Ini 9 Platform Cari Kerja, Dicoding Jobs Cocok untuk Anak IT!

Bagi kamu para fresh graduate atau siapa pun yang sudah lulus, mungkin sudah menentukan arah karier untuk segera mendapat pekerjaan. Jika kamu ingin berkarier di bidang IT, misalnya, Dicoding Jobs adalah platform cari kerja yang tepat untukmu.

Bagaimana jika belum punya arah karier? Tentu kamu akan kebingungan ketika mencari pekerjaan. Jadi, ada baiknya kalau tujuan berkarier dan jenis pekerjaan sudah ditentukan terlebih dahulu, ya.

Nah, ketika arah karier sudah ditentukan, semangat untuk mendapatkan pekerjaan pun muncul. Apakah kamu sudah tahu berbagai platform cari kerja? 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Mengetahui tempat-tempat menemukan lowongan pekerjaan yang tepat sangatlah penting agar terhindar dari informasi palsu. Salah-salah malah bisa tertipu. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, yuk, simak sembilan platform cari kerja berikut. 

 

LinkedIn

logo linkedin

Situs yang dibuat pada tahun 2002 ini nyatanya telah menjadi tempat berjejaring secara profesional terbesar di dunia. Menurut laman resminya, saat ini LinkedIn telah memiliki lebih dari 850 juta pengguna.

Sebenarnya, LinkedIn juga merupakan media sosial yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Di sana, tersedia juga fitur unggahan, reaksi, dan komentar. Namun, citra LinkedIn lebih mengarah pada hal-hal profesional.

Profil yang kamu gunakan dalam LinkedIn juga berfungsi sebagai Curriculum Vitae (CV) untuk mencari pekerjaan. Isian untuk profil LinkedIn pun sangat lengkap, mulai dari bio, pengalaman kerja, pendidikan, sertifikasi, bahasa, proyek, hingga publikasi.

Selain itu, fitur andalan dalam LinkedIn adalah twibbon Open to Work. Dengan ini, para pengguna LinkedIn bisa menampilkan dirinya sedang terbuka untuk lowongan yang ada. Kalau profilmu menarik, para rekruter dapat menghubungimu duluan, lho!

Glints

 

Glints adalah salah satu situs dan aplikasi pencarian kerja yang populer sejak didirikan pada tahun 2013 di Singapura. Platform cari kerja ini menyediakan berbagai lowongan mulai dari bidang bisnis, kreatif, hingga teknologi.

Glints mempunyai fitur untuk tracking proses rekrutmen kamu sehingga tak perlu khawatir soal kabar dari pihak perusahaan. Selain itu, Glints juga memiliki fitur layaknya media sosial, seperti mengunggah pos serta like dan komentar agar bisa berdiskusi antar pengguna.

Tech In Asia

logo techinasia

Kini, bekerja di perusahaan startup menjadi impian banyak orang. Jika kamu adalah salah satunya, Tech In Asia menjadi platform cari kerja yang tepat. Sebab, ia menyediakan banyak lowongan dari startup mulai dari perintis awal hingga unicorn/decacorn.

Kekhususan lowongan dalam bidang teknologi atau startup inilah yang membuat Tech In Asia berbeda dengan platform lainnya. Fitur tracking juga ada di dalamnya sehingga kamu bisa mengetahui tahapan rekrutmen.

Loker.id

logo lokerid

Ini adalah platform karya anak bangsa untuk mencari pekerjaan. Platform cari kerja tersebut dibuat sejak tahun 2007 di Bogor. Awalnya, Loker.id dibuat dengan domain loker.web.id, tetapi seiring waktu diubah untuk kemudahan penyebutan.

Misi Loker.id pun menyebarkan loker (lowongan kerja) seluruh perusahaan dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi, kamu akan menemukan banyak lowongan yang hanya tersedia dalam situs ini saja.

Di situs tersebut juga tersedia fitur membuat resume gratis sehingga tidak perlu cemas jika belum mempunyai CV untuk berburu lowongan. Selain itu, ada fitur-fitur lainnya dalam memudahkan pencarian kerja, seperti filter pekerjaan dan tracker proses rekrutmen.

