman aktif di seluruh dunia? Namun sebelum masuk ke pembahasan utamanya, mari kita ingat dulu apa itu bahasa pemrograman?

Apa itu bahasa pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah instruksi khusus untuk memerintah komputer. Dengan menggunakan bahasa ini seorang programmer dapat menentukan perintah dan data mana yang akan diolah, disimpan, dan disampaikan oleh komputer. Pemilihan bahasa pemrograman tergantung masing-masing orang. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari dan setiap bahasa pemrograman memiliki komunitas yang aktif. Kira-kira komunitas dari bahasa pemrograman yang kalian gunakan masuk ke dalam 5 peringkat komunitas terbesar tidak ya?

5 komunitas bahasa pemrograman terbesar

Berikut adalah 5 komunitas terbesar pada tahun 2017 sampai tahun 2021 menurut SlashData:

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

#5 C#Komunitas Bahasa Pemrograman C#

C# atau yang sering dibaca C Sharp adalah sebuah bahasa pemrograman yang modern, berorientasi objek dan bersifat type-safe. C# ini memiliki berbagai kegunaan, misalnya C# dapat digunakan untuk membangun aplikasi baik desktop maupun mobile, membuat aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) dan juga dapat digunakan untuk mengembangkan game.

Untuk komunitasnya sendiri, C# memiliki 6,5 juta developer aktif di awal tahun 2021. Komunitas C# ini sempat menurun. Pada akhir tahun 2017 sampai akhir 2019, komunitas C# menempati posisi ketiga, kemudian pada akhir tahun 2020 turun menjadi posisi keenam, dan pada tahun 2021 komunitas C# naik kembali menjadi posisi kelima.

#4 C/C++

Komunitas Bahasa Pemrograman C++

Selanjutnya ada C/C++. Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dibuat pada tahun 1972 untuk sistem operasi Unix. Sementara itu, C++ adalah bahasa pemrograman yang dibuat dari bahasa C. Kedua bahasa pemrograman ini biasanya digunakan dalam pengembangan Internet of Things (IoT).

Untuk komunitas bahasa pemrograman C/C++ ini memiliki 7,3 juta developer aktif di awal tahun 2021. Komunitas C/C++ ini relatif naik turun pada akhir tahun 2017 sampai akhir tahun 2019 dan stabil di posisi keempat pada awal tahun 2020 sampai awal 2021 saat ini.

#3 Java

Komunitas Bahasa Pemograman Java

Berikutnya ada Java. Bahasa pemrograman Java memiliki portabilitas yang tinggi sehingga membuat Java digemari oleh para developer. Hal itu juga yang membuat Java memiliki komunitas yang cukup besar, yakni sekitar 9,4 juta developer aktif yang tergabung dalam komunitas bahasa pemrograman Java. Di akhir tahun 2017, komunitas Java ini menempati posisi kedua, tetapi di tahun-tahun berikutnya kurang stabil, dan pada awal tahun 2021 komunitas bahasa Java hanya menempati posisi ketiga.

#2 Python

Komunitas Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman Python selalu menduduki peringkat 3 besar komunitas bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman Python banyak digunakan untuk komputasi ilmiah dan matematika, bahkan sering juga digunakan untuk proyek Artificial Intelligence. Python juga adalah bahasa pemrograman favorit di seluruh dunia karena teknologi-teknologi yang canggih dapat diciptakan dengan bahasa ini. Hal itu yang membuat Python memiliki komunitas yang besar.

Di akhir tahun 2017 komunitas bahasa pemrograman Python tidak terlalu besar. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah developer aktif yang tergabung dalam komunitas bahasa pemrograman Python sebanyak 10,1 juta developer pada awal tahun 2021. Dengan jumlah developer sebanyak itu, komunitas ini dapat menduduki posisi kedua dalam ranking komunitas bahasa pemrograman di seluruh dunia.

#1 JavaScript

Komunitas bahasa pemrograman Javascript

JavaScript merupakan bahasa yang umum digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas pada halaman web. JavaScript merupakan bahasa pemrograman jenis interpreter sehingga tidak diperlukan compiler untuk menjalankannya. Sebagai bahasa yang umum digunakan untuk web developer, HTML, CSS, dan JavaScript sering dijadikan syarat keahlian untuk profesi Front End Developer. Hal itu yang membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari JavaScript sehingga komunitas JavaScript menjadi populer di seluruh dunia. Di akhir tahun 2017 sampai awal tahun 2021 komunitas JavaScript menduduki peringkat pertama dengan jumlah developer aktif sebanyak 13,8 juta.

Kesimpulan

Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari dan tentunya setiap bahasa pemrograman memiliki komunitas yang aktif. Setiap bahasa pemrograman memiliki keunikan, kegunaan, dan fungsi masing-masing dalam penggunaannya. Selain itu, setiap bahasa pemrograman memiliki komunitasnya masing-masing yang dapat membantu kamu dalam mempelajari bahasa pemrograman tersebut.

Apakah kamu mempelajari salah satu bahasa pemrograman yang disebutkan di atas? Tenang, jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bahasa pemrograman di atas, kamu bisa mempelajarinya di Dicoding Indonesia. Di sana kamu bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman, seperti Python, Java, Bahasa C, JavaScript, dll.

Komunitas Bahasa Pemrograman Terbesar Dari Tahun 2017 sampai 2021 – end

Baca juga artikel pilihan berikut ini :

  1. Apa itu bahasa pemrograman JavaScript? Developer wajib tahu.
  2. Belajar Bahasa Pemrograman C Untuk Pemula
  3. 5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!