Apa itu Freelance? Pahami dan Ketahui Kelebihan serta Kekurangannya

Apa itu Freelance? Pahami dan Ketahui Kelebihan serta Kekurangannya

Sejak dahulu kala manusia di dunia ini pasti sangat membutuhkan suatu pekerjaan. Melalui pekerjaan tersebut manusia dapat bertahan hidup hingga memenuhi kebutuhannya. Beralihnya zaman seperti saat ini, manusia akan selalu mencari pekerjaan yang nyaman dan tidak tertekan oleh waktu. Menjadi seorang freelance merupakan pilihan bagi kamu yang sangat menginginkan quality time bersama keluarga serta bebas waktu kerja.

Apa pengertian dari freelance ? Mungkin hingga saat ini kamu belum mengetahui istilah tersebut. Freelance merupakan sebutan bagi orang yang berstatus kerja tetapi waktu kerja tersebut dapat diatur sendiri. Tidak seperti karyawan tetap atau profesional lainnya, yang harus memiliki jam kerja selama 8 jam sehari.

Saat ini, pekerjaan sebagai freelance sudah diminati oleh banyak orang karena beberapa jenis pekerjaan freelance memiliki prospek dan profit yang tinggi. Pekerjaan freelance yang sangat diminati oleh banyak orang salah satunya adalah desainer.

Untuk mencari pelanggan, seorang desainer biasanya akan mempromosikan kemampuan dirinya. Seorang desainer sangat mudah mendapatkan pelanggan hanya dengan menjadi member di sebuah platform. Platform tersebut memberikan akses kepada desainer dan user untuk bertemu secara online dan berkomunikasi. Bayangkan saja pekerjaan tersebut hanya dilakukan di rumah secara total.

Sebelum kamu tertarik dengan pekerjaan seorang freelancer, perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa kekurangan dan keunggulan menjadi seorang freelancer. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Freelance

Banyak yang bilang bahwa penghasilan seorang freelancer sangat besar. Memang benar penghasilan yang tinggi dimiliki oleh freelancer “berpengalaman”. Sebut saja seperti Bill Gates, beliau memulai karirnya tidak jauh dari seorang freelancer dan hingga saat ini mantan freelancer tersebut menjadi orang terkaya di dunia.

Ketahuilah bahwa tidak hanya penghasilan tinggi yang didapatkan seorang freelancer berpengalaman. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seorang freelancer. Berikut 4 kelebihan lainnya :

1. Quality Time

Freelance

Bayangkan saja jika kamu bekerja hanya di rumah dan berpenghasilan tinggi. Pasangan dan anak pastinya akan sangat senang dengan hal itu. Pekerjaan ini tidak jauh berbeda dengan menjadi seorang investor. Hanya saja freelancer akan selalu menguras ide dan pikiran dalam pekerjaannya. Sedangkan investor dapat menikmati waktu dan uang yang terus mengalir secara passive income.

Menurut riset dari Sekolah Bisnis Brighton University, seorang freelancer memiliki kebahagiaan yang jauh lebih tinggi dari seorang pekerja tetap. Karena bekerja secara bebas dengan gaji yang lebih tinggi dari pekerja tetap.

2. Dimanapun dan Kapanpun

freelance

Saat kamu menjadi seorang freelancer, kamu dapat mengatur sendiri waktu dan lokasi untuk kamu bekerja. Cukup membawa laptop dan handphone dalam genggaman, jasa tersebut akan terbayarkan oleh beberapa customer. Cukup menyenangkan bukan ?

Terdapat kisah hidup dari seorang freelancer Indonesia yang sejak duduk di bangku kuliah ia bekerja sebagai seorang programming. Sebagai seorang anak tukang sapu ia membiayai sendiri seluruh kebutuhan hidup dan pendidikannya melalui pekerjaan sampingan sebagai programming. Kamu dapat membaca kisah lengkapnya di blog Dicoding.

3. Kompetisi Sehat

Dunia freelancer saat ini masih memiliki kompetisi bisnis yang tergolong sehat. Segala bentuk yang berkaitan dengan aplikasi telah memiliki izin resmi melalui pemerintah sehingga membuat pengguna merasa nyaman.

Terdapat kisah beberapa freelancer hacker yang terkenal akan kasusnya membobol situs resmi milik pemerintah hingga perusahaan swasta. Mereka ditangkap bukan karena kejahatannya, tetapi karena kecerdasannya dalam hal programming. Kabar terbarunya mereka direkrut untuk melindungi situs-situs resmi dengan gaji yang tinggi.