Dicoding Jobs

logo dicoding

Kamu adalah lulusan IT yang ingin mencari kerja? Atau seseorang dengan angan-angan untuk career switch ke bidang teknologi? Mau kerja di bagian tech, tetapi belum ada pengalaman? Nah, platform satu ini cocok banget, Dicoding Jobs.

Lowongan kerja di Dicoding Jobs sangat fokus pada bidang teknologi, inilah keistimewaannya. Jadi, tidak perlu kesulitan lagi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu, terutama jika ingin menjadi seorang developer atau IT engineer

Poin plus kalau kamu aktif di Dicoding dengan menyertakan submission, ikut challenge, ataupun berpartisipasi dalam event yang ada. Para recruiter dari perusahaan teknologi ternama bisa melihat karya-karyamu secara langsung, lho! Jika tertarik, mereka bisa langsung menghubungimu melalui Dicoding Jobs.

Jobstreet

logo Jobstreet

Platform ini sudah bekerja sama dengan perusahaan pencarian kerja terbesar di dunia, yaitu SEEK. Lowongan kerja dalam Jobstreet mencakup hampir seluruh bidang dan banyak berasal dari perusahaan-perusahaan besar.

Hal yang menjadikan Jobstreet berbeda dengan platform lainnya terletak pada tracker-nya. Pertama, informasi terkait proses rekrutmen sangat detail, meliputi kategori aktif mencari pekerja, sedang dilanjutkan, tidak menerima lagi pelamar, atau sudah mendapatkan kandidat.

Kedua, ada penanda jika rekruter mengunjungi profilmu, bahkan bisa diketahui banyaknya dilihat. Ketiga, tersedia data jumlah pelamar dan perbandingan kemampuan kamu dengan pelamar lainnya; entah itu setara, lebih tinggi, atau lebih rendah. 

Kemudahan lainnya adalah Jobstreet memiliki aplikasi tersendiri baik di Android ataupun iOS, selain website. Namun, fitur-fitur yang disebutkan sebelumnya hanya tersedia pada situs web. 

Kalibrr

logo Kalibrr

Selanjutnya, Kalibrr adalah platform lainnya yang bisa dicoba apabila ingin menemukan pekerjaan. Lebih dari lima juta lowongan tersedia di situs tersebut. Selain melalui web, kamu juga bisa berburu loker melalui aplikasi baik di Android maupun iOS.

Di Kalibrr, tersedia skills test untuk mengetahui tingkat kemampuan dalam bidang-bidang tertentu. Ini akan sangat membantumu mengidentifikasi keterampilan yang harus lebih ditingkatkan sesuai minat berkarier.

Indeed

logo Indeed

Sejak kehadirannya pada tahun 2004, Indeed telah menjadi platform cari kerja terbesar nomor satu di dunia, menurut Comscore (Maret 2021). Situs ini menyediakan berbagai lowongan kerja dari berbagai bidang, mulai dari kreatif, administrasi, hingga kerja lapangan.

Fitur tracker juga tersedia di Indeed yang mampu melacak jumlah pelamar dan berjalannya proses rekrutmen. Ada pun pembeda dengan situs pencarian kerja lainnya adalah kamu bisa mengulas perusahaan penyedia loker.

Ulasan yang diberikan nantinya ditampilkan pada kolom pencarian sehingga kamu juga bisa menilai perusahaan dari ulasan atau rating tersebut.

Karir

logo Karir

Terakhir, ada platform ciptaan anak bangsa lainnya, yakni Karir. Website ini dibangun sejak tahun 2008 dan menyediakan banyak lowongan dari berbagai bidang, mulai dari manufaktur, farmasi, kesehatan, hingga ritel.

Tidak hanya untuk mencari kerja, di Karir juga tersedia tes minat yang bisa membantumu menelusuri tingkat kemampuan yang diperlukan dalam membangun karier. Selain itu, tersedia juga beragam program pengembangan diri untuk diikuti.

Berikut telah dipaparkan sembilan platform cari kerja. Nah, semoga kamu segera berjumpa dengan keberuntungan dan mendapat pekerjaan yang sesuai keinginan, ya. Kalau kamu sudah pernah mencari kerja lewat platform di atas, berbagi di kolom komentar, yuk!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!