Cepat Menguasai Bahasa Pemrograman Dengan Teknik Feynman

Cepat Menguasai Bahasa Pemrograman Dengan Teknik Feynman

Cepat Menguasai Bahasa Pemrograman Dengan Teknik Feynman – karya Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Seorang programmer dituntut untuk beradaptasi sesuai dengan perkembangan dunia teknologi informasi. Terkadang jika seorang programmer sudah paham betul dan terbiasa akan bahasa pemrograman yang dia gunakan, untuk berpindah ke bahasa lain agak malas dan sulit. Seperti contohnya dahulu sistem operasi iOS menggunakan Objective-C sebagai bahasa pemrogramannya, kemudian Apple meresmikan untuk menggunakan Swift. Contoh lainnya baru-baru ini Google mengumumkan untuk memprioritaskan penggunaan Kotlin untuk mengembangkan Android, setelah bertahun-tahun fokus pada Java. Beralih belajar bahasa pemrograman satu ke yang lain bukanlah hal yang mudah. Agar lebih cepat menguasai bahasa pemrograman baru yang ingin kita pelajari, kita bisa menggunakan teknik belajar bahasa pemrograman dengan Teknik Feynman.

Richard Feynman merupakan seorang fisikawan Amerika yang menerima Nobel Fisika pada tahun 1965 berkat perluasan teori elektrodinamika kuantum miliknya. Selain dikenal karena kepintarannya di dunia fisika, dirinya juga dikenal pintar dalam mengajar. Konsep fisika yang rumit dapat Feynman terangkan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jadi teknik belajar ini dinamai Teknik Feynman karena menggunakan cara Richard Feynman mengajar yang berfokus pada empat poin penting berikut.

#1. Pilih Materi & Tulis Di Atas Kertas

Ketika ingin memulai belajar bahasa pemrograman dengan menggunakan Teknik Feynman, kamu harus tulis dulu bahasa apa yang kamu pelajari. Tulis di atas kertas yang akan menjadi catatanmu, lalu tentukan poin-poin apa saja yang kamu ingin pelajari. Misalnya kamu ingin belajar Kotlin, nah kamu tuliskan materi Kotlin apa saja yang akan kamu pelajari. Anggap ini sebuah to do list di mana jika kamu berhasil memahami yang satu kamu akan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

bahasa pemrograman dengan teknik feynman awali dengan menentukan materi

#2. Tuliskan Materi Lalu Ajarkan Ke Orang Lain Dengan Sederhana

Kamu gak bakal mengerti kalau cuma meng-copy-paste kode program atau mendengarkan tutorial dari orang lain. Kamu harus mencatat juga materinya agar lebih paham misalkan dalam bentuk kode. Kamu bisa menuliskan contoh penulisan sintaks bahasa pemrograman yang kamu pelajari. Kemudian kamu bisa praktekkan dengan mencoba menerangkan apa yang sudah kamu pelajari ke orang lain. Heeeeh orang lain? Ya! Metode ini merupakan penjabaran dari quote terkenal ‘If you can’t explain it simply, you don’t understand it well’. Jika kamu tidak memiliki teman, saudara, atau kerabat untuk diajarkan, coba latihan sendiri di depan cermin.

#3. Cari Bagian Yang Sulit Kamu Jabarkan

Setelah kamu mendengar dirimu menjelaskan, cari di mana penjelasan yang terlihat menjelimet atau susah kamu jabarkan. Ulangi lagi bagian tersebut dengan bahasa yang lebih mudah. Singkatnya coba jelaskan materi tersebut seperti mengajarkan ke anak sekolah dasar. Pelajari kembali bagian yang kamu rasa sulit kamu jelaskan, ulangi lagi menjelaskan tersebut sampai kamu merasa bagian itu sudah mudah untuk dimengerti orang awam.

ajarkan ke orang lain teknik feynman

#4. Ulangi Kembali Materi

Dibandingkan dengan hanya melihat, mendengar, dan menghafal, akan lebih mudah mengingat apa yang kamu pelajari dengan mengajarkan apa yang sedang kamu pelajari ke orang lain. Maka jangan heran guru-guru sekolah atau dosen yang populer bukan lah dosen yang ahli dan pintar di bidangnya, tetapi dia yang dapat menjelaskan materi dengan cara mudah ke anak-anak didiknya. Seorang tenaga pendidik pasti akan mengulang-ulang terus materi yang dia bawakan karena akan semakin paham lah dia dengan materi yang dia ajarkan.

Metode belajar ini, ditekankan kepada yang mau benar-benar memahami apa yang sedang dia pelajari dengan sungguh-sungguh. Kalau orang yang setengah-setengah pasti akan malas mereview dan mencoba menerangkan apa yang dia pelajari.

Cepat Menguasai Bahasa Pemrograman Dengan Feynman Teknik

end

Artikel ini ditulis oleh Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding
“Kamu bisa coba mengajarkan apa yang kamu pelajari di Dicoding ke orang lain juga, biar makin paham”

Kamu bisa belajar pemrograman dari dasar dengan mengklik link ini https://www.dicoding.com/academies/list

Pelatihan Dicoding udah sampai ASEAN lho, yuk simak beritanya  https://www.dicoding.com/blog/kontribusi-dicoding-untuk-indonesia-dan-asean/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding