Bangun Generasi Digital Masa Depan Bersama Dicoding Bootcamp

Bangun Generasi Digital Masa Depan Bersama Dicoding Bootcamp

Pada era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, kebutuhan talenta teknologi selalu mengemuka dan menjadi topik bahasan hangat. Tentunya, program pelatihan menjadi semakin penting bagi individu yang ingin sukses dan berdaya saing di dunia industri teknologi.

ILO, dalam laporannya di tahun 2020 sudah menegaskan tentang kebutuhan, talent-gap, dan skill-gap di berbagai negara—termasuk Indonesia, dalam sektor IT. Hal ini diperkuat kembali dalam diskusi tahun 2022 tentang langkah-langkah yang perlu diambil Indonesia segera.

Perspektif ini tidak hanya tergambar dari berbagai riset, tetapi juga dari keinginan Pemerintah Indonesia untuk mengurangi defisit 9 juta talenta hingga tahun 2025 dan memastikan sebanyak mungkin talenta digital tercipta melalui berbagai program. Kebutuhan pelatihan intensif inilah yang mendorong Dicoding untuk membuka program pelatihan intensif Dicoding Bootcamp.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Tentang Dicoding Bootcamp

Dicoding Bootcamp adalah sebuah program pelatihan intensif yang didesain Dicoding dari pengalaman mengelola ratusan pelatihan, ratusan ribu peserta, dan menggabungkan aspek-aspek yang menunjang efektifitas pelatihan dalam memenuhi kebutuhan industri dan menciptakan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang teknologi. Program ini membantu individu mengisi kesenjangan keterampilan dan mempersiapkan masa depan di industri teknologi digital.

Pelatihan ini didesain dengan tujuan memberikan kompetensi dan pengetahuan yang relevan dalam teknologi. Kurikulum Dicoding yang komprehensif, terstruktur, dan terkini, dilengkapi dengan tugas praktis untuk meningkatkan pemahaman peserta. Dukungan mentor ahli yang memiliki pengalaman industri yang luas akan memandu peserta dan memberikan wawasan praktis serta pemecahan masalah yang relevan. Selain itu, peserta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi melalui proyek tim, diskusi, dan kegiatan kelompok, mengasah kemampuan kerja tim, komunikasi, dan kemampuan dalam memecahkan masalah secara bersama-sama.

Dicoding telah terlibat dalam berbagai program pelatihan intensif, misalnya melalui program Bangkit bersama Google, Goto, Traveloka dan Kemendikbudristek, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Digital Talent Scholarship bersama Kemenkominfo Pengembangan Talenta Digital Kreatif bersama Kemenparekraf, IDCamp bersama Indosat Ooredoo Hutchinson, DevOps and Back-End Developer Scholarship Program, DBS Foundation Coding Camp, serta berbagai program pelatihan yang bermitra dengan sektor publik dan privat.

Dicoding Bootcamp adalah langkah tepat bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri secara efektif di industri teknologi digital sehingga mereka dapat menjadi tenaga kerja kompeten dan berkontribusi dalam kemajuan teknologi. Kini saatnya kamu bergabung, tanpa batasan latar belakang.

Siapa saja yang boleh mengikuti program ini?

Dicoding membuka kesempatan kepada masyarakat luas, diutamakan usia kurang dari 35 tahun, yang ingin mempelajari tentang dunia teknologi dan mendapatkan insight terkait persiapan masuk sebagai talenta digital dalam industri IT. Program ini terbuka bagi individu dengan latar belakang apa pun: mahasiswa/i, fresh-graduate, pencari kerja, serta para profesional yang bersedia meluangkan waktunya selama 5-6 bulan dalam pelatihan intensif (penuh waktu).

Sebagai program intensif, program ini tidak dapat diikuti bersamaan dengan program pelatihan, pembelajaran, atau pekerjaan penuh waktu lainnya. Jika kamu saat ini tengah bergabung dengan pelatihan, pembelajaran, atau pekerjaan penuh waktu lain, kami menyarankan untuk mengikuti program-program Dicoding lainnya.

Apa bedanya Dicoding Bootcamp dengan program reguler Dicoding?

Program Dicoding Bootcamp didesain untuk interaksi secara intensif, di antaranya dalam bentuk diskusi, tatap muka, maupun kelas-kelas pembelajaran yang didesain untuk diselesaikan dalam waktu penuh. Dicoding juga menambahkan persiapan karir, pengembangan soft-skills, kesempatan konseling/diskusi bersama para mentor, serta proyek akhir. Keseluruhan program didesain untuk dilaksanakan penuh waktu (8-10 jam setiap hari kerja) selama 5–6 bulan dan diikuti dengan proses penyaluran kerja untuk lulusan, ke mitra-mitra Dicoding. Untuk program 2023, program akan dilaksanakan bulan Agustus–Desember 2023 dan diikuti dengan penyaluran kerja di tahun 2024.

Bagaimana Cara Mendaftar Dicoding Bootcamp?

Jika kamu tertarik dengan program ini, mohon dapat mengisi form berikut. Kuota program terbatas dan akan diprioritaskan kepada pendaftar terawal. Tim kami akan segera menghubungi kamu. Dicoding akan menentukan besaran biaya setelah calon peserta mengikuti tes dan melengkapi syarat administrasi. Pendaftaran akan ditutup setelah kuota terpenuhi. Jadi, pastikan kamu terdaftar segera.

Berapa Harganya?

Harga Bootcamp akan bervariasi, dengan nilai total pelatihan Dicoding Bootcamp pada tahun 2023 adalah lebih dari Rp 14.000.000. Kamu akan mendapatkan harga terbaik, yang disesuaikan dengan profil dan hasil tes kamu. Pastikan kamu telah menyelesaikan tes dan administrasi yang diminta oleh tim Dicoding.

Apakah tersedia beasiswa?

Tersedia beasiswa dalam jumlah terbatas dan akan disesuaikan dengan hasil tes serta latar belakang keluarga. Dicoding memiliki program tanggung jawab sosial untuk memastikan pelatihan dapat diikuti secara inklusif dari berbagai latar belakang.

Memiliki pertanyaan lebih lanjut? Silakan sampaikan dengan mengirimkan email ke bootcamp@dicoding.com


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.