Upgrade Kariermu dengan Sertifikasi Online

Rasa haus untuk terus belajar adalah kunci menjadi seseorang yang sukses dan maju di masa depan. Banyak cara untuk belajar, salah satunya kamu dapat mengikuti kelas dan fasilitas program sertifikasi online, seperti program  Studi Independen Bersertifikat (SIB) Dicoding.

Sertifikasi Online

Mengikuti sertifikasi dapat membantu kemajuan karier kamu saat ini dan memberikan keunggulan dibandingkan kandidat lain. Pasalnya, sertifikasi ini dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa kamu terlatih dengan baik serta berkomitmen untuk pertumbuhan profesional. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Di tengah permintaan tenaga kerja yang ketat akan persaingan, memiliki sertifikasi dapat memberikan kamu keunggulan dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki sertifikasi online?

Yuk, simak terus rangkuman yang sudah kami siapkan untuk kamu di bawah ini. 

Apa Itu Sertifikasi?

Sertifikasi merupakan sebuah bukti bahwa kamu mempunyai pengetahuan, pengalaman, dan skills khusus yang diperlukan untuk mengerjakan suatu bidang atau pekerjaan tertentu.

Sertifikasi berbeda dengan lisensi profesional yang mungkin diperlukan untuk memegang pekerjaan tertentu sedangkan sertifikasi bertujuan untuk menilai dan memvalidasi bahwa kamu telah memiliki kecakapan atau bahkan menguasai kemampuan dan skill tertentu yang kemudian dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan karier kamu di suatu bidang, bukan pekerjaan tertentu.

Manfaat Sertifikasi

Namun, sertifikasi bukan hanya untuk membantu memvalidasi kemampuan saja, tetapi masih banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari sertifikasi lho. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sertifikasi untuk membantu meraih karier impian.

Meningkatkan Produktivitas

Hal itu karena sertifikasi lebih mempersiapkan kamu untuk dapat menghadapi tantangan sehari-hari di dunia kerja dan mendapatkan hasil maksimal dari teknologi baru yang diajarkan dalam kelas sertifikasi tersebut. 

Seseorang yang telah memiliki sertifikasi sering kali bekerja lebih efisien daripada rekan kerja yang tidak bersertifikat karena mereka telah menguasai skill yang diperlukan dalam pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas proyek tim.

Keunggulan Kompetitif 

Dengan adanya sertifikasi sebagai validasi keahlian di suatu bidang, kamu akan lebih unggul dibandingkan dengan kandidat lain di mata rekruter. Hal itu karena, sertifikasi dapat menunjukkan kepada para rekruter bahwa kamu terlatih dengan baik serta berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang secara profesional dalam profesi yang kamu pilih. 

Menambahkan Profesionalitas dalam CV 

Menambahkan sertifikasi ke dalam curriculum vitae (CV) selain pendidikan atau pengalaman apa pun yang sudah kamu miliki, akan membuat CV terlihat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cakap sebagai seorang kandidat. Selain itu, mengambil sertifikasi atas kemauan sendiri adalah bukti bahwa kamu memiliki dedikasi untuk terus berkembang.

Potensi Penghasilan Lebih Tinggi

Waktu dan tenaga yang kamu investasikan dalam sertifikasi seringkali membuahkan hasil, salah satunya peningkatan pendapatan. Hal ini karena suatu keahlian memiliki nilai dan sertifikasi adalah kredensial yang menunjukan bahwa kamu memiliki suatu pengetahuan, pengalaman, dan keahlian khusus. Oleh karena itu, jika kamu memiliki keahlian di atas standar normal suatu industri, akan sangat memungkinkan bagimu untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi.

Jenis – Jenis Sertifikasi 

Dari beberapa manfaat tersebut, kami mempunyai beberapa rekomendasi jenis sertifikasi internasional yang bisa kamu ikuti terutama untuk kamu yang ingin berkarier di bidang developer.

Associate Android Developer (AAD)
sertifikasi internasional Associate Android Developer

Sertifikasi Associate Android Developer (AAD) adalah bagian dari program Google Developers Certification yang bertujuan untuk menyediakan sertifikat terpercaya yang diakui oleh komunitas dan perusahaan global.

Associate Cloud Engineer (ACE)

sertifikasi internasional Associate Cloud Engineer

Seorang yang lulus dari sertifikasi Associate Cloud Engineer harus dapat menggunakan Google Cloud Platform Console dan antarmuka baris perintah untuk melakukan tugas-tugas berbasis platform umum untuk mempertahankan satu atau beberapa solusi yang diterapkan.

Tensorflow Developer Certification (TDC)sertifikasi internasional Tensorflow Developer Certification

Sertifikasi ini telah tervalidasi secara global sehingga lulusan dari TensorFlow Developer dapat menggunakan TensorFlow untuk menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan dalam mengerjakan pembelajaran mesin dan deep learning.

Cara Mendapatkan Sertifikasi 

Lalu, bagaimana jika kamu ingin mengejar sertifikasi internasional, tetapi masih belum yakin sertifikasi mana yang dapat menunjang kariermu? Atau kamu masih belum yakin akan skills yang kamu miliki untuk memulai kelas sertifikasi internasional? 

Kamu bisa memulainya dengan mengikuti program yang bisa membantu kamu untuk mempersiapkan sertifikasi internasional, seperti program-program yang terdapat di Dicoding.

Program Bangkit Academy

Bangkit adalah program akademi yang dipimpin oleh Google dan berjalan dengan dukungan penuh dari GoTo, Traveloka, dan Deeptech Foundation. Program ini dirancang untuk menghasilkan bakat teknis berkaliber tinggi untuk perusahaan teknologi dan startup Indonesia kelas dunia. 

bangkit diocding

Tahun 2022, Bangkit ditawarkan sebagai program Kampus Merdeka yang disetujui dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kami mendaftarkan hingga 3.000 mahasiswa di 3 jalur pembelajaran untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di bidang teknologi. Dalam program ini juga, kamu akan mendapatkan persiapan dan voucher gratis untuk ujian sertifikasi Associate Android Developer (AAD) / Associate Cloud Engineer (ACE)/ Tensorflow Developer Certification (TDC). 

Fun fact: Program Bangkit menjadi penyumbang terbanyak lulusan AAD dan TDC di Indonesia. Sehingga berkat Bangkit, Indonesia berhasil menjadi negara No. 1 dengan pertumbuhan tertinggi pengguna AAD certified dan peringkat ke-3 sebagai negara dengan pertumbuhan tertinggi pengguna TDC certified secara global pada tahun 2021. 

Program Beasiswa IDCamp 2022

IDCamp adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. Program ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo Hutchison di pilar Pendidikan Digital sebagai upaya membangun bangsa Indonesia sebagai Digital Nation.

id camp dicoding

IDCamp 2022 memberikan beasiswa pelatihan coding online dengan menghadirkan tim fasilitator dan forum diskusi online untuk membantu para peserta menyelesaikan semua modul belajar secara online dan mandiri, mulai level menengah sampai dengan profesional. Di akhir program, Indosat Ooredoo Hutchison dan Dicoding akan membantu talenta digital terbaik lulusan IDCamp untuk mendapatkan sertifikasi global dan akses pekerjaan.

Fun Fact: ID Camp menjadi Program Beasiswa Online terbesar yang telah menghasilkan 13.226 developer tersertifikasi di tahun 2022. Selain itu, ID Camp meraih penghargaan di PR Awards 2022 sebagai program CSR terbaik se Asia Pacific. 

Program Studi Independen Bersertifikat (SIB) Dicoding 

Studi Independen Bersertifikat (SIB) Dicoding merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk menghasilkan talenta berstandar tinggi yang sesuai dengan standar Industri. Dicoding Indonesia merupakan mitra lembaga pelatihan resmi dalam program ini. 

kampus-merdeka-x-dicoding

Studi Independen Bersertifikat menyediakan pelatihan secara daring (online). Program ini telah berjalan 3 Batch dan berhasil melahirkan talenta digital yang mampu bersaing di dunia profesional dengan bermodalkan sertifikasi dari kelas-kelas yang diikuti selama di program ini. 

Fun Fact: Program SIB Dicoding senilai 20 SKS ini dapat diselesaikan selama 900 jam lebih sebelum bisa mengambil sertifikasi yang akan membantu kamu untuk mampu bersaing di dunia profesional. Pada tahun 2022, program SIB ini dihadiri oleh 400 peserta dengan 16 Mentor Soft Skill, 17 Mentor Tech, 23 Mentor Project, dan Belasan Kelas Dicoding.

Wah..menarik sekali bukan manfaat dari program-program sertifikasi ini. Selain bisa meng-upgrade kariermu, tentunya kamu juga akan lebih siap di dunia profesional nanti. 

Apakah kamu pernah mengikuti sertifikasi? Atau kamu juga pernah mengikuti salah satu program Dicoding yang bersertifikasi seperti alumni-alumni Dicoding ini?

  • Ananda Wiradharma – Tembus Ujian Google AAD, Pekerja Manufaktur Jebolan SMK ini Siap Jadi Android Developer Kelas  Dunia
  • Syifa Nur Aini – Bangkit 2021 Graduate, Push Yourself to the Limit
  • Reza Albian Jawas – Bangkit 2021 Graduate, Penjaga Warnet yang Jadi Pengembang Aplikasi

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!