Apa itu Programmer Hal Hal Yang Wajib Dikuasai

Apa Itu Programmer? Hal-Hal Yang Wajib Dikuasai

Halo teman-teman!

Perkembangan teknologi dapat membuka lapak kerja bagi seseorang. Terutama di era digital zaman now saat ini. Banyak startup yang membutuhkan pekerjaan untuk membuat dan mengembangkan suatu teknologi. Satu di antaranya adalah profesi programmer. 

Programmer merupakan profesi yang diminati oleh kalangan muda saat ini. Di samping itu, profesi ini dianggap mempunyai prospek masa depan. Kata “keren” dan “gaji besar” sering dilontarkan kepada programmer. Hal tersebut tentu sangat menarik perhatian, khususnya bagi kamu yang ingin mencicipi manisnya menjadi seorang programmer yang handal.

Lalu, apa itu programmer? Hal-hal apa saja yang wajib dikuasai oleh programmer? Ok, kita akan membahas mengenai programmer, Yuk simak bersama-sama.

Mengenal Apa Itu Programmer?

back end developer

Mari kita berkenalan dengan profesi yang satu ini. Sebelumnya kamu pernah dengar apa dan seperti apa programmer itu? Jika belum, perhatikan pengertian di bawah ini ya.

Programmer adalah sebuah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Seseorang yang memiliki skill menulis kode program (syntax) dan merancang sistem, bisa juga disebut programmer. Kode atau bahasa program yang dimaksud seperti Java, Python, Javascript, PHP, dll.

Sistem yang sering kamu gunakan sehari-hari, seperti web, aplikasi Android, sistem operasi (Windows, Linux, iOS) dll, itu semua dibuat dengan bahasa pemrograman yang disusun oleh para programmer. 

Tugas Seorang Programmer

work

Dari pengertian diatas kamu sudah dapat menyimpulkan. Bahwa programmer bertugas untuk membuat sistem aplikasi atau bahkan mengembangkan aplikasi. Tugas programmer meliputi:

  • Menganalisis kebutuhan.
  • Merancang dan memodelkan sistem seperti UML, flowchart, ERD dll.
  • Menulis kode program (HTML, CSS, Javascript dll).
  • Men-debugging program.
  • Menguji atau testing program.

Jenis-jenis Programmer yang Umum

type programmer

Apakah kamu sudah tahu jenis-jenis programmer? Meskipun programmer identik dengan program perkomputeran, namun pada kenyataannya profesi ini banyak jenisnya lho. Jika kamu ingin menjadi programmer, fokuslah pada jalur programmer yang kamu minati. Agar apa? Agar kamu tahu arah pekerjaannya, serta hasil yang didapat.

Berikut ini merupakan berbagai jalur programmer yang bisa Anda pilih:

1. Programmer Web

Jenis yang satu ini sudah umum kamu dengar. Programmer web sangat diminati oleh perusahaan atau startup. Sebab, hampir semua perusahaan mempunyai web. Tidak sembarang orang dapat mengelola sebuah web karena dibutuhkan tenaga ahli seperti programmer agar menjamin mutu kualitas web tersebut.

Tugas utama web programmer adalah berfokus mengembangkan situs internet dan website, seperti pembuatan website toko online, sosmed, layanan service, dsb. Seorang web programmer juga dapat mengoperasikan database pada sebuah website. 

2. Programmer Aplikasi

Programmer aplikasi adalah programmer pembuat aplikasi pada komputer maupun smartphone. Contohnya aplikasi yang terinstal di desktop mu, seperti antivirus, browser, tools-tools, dll. Ada juga di smartphone milikmu, seperti aplikasi (Android/ iOS), game, sosmed yang biasa kamu unduh di Playstore maupun Appstore.

Prospek jenis programmer yang satu ini cukup menjanjikan. Pasalnya, hampir semua orang mempunyai smartphone. Inilah alasan utama kenapa orang berlomba-lomba ingin menjadi programmer Android atau sebagainya.

3. Programmer Embedded System

Pekerjaan programmer embedded system adalah menulis source code sistem untuk mengontrol peralatan rumah/elektronik. Sistem tertanam digunakan dalam berbagai macam benda yang berada di dekat Anda seperti ponsel, kamera digital, remote control, mesin cuci, dll.

