Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Jurusan Teknik Informatika

Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Jurusan Teknik Informatika

Hayo, siapa yang sudah mengetahui jurusan Teknik Informatika? Nah, mungkin sebagian dari kamu hanya pernah membaca atau mendengarnya saja, tanpa mencari tahu lebih dalam. Apakah kamu membaca artikel ini karena ingin tahu lebih lanjut soal Teknik Informatika? Kalau iya, selamat! Kamu berada dalam artikel yang tepat.

Perlu kamu ketahui bahwa Teknik Informatika adalah jurusan dengan prospek yang luas. Kamu bisa bekerja menjadi DevOps engineer, software engineer, web developer, dan banyak lagi, lo; apalagi saat ini permintaan untuk pekerjaan pada bidang teknologi cukup besar.

Nah, bagi kamu yang sudah tidak sabar mengetahui jurusan Teknik Informatika lebih dalam, mari kita simak artikel berikut!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

 

Pengertian dan Tujuan

Sebelum mengenali jurusan ini lebih jauh, tentu kita harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Sebagaimana namanya, Teknik Informatika tentu berkaitan erat dengan teknologi informasi. 

Oleh sebab itu, kita bisa mulai dari mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu. Singkatnya, teknologi informasi adalah cara-cara untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi. Dalam arti yang lebih spesifik, teknologi informasi mencakup cara-cara pengolahan data yang berguna untuk pemrosesan informasi (Adiputra, 2020: 5).

Secara harfiah, informatika adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang informasi. Dalam KBBI, informatika mencakup tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam. 

Adapun arti teknik menurut KBBI beragam, mulai dari pengetahuan dan kepandaian dalam membuat sesuatu yang berkenaan dengan industri; cara membuat atau melakukan sesuatu terkait seni; serta metode atau sistem mengerjakan sesuatu.

Jadi, apabila digabungkan, jurusan Teknik Informatika adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari hal-hal berkaitan dengan penerapan teknologi informasi dalam industri, termasuk segala proses pengolahan data yang diperlukan di dalamnya.

Dari pengertian tersebut, tentu kamu bisa membayangkan tujuan dari belajar dalam bidang Teknik Informatika, bukan? Tujuan belajar dalam jurusan tersebut adalah untuk memiliki keterampilan dalam sistem pemrosesan data yang tentunya sangat berguna terhadap penyebaran informasi. 

Dengan catatan penyebaran informasi pada era sekarang lebih banyak disebarkan melalui internet menggunakan perangkat komputer dan juga teknologi mobile, seperti smartphone dan tablet.

Hal yang Dipelajari

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari jurusan tersebut, kamu mungkin tertarik dan bertanya-tanya, “Lalu, apa saja yang akan dipelajari secara lebih spesifik?” Perlu kamu catat bahwa setiap universitas memiliki kurikulum yang berbeda-beda untuk jurusan ini. Namun, rata-rata jurusan Teknik Informatika akan mempelajari hal berikut.

Algoritma

Jika kamu rutin membaca tentang teknologi atau pemrograman, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Singkatnya, algoritma adalah urutan logis dalam memecahkan suatu masalah.

Algoritma adalah sebuah fondasi sebelum mempelajari pemrograman, yang tentunya akan sangat penting juga dalam komputasi. Untuk memahami algoritma secara mendalam, kamu seringkali perlu pemahaman matematika yang cukup kuat. 

Pemrograman

Siapa yang ingin masuk Teknik Informatika karena bercita-cita membuat program? Selamat, kamu berada di jalan yang tepat. Dalam jurusan ini nantinya akan membahas banyak hal terkait pemrograman, mulai dari sistem bilangan biner hingga bahasa pemrograman.

Lebih lanjutnya, kamu akan belajar berbagai paradigma pemrograman, seperti pemrograman fungsional dan pemrograman berorientasi objek. Umumnya penerapan atau praktik pemrograman juga dipelajari, contohnya membangun atau mengembangkan web.

Data dan Teknologi Basis Data

Data adalah sebuah komponen penting dalam informatika. Oleh sebab itu, kamu pasti akan mempelajari berbagai hal tentang basis data sebagai tempat pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan data.

Nah, selain pemahaman tentang data dan basis data, biasanya kamu tidak hanya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengannya saja. Lebih luas, kamu juga akan mempelajari tentang komputasi awan (cloud computing), bahkan juga sains data, seperti data mining dan grafika untuk memvisualisasi data.

Rekayasa Perangkat Lunak

Komputer dibangun dengan dua bagian utama, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Dua hal tersebut saling bergantung. Perangkat keras tidak akan berguna tanpa perangkat lunak. Sebaliknya, perangkat lunak takkan bisa beroperasi tanpa perangkat keras.

Oleh sebab itu, kamu akan mempelajari keduanya dalam jurusan Teknik Informatika. Namun, perangkat lunak akan lebih banyak dibahas. Nantinya, kamu akan mengetahui berbagai proses untuk membangun perangkat lunak, mulai dari pembuatan hingga pemeliharaannya.

Pembelajaran Mesin

Asing dengan istilah ini? Bagaimana dengan istilah machine learning? Apakah sudah terdengar lebih sering di telingamu? Secara umum, pembelajaran mesin adalah sebuah cabang bidang ilmu untuk mengembangkan mesin agar bisa belajar mandiri untuk memproses informasi.

Terdengar canggih, bukan? Bayangkan sebuah mesin dapat memahami hal-hal yang kamu ajarkan dengan berbagai perintah-perintah tertentu. Ini tentu sangat berguna dalam bidang informatika, yakni membuat keputusan dengan cepat berdasarkan data dalam penerapan teknologi informasi.

Kecerdasan Buatan

Hal ini berkaitan erat dengan cabang bidang ilmu sebelumnya. Ketika kamu sudah bisa membuat berbagai instruksi pada mesin untuk dipelajari, selanjutnya adalah membuat mesin memiliki tingkat kecerdasan yang bisa menyamai manusia.

Kecerdasan buatan sangat diperlukan agar alat-alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia dapat diciptakan lebih banyak dan tentunya lebih efisien.

Jaringan Komputer

Salah satu hal yang umum dipelajari dalam jurusan Teknik Informatika adalah jaringan komputer. Bagaimana komputer yang kamu miliki dapat terhubung dengan internet? Itulah salah satu pertanyaan dasar yang bisa terjawab saat kamu mempelajari jaringan komputer.

Ini tentu sangat berguna dalam penyebaran informasi. Sebuah perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya dan saling bertukar data yang diperlukan. Jika kamu tidak mempelajari konsep ini, tentu sulit membayangkan cara perangkat bisa saling terkoneksi.

Prospek Karier

Bagian ini mungkin menjadi hal yang paling kamu nantikan dari artikel ini. Lalu, dengan mempelajari itu semua, bagaimana prospek karier dari jurusan ini? Yuk, kita simak beberapa peluangnya sebagai berikut.

Sekadar catatan, kami akan mencantumkan dua sumber dalam penyampaian data ini, yakni Glassdoor per Oktober 2023 dan survei yang diadakan oleh akun media sosial @HRDBacot pada tahun 2022. Cakupan data Glassdoor yang kami gunakan berlaku di Indonesia, sedangkan pada HRD Bacot, kami mengambil data daerah DKI Jakarta.

Adapun kami mencantumkan data Glassdoor pada 0–1 tahun pengalaman, sedangkan data HRD Bacot yang digunakan adalah pada level staf. Kedua data tersebut sama-sama berdasarkan pendapatan per bulan. Namun, data pada Glassdoor yang dicantumkan pada artikel ini termasuk tunjangan (additional pay).

Web Developer

Ketika berselancar di internet, kita tidak akan lepas dari web. Web sangat penting sebagai salah satu wadah informasi di dunia maya. Oleh sebab itu, kehadiran pengembang web (web developer) sangat penting.

Dilansir dari Glassdoor, rentang gaji web developer mulai dari 8 hingga 26 juta rupiah. Sementara menurut HRDBacot, angkanya berada pada 5 hingga 22 juta rupiah. Angka yang cukup fantastis, ya?

Android Developer

Nah, zaman sekarang kita tidak lepas dari smartphone. Berdasarkan data dari MarketSplash, pangsa pasar Android berada pada angka 71,74%, lebih banyak daripada iOS yang hanya 27,63%.

Menurut Glassdoor, gaji seorang developer Android berada pada rentang angka 11 hingga 23 juta rupiah. HRDBacot juga mencantumkan rentang gaji pengembang Android, yakni antara 5 hingga 15 juta rupiah.

IT Support

Untuk kamu yang senang menjadi seorang generalis, pilihan kerja sebagai seorang IT support cukup tepat. Umumnya, IT support akan bertanggung jawab terhadap pemantauan dan pemeliharaan berbagai sistem di perusahaan, mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, hingga jaringan.

Glassdoor mengungkap rentang gaji IT support sebesar 7 hingga 41 juta rupiah. Angka itu sebanding dengan tanggung jawab yang telah diungkapkan sebelumnya, ya, tentunya. Selain itu, HRDBacot mencatat rentang angka sebesar 4,3 hingga 10,2 juta rupiah.

Network Engineer

Siapa yang jatuh hati ketika mempelajari jaringan? Nah, untuk kamu yang merasakannya, pekerjaan network engineer dapat menjadi opsi utama untuk dikejar. Nantinya, network engineer akan bertanggung jawab pada perancangan, pemeliharaan, serta perbaikan jaringan komputer atau telekomunikasi di sebuah perusahaan.

Rentang gaji seorang network engineer menurut Glassdoor adalah berada pada angka 10 hingga 36 juta rupiah, sedangkan HRDBacot mencantumkan angka sebanyak 4,9 hingga 38 juta rupiah.

Software Engineer

Pekerjaan yang satu ini pasti cocok untuk kamu yang senang mengulik perangkat lunak. Tugas dari software engineer akan mencakup seluruh proses dalam pengembangan atau rekayasa perangkat lunak, mulai dari rancangan, hingga evaluasi.

Untuk rentang gaji, Glassdoor mencatat angka sebesar 13 hingga 31 juta rupiah bagi seorang software engineer. Sementara itu, HRD Bacot menulis angka sejumlah 5 hingga 43,7 juta rupiah.

 

Nah, akhirnya kita sampai di ujung artikel ini. Bagaimana dengan minatmu terhadap jurusan Teknik Informatika sejauh ini? Semoga dengan membaca artikel ini, pandanganmu terhadap jurusan ini bertambah dan dapat menjadi pertimbangan, ya.

Sekadar tambahan, kami telah menulis beberapa artikel untuk kamu baca terkait bidang informatika yang bisa memperluas wawasanmu.

Kamu juga tentunya dapat belajar di Dicoding untuk mempersiapkan kariermu dalam bidang Teknik Informatika. Ada beberapa alur belajar yang kamu bisa pilih melalui tautan berikut. Pilihlah yang sesuai dengan minatmu, ya.

Sampai jumpa dalam artikel berikutnya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.