Jenis Freelance Adalam Bidang IT yang Paling Banyak Dicari

Jenis Freelance dalam Bidang IT yang Paling Banyak Dicari

Freelance saat ini semakin digemari karena kemudahan dan kebebasannya. Selain itu, tuntutan untuk mencukupi kebutuhan yang kian banyak juga menjadi alasan banyak orang dalam mencari pekerjaan freelance.

Nah, apakah kamu pun termasuk seseorang yang sedang menggeluti dunia freelance? Jangan-jangan, kamu baru saja ingin memulai freelance

Jika teknologi adalah bidang yang kamu minati atau sedang dipelajari, tepat sekali! Kami punya rekomendasi freelance paling banyak dicari dalam bidang IT yang bisa kamu coba.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Pengertian Freelance

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu mengingat kembali arti freelance. Mungkin, sebagian dari kamu juga baru mengetahui istilah ini. Jadi, tak ada salahnya jika kita bahas kembali.

Freelance adalah sebuah kata dari bahasa Inggris, secara harfiah berarti “menjual pekerjaan kepada beberapa pihak berbeda”. Namun, maknanya juga sering disandingkan dengan self employed. Artinya, freelance tidak terikat oleh aturan-aturan seperti bekerja di perusahaan, tetapi tergantung orang yang melakukannya.

Orang-orang yang melakukan freelance disebut freelancer. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang apa itu freelance, cek tautan berikut, ya. Nah, sekarang kita lanjut untuk mengetahui daftar pekerjaan dalam bidang IT yang sering diincar freelancer, yuk.


Ilustrasi banyak pilihan freelance dalam bidang IT.

 

Web Developer

Semakin hari, usaha-usaha kian bermunculan dan menawarkan manfaat paling menarik untuk memenuhi kebutuhan manusia. Media daring merupakan salah satu sarana pemasaran paling ampuh karena hampir semua orang menggunakan gadget terkoneksi internet di zaman ini.

Oleh sebab itu, banyak web bermunculan untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan oleh para pegiat usaha. Sebagian dari mereka mempekerjakan orang untuk membangun web dengan tampilan menarik dan ramah pengguna (user friendly).

Jadi, muncul banyak lowongan kerja web developer, baik secara full time atau freelance. Kemampuan yang dibutuhkan bisa terkait dengan back-end atau front-end.

QA Engineer

Ini adalah singkatan dari quality assurance engineer. Tugasnya memastikan bahwa aplikasi sesuai dengan pengembangan yang diharapkan. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan karena perusahaan tentunya ingin agar aplikasi dapat bekerja dengan baik.

Meski kelihatannya sederhana, nyatanya pekerjaan yang dilakukan oleh peran ini termasuk rumit, lho. QA Engineer terlibat dari awal pembuatan software hingga tahap pengujiannya sehingga bayarannya pun bisa sangat besar. 

IT Support

IT Support adalah satu dari sekian jenis freelance yang saat ini banyak ditemukan karena tugasnya sangat penting. Pekerjaannya berkaitan hal instalasi, konfigurasi, dan pemeliharaan perangkat komputer (hardware/software) serta jaringan.

Pekerjaan ini banyak diincar orang karena umumnya masalah terkait pekerjaannya tersebut sering terjadi. Selain menawarkan jasa kepada perusahaan, kamu yang memiliki pemahaman terkait tugas IT Support juga bisa menawarkan konsultasi pada perseorangan, lho!

UI/UX Designer

Bagi kamu penggemar atau pegiat dunia desain, pasti sudah akrab dengan jenis pekerjaan atau freelance yang satu ini. UI/UX Designer adalah orang di balik tampilan dan fitur-fitur responsif yang kamu lihat atau gunakan dalam sebuah aplikasi.

Perannya tentu sangat penting dalam proses pengembangan aplikasi ramah pengguna, responsif, dan nyaman dipandang. Di sisi lain, tak banyak orang yang bisa memadukan kreativitas dan kemampuannya dalam hal teknis pada satu waktu. Itu sebabnya UI/UX Designer menjadi pekerjaan lepas yang banyak dicari. 

Android Developer

Hampir semua usia dan kalangan memiliki gawai yang dilengkapi dengan sistem operasi Android. Aplikasi-aplikasi di dalamnya tentu dibutuhkan untuk menambah kegunaan dari gawai tersebut. Semakin zaman berkembang, semakin beragam pula aplikasi yang diciptakan.

Maka dari itu, peran Android Developer sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang ingin membuat proyek untuk menghasilkan aplikasi Android. Untuk kamu yang berniat menggeluti freelance ini, ada baiknya untuk mempelajari seluk beluk Android terlebih dahulu.

iOS Developer

Tentu sudah umum diketahui bahwa iOS adalah rival nomor satu dari Android. Aplikasi-aplikasi yang biasanya dibuat untuk versi Android juga dibuat versi iOS-nya. Jadi, pastilah iOS Developer dibutuhkan dalam hal tersebut.

Sama seperti Android, tentu kamu harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan aplikasi dengan sistem operasi iOS

 

Sekarang, kamu jadi mengetahui jenis-jenis freelance yang paling banyak dicari. Apakah kamu siap untuk memulai kariermu secara freelance? Atau malah kamu sudah punya pengalaman freelance dalam bidang IT? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!