Ngoding Sulit Hanya Mitos! Terapkan Ini Agar Jadi Pro

Ngoding Sulit Hanya Mitos! Terapkan Ini Agar Jadi Pro

β€œNgoding susah banget!” 😫

β€œIngin belajar ngoding, tapi gatau mau mulai dari mana ….” ☹️

β€œPasti butuh laptop spek dewa ya kalau mau ngoding?” 😫

πŸ’» Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apakah kamu menjadi salah satu sekte yang bilang hal sama seperti kalimat di atas?

Mungkin kamu bukan jadi orang pertama yang bergumam seperti itu.

Tenang …. Tenang …. Ngoding sulit itu hanya mitos! Ada cara belajar yang tepat dan ampuh bagi pemula agar bisa menjadi pro programmer, lho.

meme ngoding
Sebelum mencari tahu cara ampuh belajar ngoding dengan tepat, coba tanyakan kepada diri sendiri, mengapa kamu ingin belajar ngoding? Hal apa yang ingin kamu capai ketika sudah menjadi pro programmer?

Agar terasa cobaan hidupnya, Kak~

Pentingnya Belajar Ngoding

Sebelum kamu benar-benar berkecimpung belajar ngoding dan hidup di dunia IT, simak manfaat dan pentingnya belajar coding untuk pemula berikut.

  1. Pastinya kamu dilatih untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah (agar tidak memecahkan gelas lagi). Hehehe.
    Coding lahir untuk menciptakan solusi atas berbagai masalah. Jika ingin berkecimpung di dunia IT, pastikan kamu memiliki keterampilan analisis dan penemuan solusi yang efektif.
  2. Ngoding gak perlu pakai hati! Biar gak baper saat error, hihi. Kamu akan dilatih untuk meningkatkan logika dan pemikiran analitis. Hal ini akan berfungsi untuk mengembangkan algoritma dan mengatur urutan kode yang tepat.
  3. Creativity to infinity and beyond!πŸš€
    Dari khayalan β†’ menjadi ide β†’ menjadi kenyataan. Bikin seribu candi? Lewat~
    Dengan ngoding, kamu bisa mengekspresikan diri melalui kode-kode yang dirangkai menjadi sebuah aplikasi, game, atau website.
  4. Lagi-lagi, otak kamu akan diasah untuk memiliki kemampuan berpikir abstrak. Tentunya, saat belajar ngoding kamu akan bertemu dengan variabel, fungsi, dan objek yang pastinya tidak dapat diprediksi bentuknya.
  5. Being a hero! πŸ¦Έβ€β™€οΈ
    Belajar ngoding juga dapat menjadikanmu pahlawan, loh! (Kok bisa?) Dalam era digital ini, pastinya transformasi digital terjadi pada berbagai sektor. Hadirnya developer mampu berperan dalam menanggulangi isu-isu sosial dengan melakukan digitalisasi pada setiap sektor yang dibutuhkan.
  6. Boleh spill … tapi sedikit ajaβ€“πŸ€
    Dengan kemampuan ngoding, kamu dapat membuat website atau aplikasi sederhana. Tujuannya agar mudah untuk spill atau merepresentasikan keahlian kamu dalam sebuah portofolio.
  7. Bukan dukun, tapi banyak dicari di dunia (kerja). Itulah programmer, keterampilan coding sangat dicari karena era digital yang memerlukan transformasi dalam setiap sektor dan pastinya akan mudah mencari kerja.
  8. Berpotensi menjadi milyader!πŸ€‘πŸ’°
    Ingin menjadi Bill Gates dan Mark Zuckerberg di masa depan? Bisa dong! Pastinya dimulai dari belajar ngoding dan akhirnya bisa memiliki peluang untuk menjadi milyader.

Cara Ngoding untuk Pemula

Lalu … bagaimana cara belajar ngoding untuk pemula, Kak?

  1. Pelajar Konsep Dasar Coding
    Konsep dasar yang perlu dipelajari adalah struktur data, variabel, control structure, tools, dan sintaks.
    Kamu bisa mencari-cari terlebih dahulu terkait konsep dasar di atas. Setelah itu, pelajari dan jangan lupa latihan untuk mengasah kemampuan berpikir.
  2. Mengenal Jenis Developer
    Kenali terlebih dahulu jenis-jenis developer dan tentukan bidang yang akan kamu tekuni. Mulai dari front-end developer, back-end developer, full-stack developer, dan masih banyak lagi.Pelajari terlebih dahulu hal-hal yang perlu dipelajari oleh setiap developer sebelum kamu benar-benar memilih. Buat alasan kamu ingin memilih menjadi developer tersebut agar ketika lelah di perjalanan, ada alasan untuk bangkit kembali.
  3. Mempelajari Bahasa Pemrograman
    Nah, setelah mempelajari konsep dasar coding, lalu memutuskan ingin menjadi developer, hal selanjutnya adalah pelajari bahasa pemrograman. Terapkan mindset bahwa seluruh bahasa pemrograman adalah tidak sulit dan pastinya mudah! Dasarnya, konsep setiap bahasa pemrograman adalah sama, hanya bahasa saja yang berbeda.Kamu bisa mempelajari konsep prosedural terlebih dahulu dengan bahasa pemrograman tertentu. Apabila konsep tersebut sudah dikuasai, ke depannya kamu akan paham bagaimana cara ngoding dengan tepat walaupun berbeda-beda bahasa pemrograman.
  4. Mencoba Coding dengan Menggunakan HTML
    Selain belajar konsep prosedural, kamu juga bisa belajar HTML. Ia memiliki syntaks paling sederhana dibanding yang lainnya.

Itulah cara ampuh agar kamu dapat menjadi pro. Ingat! Sulit hanya sebuah mindset.πŸ˜ƒ

Satu lagi … konsep yang perlu kamu terapkan ketika sedang belajar ngoding adalah berikut.

salah satu konsep belajar ngoding

Jangan lupa pegang prinsip teguh programmer: love, life, balance.

Melihat mantan bersama pacar barunya~

Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Β 

Ada udang di balik batu~

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.