Baca juga artikel  Apa itu Full Stack Developer? Keahlian-keahlian yang harus dikuasai

Hal-Hal yang Wajib Dikuasai oleh Seorang Programmer

wireframe

Hal-hal apa saja yang wajib dikuasai oleh seorang programmer? Nah, ini lah beberapa hal atau keterampilan seorang programmer diantaranya sebagai berikut ini:

  • Menguasai Algoritma

    Dalam membuat sebuah aplikasi, programmer harus memikirkan metode yang sesuai untuk pemrosesan sistem. Kenapa algoritma begitu penting sih? Sebab, dengan algoritma kamu dapat memecahkan suatu masalah. Kamu mesti tau fungsi, perulangan, bahkan tipe data seperti array dan lainnya. Oleh karena itu, algoritma adalah kunci utama seorang programmer.

  • Mempunyai Keterampilan Membaca Kode

    Kamu harus pandai membaca dan memahami proyek-proyek open source yang ada di Sourceforge atau GitHub. Terkadang programmer lupa akan hal yang satu ini. Padahal ini penting lho. Coba pahami cara kerjanya serta temukan polanya. Di situlah terdapat sesuatu ide yang bisa kamu terapkan dalam proyek.

  • Menguasai Satu Atau Lebih Bahasa Pemrograman.

    Programmer wajib menguasai bahasa pemrograman. Ada 2 pilihan bagi programmer, yaitu menguasai satu bahasa atau lebih. Jika kamu menguasai satu bahasa pemrograman jadilah spesialisnya. Namun zaman now dapat dikatakan bahwa teknologi semakin berkembang, akan lebih baik kamu menguasai multi-bahasa. Tentunya kamu harus jadi spesialis di antara satunya ya. Analoginya seperti dokter umum dan dokter spesialis, pasti tahu kan bedanya?

    Memang mempelajari banyak bahasa akan membuatmu dapat bekerja pada banyak bahasa. Serta membuat kamu paham perbedaan dari setiap bahasa pemrograman. Tapi kamu harus punya spesialis 1 bahasa terlebih dahulu sebelum mencoba yang lain.

  • Menguasai OOP (Object Oriented Programming) 

    Kenapa kamu  harus belajar OOP? Dengan menguasai OOP, akan membuat kode program menjadi lebih terstruktur dan mudah dibaca. Bayangkan jika menulisnya dengan satu script besar atau prosedural. Wah, pasti akan repot ya.

    Jika kamu ingin menguasai web framework, maka kamu dapat menulis suatu library sendiri. Dan itu perlu menguasai dulu OOP dan Design Pattern. 

    Walaupun OOP itu penting, pada kenyataanya tidak harus diterapkan di semua bahasa pemrograman. Terkadang ada beberapa bahasa pemrograman fungsional tidak memerlukan konsep OOP.

  • Menguasai Jaringan Komputer

    Kamu wajib menguasai setidaknya dasar-dasar jaringan komputer. Seperti apa tuh? Seperti konfigurasi ip address, subnetting, dan client server. Mungkin bagi kamu agak sedikit malas untuk mempelajari TCP/IP dan OSI. Namun, agar lebih cakep lagi jika kamu mampu menguasainya. Hal tersebut penting sebelum kamu masuk ke dunia internet dan cloud computing.

    Memang tidak semua aplikasi yang dibangun harus terhubung ke internet. Namun kamu harus berperan ganda sebagai network engineering. Kenapa? Karena kamu mesti tahu seluk beluk cara menghubungkan aplikasi ke jaringan, baik itu lokal maupun internet.

    Berbagai protokol internet mesti kamu ketahui yakni HTTP, HTTPS, TELNET, FTP, SMTP, SOAP, Oauth, Websocket, dll.

  • Desain Layout Aplikasi dan Database

    Apa perlu jago desain juga? Sebenarnya pekerjaan ini bisa dikerjakan oleh desainer atau front end. Sebagai programmer yang handal, kamu harus menguasai keduanya. Yaitu antara desain dan logika. Tidak hanya tentang coding saja ya. Ada kalanya kamu terjun ke dunia desain karena layout aplikasi mampu menentukan mungkin tidaknya sistem dapat berjalan.

    Kamu dapat menggunakan UML, DFD, flowchart, Lo-fi, dan UI UX untuk mempresentasikan ide-idemu sebelum diolah menjadi kode program.

