5 Langkah Awal menjadi Seorang Programmer

5 Langkah Awal menjadi Seorang Programmer

Mengapa kamu ingin memulai untuk belajar pemrograman? Ini adalah pertanyaan yang sangat penting dan perlu kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum melangkah lebih jauh.

Apakah kamu ingin menjadikan ini sebagai karier? Atau kamu ingin menjadi seorang programmer karena menurutmu hal tersebut ‘keren’? 

Silakan jawab dengan jujur karena bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari nantinya, bergantung pada jawabanmu atas pertanyaan sebelumnya. Saat ini, terdapat beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari. Namun, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa yang menjadi tujuan belajarmu dari awal.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

bahasa pemrograman

Sebagai newbie, kamu harus tahu tahapan awal untuk menjadi seorang programmer agar tidak salah dalam memulai langkahmu. Berikut 5 langkah awal untuk menjadi seorang programmer yang dapat kamu ikuti.

1. Tentukan Bidang yang Ingin Kamu Kuasai

Di era sekarang, terdapat berbagai jenis atau bidang dalam pemrograman. Saat mencari tahu cara belajar pemrograman, kamu juga perlu memikirkan dengan sangat hati-hati tentang bidang yang ingin kamu kuasai untuk menjadikannya sebagai profesi atau karier. Perlu kamu ketahui juga beberapa jenis programmer yang paling populer, yaitu meliputi beberapa bidang di bawah ini.

Web Developer

Pengembang web atau web developer dapat dipisahkan menjadi 2 yaitu pengembang front-end atau front-end web developer (sisi klien) dan back-end atau back-end developer (sisi server). Seorang front-end web developer bertanggung jawab untuk menulis kode yang menentukan tampilan situs web dan bagaimana kontennya disajikan. Lalu,  back-end developer akan menyimpan dan menyediakan data di balik layar untuk kemudian ditampilkan di front-end.

Data Scientists

Ilmuwan data atau Data Scientists biasanya bekerja dalam bidang penelitian atau akademisi. Mereka biasanya menggunakan bahasa pemrograman Python secara eksklusif untuk menganalisis dan memanipulasi data ilmiah.

Database Administrator

Administrator basis data atau Database Administrator memiliki beberapa peran. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan data perusahaan dalam jumlah besar lalu mengamankan, mengatur, dan menganalisis performanya.

Mobile App Developer

Seiring bertambahnya jumlah pengguna smartphone, permintaan akan aplikasi seluler yang menarik juga semakin meningkat. Pengembangan aplikasi seluler atau mobile app development dengan cepat menjadi salah satu bidang pemrograman yang paling menguntungkan. Perlu diketahui juga, jenis pekerjaan freelance sebagai seorang mobile developer akan sangat umum ditemui saat ini.

Posisi Lain dalam Bidang Pemrograman

Mempelajari cara menjadi programmer dapat membuka lebih banyak peluang. Di atas hanyalah beberapa pekerjaan pemrograman yang paling umum. Jika tidak ada yang menarik untuk kamu, lakukan penelitian lebih lanjut dan temukan pekerjaan lain di luar sana.

Jabatan dan posisi pekerjaan baru dibuat setiap saat seiring perkembangan teknologi. Jadi, pastikan kamu mengikuti berita dan jaringan industri terbaru dengan sesama rekan programmer.

2. Pelajari Bahasa Pemrograman

Setelah yakin dengan bidang pemrograman yang akan kamu pelajari dan kuasai, kamu perlu mempelajari bahasa yang relevan dengan bidang tersebut. Misalnya, kamu perlu belajar mengenai SQL untuk menjadi data administrator, selain itu kamu perlu mempelajari JavaScript untuk menjadi seorang Front-End Web Developer, dan beberapa bahasa pemrograman seperti Kotlin dan Swift jika kamu ingin memulai untuk membuat aplikasi seluler.

Di bawah ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang paling populer beserta kegunaannya. Kamu perlu melakukan riset untuk memastikan bahwa kamu mempelajari bahasa yang tepat untuk bidang yang ingin dikuasai.

Python

Bahasa Python adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin bekerja dalam bidang data analyst, pengembangan perangkat lunak, atau hampir semua bidang pemrograman lainnya. Python juga digunakan dalam beberapa teknologi baru seperti pembelajaran mesin atau machine learning dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Java

Selain Python, jika kamu ingin mempelajari cara menjadi programmer dengan cepat, pelajari juga Java. Bahasa Java ini sama powerful-nya dengan Python karena ia menjadi sebagai salah satu bahasa paling serbaguna di dunia.

Bahasa ini digunakan untuk semuanya, mulai dari Android mobile app development hingga back-end web app development, dan kamu dapat mempelajarinya melalui kelas Belajar Java.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman serbaguna lain yang digunakan untuk banyak hal. Jika kamu ingin mempelajari cara menjadi programmer, JavaScript bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai. Bahasa ini digunakan untuk interactive front-end web design, back-end web app development, game development, dan bahkan dalam robotika!

Swift

Swift merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh Apple untuk membuat pengembangan aplikasi iOS lebih sederhana dan mudah. Bahasa ini jauh lebih mudah digunakan daripada Objective-C sebagai bahasa yang biasanya digunakan oleh Apple. Selain itu, Swift juga memudahkan pemula dalam membangun aplikasi iOS seluler tanpa terlalu banyak kesulitan.

3. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih Pemrograman Lagi!

Jadi, apakah kamu semakin tertarik untuk menjadi seorang programmer? Nah, ini sedikit rahasia untukmu:

Kamu harus berlatih. Kamu harus banyak berlatih!

Kunci untuk menjadi programmer yang baik adalah latihan! Berlatihlah menulis kode sejak kamu mulai belajar. Unduh editor kode favoritmu dan tulis program kecilmu.

Bagikan dan minta orang lain untuk memberi saran perbaikan terhadap kode yang kamu tulis. Cobalah dan pelajari sesuatu yang baru setiap hari, serta berlatihlah sampai kamu benar-benar fasih dalam semua aspek bahasa pilihanmu.

4. Mulai Membuat Portofolio Pemrograman

Saat kamu belajar dan berlatih, kamu perlu mulai membuat portofolio. Salah satu kunci untuk menjadi programmer adalah memiliki portofolio yang layak dan bisa kamu tunjukkan kepada calon pemberi kerja.

Saat kamu melamar pekerjaan sebagai programmer tingkat pemula, ingatlah bahwa mungkin setidaknya ada beberapa orang lain yang melamar pekerjaan yang sama. Kamu perlu melakukan sesuatu yang dapat membuat dirimu menonjol daripada orang lain, salah satunya adalah dengan memperbanyak portofolio yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ingin kamu lamar.

5. Melamar Pekerjaan pada Bidang Pemrograman

Setelah menentukan bidang apa yang akan dikuasai, mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai, terus berlatih, dan membuat portofolio untuk membuktikan keahlianmu, inilah saatnya untuk mulai melamar pekerjaan! Cari pekerjaan pemrograman tingkat pemula yang terkait dengan bahasa yang telah kamu pelajari dan jenis pemrograman yang ingin kamu lakukan.

Jika telah diterima menjadi seorang programmer di suatu perusahaan, kamu pun bisa mempertimbangkan untuk mengambil freelance untuk terus mengasah keterampilanmu dan memastikan keterampilan pemrogramanmu tidak jalan di tempat.

Itulah 5 langkah awal yang dapat kamu ikuti untuk menjadi seorang programmer, semangat dan sukses untuk mencapai mimpimu, ya! Jangan berhenti belajar agar skill yang kamu miliki selalu ter-update.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.