5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

Menjadi seorang programmer tentunya tidak lepas dengan istilah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman berperan penting agar sebuah komputer dapat berfungsi dengan baik. Sebab seluruh instrumen yang ada di dalamnya, tak kan lepas dari unsur tersebut.

Komputer pintar dan telepon pintar sesungguhnya disebut pintar karena peran dari seorang programmer yang memang berbakat dalam menyusun algoritma. Jika kamu masih baru dalam dunia programmer, gemarilah ilmu tersebut sebab dunia butuh kontribusimu dalam mengembangkan teknologi.

Dari sekian bahasa yang digunakan oleh programmer, terdapat 5 bahasa yang memiliki trending terbaik menurut banyak versi seperti StackOverflow, GeeksforgeeksHackernoon, dll. Yang menarik dari kelima bahasa pemrograman tersebut adalah mayoritas perusahaan tidak membutuhkan gelar sarjana untuk merekrut karyawan yang ahli di bidang ini. Skill mumpuni dengan dibuktikan portofolio yang baik sudah cukup bagi perusahaan untuk memilihmu.

Sebelum ke pembahasan utama, alangkah baiknya jika kamu mengetahui faktor pemilihan mengapa 5 bahasa ini terpilih menjadi yang terbaik. Alasan ini cukup membuktikan bahwa pemilihan ini memang tepat bagi kamu yang pemula. Terdapat 3 faktor dalam memilih bahasa terbaik antara lain :

  • Seberapa lama bagi pemula mempelajari bahasa pemrograman dari awal hingga mampu membuat aplikasi yang baik dan mendapat pekerjaan.
  • Banyaknya permintaan tenaga kerja yang ahli dalam bahasa tertentu dan gaji yang sepadan.
  • Produktivitas secara keseluruhan dalam mengelola bahasa memiliki biaya yang rendah.

Berikut 5 bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari di tahun 2021 berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis:

#5 Swift

Swift

Bahasa ini dikembangkan langsung oleh perusahaan Apple Inc. untuk mengembangkan produk khusus mereka sendiri seperti iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Swift merupakan bahasa yang sangat mudah dipahami oleh pemula. Sistem ini memberikan skalabilitas yang baik sehingga tingginya data yang digunakan tidak terlalu berdampak pada kinerja.

Saat ini persaingan antara Swift(iOS) dengan Java(Android OS) menjadikan kedua bahasa ini banyak digunakan oleh mobile developer. Dalam memberikan layanan yang baik untuk masyarakat, tentunya setiap mobile developer akan membuat dua aplikasi baik untuk iOS maupun untuk Android OS. Contohnya perusahaan GOJEK dalam menyentuh seluruh segmen pasar harus menyediakan aplikasi di kedua OS ini.

Melalui data yang diberikan Indeed.com, terdapat banyak permintaan tenaga iOS developer dari berbagai perusahaan dengangaji rata-rata 7 jutaan. Seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat Indonesia dan permintaan produk Apple yang tinggi, membuat bahasa ini mulai digandrungi berbagai perusahaan teknologi.

#4 Java

Java

Bahasa berikutnya adalah Java. Platform dengan portabilitas tinggi yang sangat serbaguna membuat Java digemari oleh aplikasi developer lokal hingga internasional. Bahasa ini berorientasi pada objek sehingga mudah dalam penggunaannya.

Bahasa ini sering digunakan untuk Android OS. Android sendiri banyak digunakan oleh merk smartphone sehingga developer apps sangat mudah menjual produknya.

Menurut data ter-update indeed.com, terdapat 65 responden dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yang memiliki rata-rata gaji 7,8 juta per bulan. Wow! Bahkan saat ini banyak informasi di berbagai platform lowongan kerja yang masih membutuhkan tenaga kerja sebagai Java Developer.