4. Prospektif

freelancer

Sumber : 200 degrees dari pixabay

Zaman sekarang kita tidak pernah lepas dengan yang namanya smartphone. Terdapat banyak jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk bersosialisasi hingga hiburan di sana. Kamu akan sering menemukan banyak hal dari smartphone. Hiburan yang kamu nikmati selama ini salah satunya tidak lepas dari jasa seorang freelancer. Animasi, gambar, hingga tulisan-tulisan tersebut dibuat oleh seorang freelancer.

Saat ini banyak sekali platform yang dapat kamu gunakan untuk memulai pekerjaan sebagai freelancer. Salah satu situs ternama sribulance, memiliki data berupa kebutuhan job sebanyak 55.884 unit sedangkan freelancer terdaftar berjumlah 23.935 akun. Melalui data tersebut dapat dikatakan bahwa kesempatan untuk menjadi seorang freelancer sangat tinggi sekali. Apa kamu salah satu calon freelancer ?

In my 20s, I was a freelance writer with little money and living in a rabbit warren one-and-a-half-bedroom with a roommate.” (Aissa Quart – Writer)

Kekurangan

freelance

Sumber : Mudassar Iqbal dari Pixabay

Mayoritas freelancer terkadang merasakan stres berat saat memulai pekerjaannya. Hal tersebut dipicu lantaran kondisi kerja dan mental diri yang terganggu. Untuk lebih jelasnya ada empat poin yang menjadi sebab freelancer mengalami stres yang diantaranya :

1. Hilangnya Inspirasi

Semua freelancer pasti pernah merasakan kondisi di mana otak sudah tidak sejalan dengan waktu. Seharian terkadang harus berhadapan dengan coding atau desain yang sulit ditemukan padahal ingin memuaskan customer dengan hasilnya.

Jika seorang freelancer memiliki skill yang mumpuni, dapat dipastikan banyak customer yang tertarik dengan jasanya. Hal itu akan membuat jam kerja berlebihan sehingga otak akan menjadi jenuh. Saat kondisi seperti ini, seorang freelancer akan kehilangan inspirasi dalam mengolah kreativitasnya.

2. Sulit Bersosialisasi

Beberapa freelancer akan memisahkan jarak dengan orang lain hanya karena ingin fokus pada pekerjaannya. Jika freelancer bekerja berkumpul dengan keluarga atau teman sepertinya pekerjaan tersebut tidak akan selesai pada waktunya.

Pada kondisi ini, freelancer akan mencari cara dengan bersosialisasi melalui jejaring sosial. Meski bersosialisasi melalui media tidak terlalu memenuhi kebutuhannya. Komunitas developer atau desainer selalu menjadi teman favorit para freelancer.

3. Pembayaran Macet

Setiap customer memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang menyenangkan dan ada yang menyedihkan. Bagi pemula, seorang freelancer akan mendapatkan pengalaman terburuk dalam hal upah yang dibayarkan. Upah kerja terkadang ngaret dari waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut dikarenakan adanya customer yang kurang puas dengan hasilnya sedangkan kemampuan kita tidak bisa melebihi kepuasan customer.

Tetap optimis merupakan jalan keluar bagi freelancer, karena bertemunya pelanggan dengan freelancer kebanyakan melalui jejaring sosial. Dapat dipastikan bahwa sistem pembayaran akan selalu membaik sehingga memberikan kenyamanan bagi seorang freelancer.

4. Hilangnya Kedisiplinan Diri

Pekerjaan yang menuntut batas waktu dan hasil yang baik, membuat freelancer kehilangan kemampuannya dalam mengatur waktu. Sebab, sesama freelancer akan selalu bersaing dalam memberikan kepuasan bagi konsumen. Dunia berubah dengan cepat, freelancer dituntut untuk meluangkan waktu sebanyak mungkin dalam belajar dan kerja terus menerus.

Perlu diketahui, kekurangan menjadi seorang freelancer tidak akan terjadi pada anda semua jika anda memiliki kepribadian yang baik dan bijak menentukan hidup. Untuk membuatmu lebih bersemangat untuk menjadi seorang freelancer, kamu bisa baca artikel 10 tips dari student developer DICODING dalam mengatur waktu.

Apa itu Freelancer ? Pahami dan Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya – karya Alfian Dharma Kusuma – Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding