Tips Belajar Coding ala Web Developer

Tips Belajar Coding ala Web Developer

Salah satu tahapan untuk menjadi seorang programmer expert adalah belajar coding. Perlu diketahui, coding adalah salah satu keterampilan profesional yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Dilansir indeed.com, pekerjaan pada bidang ini termasuk salah satu pekerjaan dengan demand dan gaji yang tinggi.

Perusahaan kini semakin banyak mencari orang yang memiliki kemampuan coding. Salah satu alasannya, skill ini berperan penting dalam pengembangan website dan software serta pemrograman komputer.

Nah, kabar baiknya, belajar coding kini tidak hanya sebatas kuliah atau pendidikan formal sejenis. Kamu bisa mempelajarinya dengan beragam cara. Bagi seorang engineer, belajar coding adalah aktivitas yang perlu dilakukan secara terus-menerus. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kendatipun begitu, belajar coding dapat terasa sulit bagi beberapa orang, terutama untuk mereka yang tidak memiliki latar belakang atau dasar yang kuat dalam bidang IT. Sebenarnya, hal ini wajar karena coding termasuk skill yang memerlukan kemampuan kognitif tinggi sehingga membutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam memahaminya. 

Dengan komitmen kuat dan cara belajar yang tepat, setiap orang dapat mempelajari coding dan menjadi seorang programmer yang hebat.

Untuk itu, berikut kami berikan tips belajar coding untuk menjadi Web Developer yang andal!

1. Tentukan Tujuan 

Ilustrasi membaca buku bahasa Inggris untuk belajar coding.

Pertama-tama, pertimbangkan hal yang ingin kamu capai dalam belajar coding untuk menjadi seorang web developer. Ini akan membantu kamu menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan. 

Contohnya, apakah kamu ingin menjadi seorang web developer freelancer, atau seorang web developer yang bekerja di sebuah perusahaan? Apakah kamu ingin fokus di bidang front-end, back-end, atau bahkan keduanya? Ini akan membantu kamu dalam menentukan bahasa pemrograman yang akan dipelajari di step selanjutnya.

2. Pelajari HTML dan CSS

Ilustrasi berlatih pemrograman.

Hal kedua yang kamu perlu pelajari dalam belajar coding adalah mempelajari dua fondasi penting dalam membuat website. Pertama adalah HTML, salah satu markup language yang digunakan untuk membuat struktur dan menampilkan konten pada World Wide Web (Website). Kedua, CSS yang merupakan fondasi lainnya untuk mempercantik tampilan website.

Sama seperti halnya tubuh makhluk hidup yang disusun dari kerangka tulang, HTML pada website berperan sebagai kerangka dasar yang digunakan dalam menampilkan visual. Namun, jika hanya sebatas kerangka, pasti akan terlihat menyeramkan dan aneh, bukan? Maka dari itu, untuk mempercantik tampilannya kita membutuhkan sebuah kulit. Di sinilah peran CSS. Untuk menjadi kulitnya website dan membuatnya nampak cantik.

3. Pelajari JavaScript

Belajar JS untuk coding

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk menambah interaksi dan kedinamisan pada sebuah situs web. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib kamu pelajari jika ingin menjadi web developer.

Pada awalnya, JavaScript dikembangkan untuk membuat website menjadi lebih “hidup”, bersama dengan HTML dan CSS. Namun, saat ini JavaScript menjadi bahasa pemrograman paling populer untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Bahasa ini mampu memberikan logic sehingga website memiliki fungsionalitas tambahan dan lebih interaktif.

Alasan utama kamu perlu mempelajari JavaScript dalam belajar coding adalah karena ia merupakan bahasa pemrograman yang versatile. Artinya, JavaScript dapat berjalan pada lingkungan browser, server, bahkan desktop. Jika kamu bisa menguasai bahasa pemrograman ini, skill-mu dapat digunakan di mana pun.

4. Mulai dengan Tutorial dan Dokumentasi 

Ada banyak tutorial dan dokumentasi yang tersedia secara online yang dapat membantu kamu mempelajari dasar-dasar coding. Carilah tutorial yang mudah dipahami dan ikuti langkah demi langkah sesuai dengan kecepatan kamu sendiri. 

Contohnya, kamu bisa mempelajari dasar sintaksis JavaScript pada blog berikut yang bisa kamu pelajari secara gratis.. Alternatif lain, kamu bisa mempelajari JavaScript melalui dokumentasi yang disediakan oleh Mozilla Developer Network.

5. Gunakan Platform Online untuk Belajar Coding

Platform untuk belajar coding

Dicoding merupakan salah satu platform online yang menyediakan materi dan tutorial untuk membantu kamu menjadi seorang Web Developer berstandar global. 

Kamu dapat mempelajari Learning Path Front-End Web Developer dan Back-End Developer untuk belajar coding dari materi dasar hingga expert. Tidak hanya materi, kamu juga akan mendapatkan 1-1 Professional Code Review untuk memvalidasi pemahamanmu langsung dari para expert.

Jika kamu tertarik mempelajarinya dan ingin mencoba secara gratis, kamu dapat menggunakan link berikut untuk mendapatkan akses belajar gratis selama 15 hari.

6. Bergabung dengan Komunitas Developer 

Bergabung dengan komunitas developer dapat membantu kamu menambah wawasan dan mendapatkan dukungan dari sesama developer. Kamu dapat mencari komunitas developer di internet seperti forum online, grup Facebook, atau mengikuti acara-acara seperti offline meetup.

Contohnya, 

7. Terus Belajar dan Tingkatkan Kemampuan

Dunia teknologi sangat dinamis sehingga penting untuk kamu terus belajar dan meningkatkan kemampuan. Selalu cari peluang untuk belajar bahasa pemrograman atau teknologi terbaru agar kamu tidak deprecated.

Terakhir, jangan mudah menyerah. Belajar coding mungkin akan terasa sulit pada awalnya, tapi yakinlah pada dirimu dan jangan menyerah. Terus belajar dan berlatih, kamu pun akan melihat kemajuan dari waktu ke waktu. 

“Tidak ada yang tak mungkin, karena yang tak mungkin hanyalah ketidakmauan.” – Dimas Catur Wibowo

Itulah tips seputar belajar coding yang bisa membantumu untuk menjadi seorang web developer yang andal! Semoga membantu, ya, Coders! 

 


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!