Dicoding Bangun Negeri, untuk Transformasi Developer Indonesia

Dicoding Bangun Negeri, untuk Transformasi Developer Indonesia

Kini semua bangsa bergerak menuju transformasi dunia digital yang bertumpu pada inovasi teknologi di semua sendi kehidupan. Oleh karena itu, Dicoding yakin pendidikan teknologi merupakan fondasi bangsa yang utama agar menjadi yang terdepan dalam menghadapi transformasi dunia digital.

Hal ini didukung berdasarkan data dari riset World Bank, bahwa untuk mendukung transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi. Indonesia membutuhkan 9 juta atau setidaknya 600 ribu talenta digital setiap tahunnya.

Oleh karena itu, sejak tahun 2015 Dicoding hadir sebagai platform pendidikan teknologi yang konsisten membantu menghasilkan talenta digital berstandar global. Demi mendorong transformasi Indonesia agar menjadi yang terdepan. Salah satu bentuknya Dicoding wujudkan dalam program Dicoding Bangun Negeri.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa Itu Dicoding Bangun Negeri

Dicoding Bangun Negeri sebagai program pendukung transformasi digital Indonesia

Dicoding Bangun Negeri merupakan sebuah program CSR yang diinisiasi oleh Dicoding guna meningkatkan kompetensi dan kualitas talenta digital di Indonesia.

Program ini didesain untuk memberikan kesempatan kepada individu dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan mendapatkan materi berstandar industri global di bidang teknologi, yang tentunya krusial dalam era globalisasi dan revolusi industri 4.0.

Kali ini, Dicoding hadirkan secara mandiri beragam program beasiswa hingga pembelajaran intensif melalui program Dicoding Bootcamp. Tujuan akhirnya, Dicoding ingin terus terlibat dalam transformasi generasi muda yang kompetitif, berintegritas, dan memiliki kompetensi akademik dan non-akademik yang kuat, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dunia kerja yang kompleks.

Dicoding Bangun Negeri adalah langkah tepat bagi mereka yang ingin mengakselerasi diri ke bidang teknologi digital sehingga dapat menjadi tenaga kerja kompeten dan berkontribusi dalam kemajuan teknologi. Kini saatnya kamu bergabung dan pilih program yang sesuai dengan latar belakangmu.

Pilihan Program

Pada program Dicoding Bangun Negeri, tersedia 3 pilihan program yang bisa kamu pilih, mulai dari Dicoding Bootcamp hingga beasiswa Dicoding for University dan Dicoding for School.

Dicoding Bootcamp

Dicoding Bootcamp

Dicoding Bootcamp Batch 1

Ini adalah program intensive learning, yaitu peserta harus mengimplementasikan materi yang diperolehnya secara langsung melalui project dan tugas-tugas untuk menyelesaikan setiap materinya.

Materi diberikan secara asynchronous dan juga akan di-review setiap interval waktu tertentu oleh para expert. Selain project dan tugas, pemberian materi juga akan dilengkapi dengan kuis dan atau ujian pilihan ganda untuk mengukur pemahaman peserta.

Program ini akan ditutup dengan project akhir, yakni peserta akan bekerja dalam kelompok dan mengembangkan solusi atas studi kasus yang diberikan, mulai dari masalah yang terjadi dalam masyarakat hingga industri. Project tersebut dapat memberikan gambaran penuh tentang berkarier dalam bidang IT.

Program Dicoding Bootcamp ini terbuka bagi semua kalangan. Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian menjadi talenta digital lewat program intensive ini, segera daftarkan diri kamu pada halaman berikut.

Dicoding for University

Dicoding for University untuk Transformasi Talenta Digital Indonesia

Dicoding for University Batch 1

Program beasiswa ini ditujukan kepada Mahasiswa/i Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas dan dapat berkontribusi maksimal di Industri IT melalui beasiswa kelas-kelas favorit Dicoding.

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah online learning. Dalam program ini, peserta akan mempelajari beragam materi yang relevan dengan industri secara self-paced learning.

Program Dicoding for University ini tidak dipungut biaya apa pun, jadi jika kamu adalah seorang mahasiswa/i aktif, silakan daftar segera pada halaman berikut ini.

Dicoding for School

Dicoding for School untuk transformasi digital Siswa Indonesia

Dicoding for School Batch 1

Program beasiswa ini ditujukan kepada siswa-siswi SMA/K Indonesia untuk meningkatkan literasi digital khususnya bidang pemrograman, guna menjadi calon talenta digital andal di masa depan.

Dalam program ini, peserta akan mempelajari beragam materi yang relevan dengan industri secara self-paced learning. Pembelajaran juga akan berlangsung dengan dukungan fitur Forum Diskusi di setiap kelas.

Program Dicoding for School ini juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis lho, jadi jika kamu adalah seorang siswa-siswi SMA/K aktif, silakan daftarkan dirimu pada halaman berikut ini.

Kenapa harus ikut Dicoding Bangun Negeri?

Beasiswa tanpa Biaya Apa pun

Pada program Dicoding for University dan Dicoding for School, kamu bisa ikut kelas-kelas yang disediakan secara gratis, syaratnya hanya kamu wajib merupakan seorang siswa-siswi SMA sederajat yang aktif, atau seorang mahasiswa/i aktif di perguruan tinggi manapun di Indonesia.

Untuk kamu yang bukan seorang siswa/i atau mahasiswa/i, kamu bisa mengikuti program Dicoding Bootcamp. Untuk program ini tidak gratis, tetapi ada beasiswa dan potongan biaya hingga jutaan rupiah dari Dicoding Bangun Negeri.

Pentingnya Sertifikat Kompetensi

Salah satu hal penting untuk membangun karier sebagai developer profesional adalah dengan memiliki portofolio developer. Semakin tinggi kualitas dan kuantitas karya dalam portofoliomu, semakin besar kesempatanmu berkarier di berbagai perusahaan.

Nah, untuk membangun portofolio yang baik, kamu wajib memiliki beragam sertifikat sebagai validasi skill yang kamu kuasai. Dengan mengikuti kelas-kelas yang tersedia di program Dicoding Bangun Negeri, kamu akan mendapatkan sertifikat kompetensi jika berhasil menyelesaikan kelas.

Mendapatkan Kesempatan Kerja

Jika kamu mengikuti program Dicoding Bootcamp dan berhasil menyelesaikan program hingga akhir, kamu akan berkesempatan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan melalui mitra Dicoding.

Itulah beberapa pilihan program yang dapat kamu pilih sesuai dengan latar belakang dan alasan mengapa kamu harus mencoba ikut. Yuk, bangun generasi masa depan bersama Dicoding Bangun Negeri!

Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan sampaikan dengan mengirimkan email ke
DBN@dicoding.com


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.