Ada beberapa program yang bisa kamu buat dengan menggunakan bahasa Java, seperti:

1. Android Apps

Bagi pengguna Android, sangat mudah untuk menemukan aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java. Sebab aplikasi yang ada di Play Store biasanya menggunakan bahasa Java atau Kotlin (alternatif dari bahasa Java). Selain itu, banyak programmer Java yang ditugaskan sebagai developer android apps.

2. Server Apps

Jasa keuangan dunia seperti Barclays, Standard Charted, dan bank lain menggunakan Java untuk menulis sistem perdagangan elektronik, sistem konfirmasi, pemrosesan data, dan lainnya. Sebagian besar, Java digunakan untuk aplikasi server mulai dari menerima, memproses, dan mengirim data ke tahap berikutnya.

3. Java Web Application

Java berperan besar dalam pembuatan aplikasi e-commerce dan web application space. Kamu bisa mendapatkan layanan RESTfull yang dibuat dengan framework seperti Spring MVC dan Struts 2.0. Aplikasi web pemerintah dan lembaga resmi banyak yang dibangun dengan Java.

4. Software Tools

Banyak sekali software dan development tools yang menggunakan Java seperti Eclipse, NetBeans IDE, dan IntelliJ Idea.

5. Trading Application

Aplikasi perdagangan pihak ketiga dan bagian dari industri jasa keuangan banyak menggunakan Java. Aplikasi perdagangan populer seperti Murex sebagai mitra bank untuk konektivitas antara bank dengan nasabah juga menggunakan Java.

6. Big Data Technologies

Teknologi big data seperti Hadoop, Hbase, Accumulo, dan Java Search menggunakan Java dalam pembuatannya. Meski begitu ia tidak terlalu mendominasi pasar karena adanya MongoDB yang dibuat dengan C++.

7. High-Frequency Trading Space

Saat ini, Java sendiri sering menjadi standar untuk pembuatan aplikasi ilmiah termasuk proses bahasa alami. Alasannya adalah Java lebih aman, portable, maintainable, dan memiliki tingkatan concurrency lebih tinggi dari bahasa lainnya.

#3 SQL

SQL

Biasa dikenal dengan Structured Query Language, SQL biasa digunakan untuk sistem database. Developer akan menggunakan bahasa SQL untuk perihal administrating, updating, maintaining, dan manipulating database atau tabel yang menggunakan bisnis decision-making.

Penggunaan SQL terbesar saat ini berada di lingkungan IT terbaru seperti sistem cloud-native, jaringan virtual, dan lainnya. Adapun perusahaan besar seperti IBM, Microsoft, dan Oracle menggunakan bahasa SQL.

Profesi yang menangani bahasa ini biasanya adalah Back-End Developer dan Full Stack Developer. Melalui berbagai platform tenaga kerja dan media sosial, banyak sekali lowongan kerja yang membutuhkan full stack developer dan back end developer dengan gaji yang bisa dibilang tinggi. Sebab seiring berkembangnya teknologi penanganan big data yang dilakukan secara efisien.

#2 JavaScript

JavaScript

Javascript merupakan bahasa yang umum digunakan sebagai bahasa script di sisi client. Ini menunjukkan bahwa kode JS ditulis ke dalam halaman HTML. Ketika pengguna request halaman HTML berunsur JS, script akan dikirim ke browser dan terserah browser untuk melakukan sesuatu dengannya.

Script JS yang ada di HTML membuat semua orang dapat melihat dan menyalin kode. Menurut saya, keterbukaan ini memberikan keuntungan bagi pembelajar atau pemula untuk melihat, belajar, dan menggunakan contoh JS apapun yang ada di WWW.

Sebagai bahasa yang digunakan untuk web developer, paket HTML, CSS, dan Javascript sering dijadikan syarat keahlian untuk profesi Front End Developer. Bagi pemula, sebelum mempelajari Javascript alangkah baiknya menguasai terlebih dahulu HTML dan CSS. Sebab urutan pembelajaran tersebut sudah menjadi kurikulum bagi berbagai lembaga pendidikan.

