Belajar Dasar UX Design

Belajar Dasar UX Design

Disusun oleh: Dicoding Indonesia Level: Dasar - Pemula Estimasi: 23 jam
Teknologi:UI/UX
Bagikan kelas ini:

Deskripsi

User Experience (UX) merupakan hal yang sangat penting dalam membuat sebuah produk, baik dalam bentuk aplikasi mobile maupun website. Karena pada zaman sekarang, proses membuat produk itu relatif mudah. Selain itu, hampir setiap produk memiliki fungsi, harga, dan fitur yang mirip. Lantas, apa yang membuat orang memilih salah satu dari produk tersebut? Jawabannya adalah User Experience (UX) yang membuat nyaman pengguna.

  • UX Designer merupakan salah satu pekerjaan yang paling cepat tumbuh akhir-akhir ini.
  • UX Designer akan terus dibutuhkan sejalan dengan semakin banyaknya produk digital yang muncul.
  • Kemampuan ini dapat dikuasai tanpa harus memiliki background khusus, seperti programming maupun desain. Semua orang bisa mempelajarinya.
  • Dampak positif yang Anda lakukan akan langsung sangat terasa perbedaannya bagi pengguna maupun perusahaan.
  • Anda dapat bekerja untuk menciptakan solusi dengan cara-cara yang kreatif dan menyenangkan. 


Target dan Sasaran Siswa

  • Kelas ini ditujukan untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar UX beserta detail prosesnya dengan mengacu pada framework Design Thinking.
  • Kelas ini dapat diikuti oleh siswa yang melek IT sehingga wajib memiliki dan dapat mengoperasikan komputer dengan baik.
  • Kelas ini didesain untuk pemula sehingga tidak ada prasyarat dalam pemahaman pemrograman sebelumnya. Namun, akan lebih baik jika memiliki pengetahuan dasar tentang desain dan pemrograman.
  • Siswa harus bisa belajar mandiri, berkomitmen, benar-benar punya rasa ingin tahu, dan tertarik pada subjek materi, karena sebaik apa pun materi kelas ini, tidak akan berguna tanpa keseriusan siswa untuk belajar, berlatih, dan mencoba.
  • Di akhir kelas, siswa dapat membuat sebuah portofolio berupa UX case study yang berisi keseluruhan proses, mulai dari mencari permasalahan pengguna, mendefinisikan masalah, melakukan eksplorasi, membuat prototype, sampai menguji cobanya.


Silabus

  • Konsep Dasar UX (User Experience) Design : Memahami konsep dasar UX Design dan faktor yang mempengaruhinya, serta memahami proses desain dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. (1 jam 15 menit)
  • Empathize, Define, & Ideate : Memahami bagaimana cara untuk mengetahui masalah utama (pain point) pengguna dengan membuat Empathy Map, User Persona, dan User Journey Map. Dilanjutkan dengan mendefinisikan masalah dalam Problem Statement dan melakukan eksplorasi untuk mencari solusi dengan menggunakan metode How Might We (HMW) dan Crazy Eight. (4 jam 5 menit)
  • Storyboard dan Wireframe : Mendefinisikan solusi dalam bentuk Goal Statement dan mengetahui cara membuat rancangan desain dengan membuat User Flow, Storyboard, dan Wireframe. (4 jam)
  • High-Fidelity Prototype : Memahami cara membuat Mockup dan High-Fidelity Prototype yang menarik dan interaktif dengan menerapkan prinsip desain visual. (4 jam 30 menit)
  • UX Research dan Dokumentasi : Merencanakan dan melakukan usability study, mengidentifikasi insight, memodifikasi desain berdasarkan hasil riset, dan membagikan hasil desain kepada tim. (3 jam)


Metode Ajar

  • Online - Self-paced Learning
    • Total jam belajar : 23 jam
    • Rekomendasi waktu belajar : 10 jam per minggu (selesai dalam 17 hari)
    • Anda tentukan sendiri berapa lama waktu yang akan digunakan untuk belajar materi kelas ini selama masih aktif terdaftar pada kelas.
  • Fasilitas Pengajaran
    • Materi bacaan elektronik : Materi akan disajikan dalam bentuk teks dan bacaan.
    • Forum diskusi : Setiap kelas memiliki sebuah forum diskusi yang dapat Anda gunakan untuk bertanya dan berdiskusi.
    • Evaluasi pembelajaran : 
      • Ujian akhir kelas
      • Submission (proyek akhir) membuat portofolio berupa UX case study yang berisi keseluruhan proses, mulai dari mencari permasalahan pengguna, mendefinisikan masalah, melakukan eksplorasi, membuat prototype, sampai menguji cobanya.
    • Sertifikat kompetensi.


Peralatan Belajar

  • Siswa wajib memiliki akses internet melalui komputer yang menggunakan Windows/Mac/Linux. 
  • Spesifikasi minimal komputer milik siswa:   
    • Sistem operasi : Windows, Linux, atau MacOs.
    • Prosesor : Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas).
    • RAM : 1 GB (Rekomendasi 2 GB).
    • Resolusi layar : 1366 x 768 (Rekomendasi Full HD 1920 x 1080).


Alur Belajar

Langkah setelahnya : Belajar secara terstruktur sehingga target belajar lebih mudah tercapai di Dicoding Academy Learning Path 

Pertanyaan

Bila Anda memiliki pertanyaan / kendala ketika belajar di kelas ini, Anda dapat membaca pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di FAQ.

Tim Reviewer

Alfian Yusuf Abdullah
Alfian Yusuf Abdullah
Code Reviewer at Dicoding Indonesia
  • Associate Android Developer
  • Kotlin Enthusiast
  • UI/UX Enthusiast
Lalu Triawanri Novianung
Lalu Triawanri Novianung
Product Designer at Dicoding
  • UX Research Enthusiast.
  • Google UX Design Professional Certified.
Anda belum dapat mempelajari kelas ini. Yuk berlangganan sekarang agar bisa belajar di Kelas ini dan juga Kelas Dicoding Academy lainnya.

Daftar sekarang untuk dapat mengikuti pembelajaran

Daftar Sekarang

Atau Anda dapat mencoba modul gratis yang ditawarkan di Kelas ini

Coba Modul Gratis
Kunjungi Online Store Kami

Kelas ini disusun oleh:

Dicoding Indonesia
Dicoding Indonesia

Decode Ideas
Discover Potentials