    Selain itu, kamu wajib menguasai database. Sebab, data-data di dalam aplikasi haruslah disimpan ke dalam database. Kamu harus mempelajari relasi setiap tabel database. Mau tidak mau harus mengerti tentang ERD (Entity Relationship Diagram).

  • Kuasailah Bahasa Inggris

    Jangan lupa, kamu juga harus belajar bahasa Inggris. Sebab, hampir semua bahasa program dirancang menggunakan bahasa Inggris. Seperti perulangan menggunakan if, else, then, dll. Instruksi tersebut wajib dikuasai oleh programmer. Kamu tak perlu khawatir, zaman now banyak sekali pembelajaran coding menggunakan bahasa Inggris. Baik itu gratis maupun berbayar. Rugi jika tidak kamu manfaatkan.

    Kenapa kamu perlu bisa berbahasa Inggris? Iya karena eh karena, bahasa inggris adalah bahasa internasional. Bahasa merupakan soft skill yang akan kamu pakai di kemudian hari. Bahasa itu bagaikan jembatan komunikasi dengan klien. Mulailah belajar berbahasa Inggris, minimal kamu paham tingkat pasif dari bahasa itu sendiri.

  • Menguasai Sistem Operasi dan Aplikasi Lainnya

    Sistem operasi sangat menentukan penggunanya. Menentukan seperti apa? Sistem operasi ibaratkan senjata programmer karena berguna untuk menentukan bahasa pemrograman yang akan kamu pakai. Misal Windows, maka bahasa yang sangat berpotensi adalah C#, ASP.NET, SQL Server, dan Azure. 

    Sedangkan untuk iOS, kemu perlu memulai dengan memasang Xcode dan menggunakan bahasa Swift.

    Intinya, tentukan kamu ingin membuat aplikasi untuk siapa. Lalu gunakanlah tools seperti teks editor yang menurut kamu enak dipakai.

  • Menguasai Source Management

    Git, Mercurial, dan Svn merupakan contoh tools yang dapat memudahkanmu dalam mengelola source code. Masih suka menyimpan perubahan kode menggunakan flashdisk? Mulai saat ini gunakanlah source code management.

    Itu akan mempermudahmu ketika bekerja dengan tim. Tak perlu repot, jika dibandingkan dengan flashdisk. Flashdisk rentan hilang, virus, terformat, dan harus colok ke laptop sana sini lah hehe. Dengan adanya source management, kamu dapat melihat kesalahan kode, perubahan yang telah dibuat, melakukan rollback, dan bila perlu juga dapat menambahkan  komentar. Selagi ada koneksi internet data tetap aman dan mudah diakses oleh anggota tim kapan dan di mana saja.

    Beberapa source code management yang sering digunakan, terkenal, dan gratis ialah BitBucket, GitHub, dan GitLab.

Baik, teman-teman. Itulah beberapa hal yang wajib dikuasai oleh seorang programmer. Tentunya masih banyak yang harus dipelajari dan dikuasai seperti package manager, unit testing, code review, dll. Adapun soft skill yang perlu kamu asah adalah skill berbicara, presentasi, dan bergaul dengan banyak teman programmer lain.

Jika kamu mantap ingin menjadi seorang programmer, alangkah baiknya kamu mengikuti beberapa kelas dari Dicoding https://www.dicoding.com/academies/list. Makin komplit deh pokoknya jalan ninjamu menjadi seorang programmer

Simak juga beberapa artikel diantaranya:

  1. Programmer Atau Pro Gamer, Kamu Team Mana?
  2. 3 Tips dari Anak Desa: agar dapat Tawaran Kerja di Unicorn saat Masih Kuliah 
  3. Algoritma Dulu Ngoding Kemudian, Programmer Jangan Grasa Grusu
  4. 5 Contoh CV yang Menarik dan Kreatif untuk Developer

Biar makin semangat belajar, simak quotes berikut ini nih.

“Jika kamu tidak membangun mimpimu sendiri, maka seseorang akan mempekerjakan kamu untuk membangun mimpi mereka.” 

(Bill Gates)

Gimana? Bangun mimpimu sekarang ya. Jika kamu masih bingun, jangan lupa tinggalkan komentar ya! 😀

Apa Itu Programmer? Hal-Hal Yang Wajib Dikuasai– karya Rendi Juliarto, Intern junior Content Writer di Dicoding


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.