Adapun beberapa produk yang bisa kamu buat melalui Javascript seperti:

1. Games

Jika kamu tertarik dengan pengembangan game dengan internet, maka kamu perlu mengasah lebih dalam bahasa ini. Javascript mendukung pembuatan game berbasis browser, meski rumit tetap saja Javascript tidak kalah bagusnya dengan bahasa lain. Untuk memulainya, kamu bisa buat game sederhana versimu sendiri.

2. Mobile Apps

Meski sebagian besar pengembang aplikasi seluler dilakukan dengan menggunakan native (Swift – iOS dan Java – Android), kamu bisa membuat aplikasi dengan Javascript lo. Developer dapat membuat aplikasi berbagai OS dengan bahasa yang sama dengan bantuan framework seperti React Native dan Phonegap. Tampaknya bahasa ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk mobile apps developer di masa mendatang.

3. Web & Server Apps

Sebagai paket pembuatan aplikasi web, Javascript menciptakan banyak libraries dan framework baru khusus web developer untuk membangun banyak program back-end. Ini termasuk aplikasi web dan aplikasi server. Oleh karena itu, Javascript semakin dikenal sebagai bahasa yang powerfull seiring meningkatnya imajinasi developer.

#1 Python

Python

Bahasa yang selalu menduduki peringkat 5 besar bahasa pemrograman terbaik adalah Python. Alasan tersebut cukup menjelaskan bahwa bahasa ini menghasilkan produk terkenal seperti Youtube, Instagram, Wikipedia, Google, Yahoo!, Nasa, dan banyak lagi lainnya.

Bahasa ini biasa digunakan untuk komputasi ilmiah dan matematika, bahkan proyek Artificial Intelligence juga menggunakan bahasa Python. Proyek tersebut telah menghasilkan berbagai inovasi seperti komposer visual efek Nuke, pemodelan 3 dimensi, paket animasi, automation drive car, dan lainnya.

Sebagai pemula di dunia programming, kamu bisa saja mempelajari bahasa ini untuk bidang web, software, ataupun game. Isu AI yang sedang hangat seperti saat ini membuat bahasa Python sangat dibutuhkan dan memiliki prospek dalam dunia kerja. Kamu bisa memulainya dengan belajar secara otodidak. Tetapi untuk menjadi profesional dibutuhkan pendidikan berbiaya seperti kursus atau kuliah perguruan tinggi.

Python merupakan bahasa favorit di seluruh dunia karena teknologi besar dapat diciptakan dengan bahasa ini.

“Sebuah komputer mampu membuat anda menghasilkan banyak kesalahan dalam waktu lebih singkat. Disitulah pembelajaran yang tidak didapat oleh manusia dahulu”

(Mitch RadCliffe)

Kesimpulan

Banyak sekali teknologi berkembang saat ini yang bisa kamu ikuti. Semua orang berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi terdepan sehingga kamu perlu mengikutinya. Kamu bisa mulai dengan belajar di satu bahasa pemrograman yang disukai dan menguasainya secara profesional. Semua bahasa menurut saya prospektif tergantung dengan penggunaannya karena setiap bahasa memiliki titik fokus yang berbeda-beda.

Sekian artikel ini dibuat. Seperti yang sudah saya tekankan sebelumnya, pemilihan 5 bahasa pemrograman terbaik di atas berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis. Nah, jika ingin berdiskusi mengenai bahasa pemrograman terbaik menurutmu, silahkan komentar di bawah ya. Jangan lupa juga untuk share ke teman-temanmu.

Untuk menambah wawasan seputar bahasa pemrograman, silakan baca artikel terkait berikut ini:

  1. Sejarah Bahasa Pemrograman Dibuat
  2. 5 Style Guide Ketika Belajar Bahasa Pemrograman Python
  3. Cepat Menguasai Bahasa Pemrograman dengan Teknik Feynman
  4. Database Inspectore : Tools yang Memudahkan Mengelola Database

5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021 – karya Alfian Dharma Kusuma, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding