Teknologi Baru yang Berpengaruh di Dunia

Teknologi Baru yang Berpengaruh di Dunia

Mungkin sebagian orang merindukan kehidupan yang belum serba canggih seperti sekarang. Namun, selain mereka, ada orang-orang yang sangat merasa beruntung karena hadirnya teknologi seperti saat ini. Nah, sebenarnya bagaimana pengaruh teknologi baru tersebut akhir-akhir ini?

Teknologi tentu memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Sesuai arti katanya, ia adalah alat yang membantu manusia dalam mencapai tujuan demi mempermudah keberlangsungan hidup.

Apakah kamu penasaran perihal teknologi baru pada akhir-akhir ini yang sangat berpengaruh di dunia? Kami merangkumnya dari laporan McKinsey terkait tren teknologi pada tahun 2023. Yuk, kita simak bersama.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan atau yang sering dikenal dengan artificial intelligence menduduki peringkat tiga teratas dalam tren teknologi. Akhir-akhir ini, kecerdasan buatan memang sering dibicarakan. Bagaimana tidak? Kehadiran artificial intelligence memang membuat dunia semakin maju.

Contoh penerapan kecerdasan buatan dapat terlihat mulai dari fitur voice assistant pada perangkat pintar, seperti Siri dan Google Assistant; penggunaan kunci layar biometrik; dan aplikasi penunjuk lokasi, seperti Google Maps dan Waze.

Google Maps di Ponsel Pintar

Applied AI

Kecerdasan buatan terapan menempati posisi teratas dalam tren teknologi dengan perkiraan potensi perputaran dana sekitar $26 triliun pada tahun 2022. Banyak perusahaan besar mulai memakai teknologi ini, yang menggabungkan beberapa bidang, seperti machine learning, visi komputer, dan pemrosesan bahasa natural.

Misalnya, Freeport memanfaatkan teknologi baru bernama applied AI dalam menjalankan mesin tambang sehingga dapat meningkatkan hasil produksi sebesar 10 persen selama tiga bulan. 

Generative AI

Hal ini banyak diperbincangkan akhir-akhir ini, apalagi setelah ChatGPT dan Bard rilis. Jenis kecerdasan buatan yang satu ini teramat canggih serta dapat mengusulkan atau merekomendasikan banyak hal berdasarkan kumpulan data yang sudah disimpan dan dipelajarinya. Posisi ketiga teratas pada tren teknologi ditempati Generative AI.

Contoh penerapan AI jenis ini adalah Notion AI, Google Translate, Adobe Firefly, DALL-E, dll. Tahukah kamu, berkat adanya pengembangan dalam Google Translate, kini beragam fitur canggih bisa tersedia di dalamnya. Mulai dari menerjemahkan dokumen, teks dari foto, hingga suara secara langsung.

Machine Learning

Ini adalah salah satu teknologi paling berpengaruh dalam sejarah kehidupan manusia. Machine learning merupakan bagian dari artificial intelligence yang telah dibahas sebelumnya.

Bidang ini menduduki peringkat kedua dalam tren. Investasi untuk industri machine learning terhitung sebanyak $3,4 miliar pada tahun 2022. Wajar saja karena machine learning mulai dipakai hampir oleh seluruh industri, terutama dalam mengolah data.

Pengembangan Perangkat Lunak

Dunia software development saat ini semakin maju dengan banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba membuat perangkat lunak terbaik. 

Hal ini bisa terjadi tentunya dengan dukungan generasi teknologi saat ini, seperti adanya otomasi dalam proses development, infrastructure as a code, adanya AI generatif, dll. Dalam tren, software development menempati posisi keempat pada tahun 2022.

Arsitektur Tepercaya dan Identitas Digital

Risiko terkait keamanan data dapat ditanggulangi dengan adanya trust architecture. Apalagi pada zaman yang semakin canggih seperti saat ini, penyadapan dan perisakan terhadap data sangat mudah dilakukan dan ditemukan celahnya. 

Oleh sebab itu, kesadaran terhadap penyimpanan identitas digital juga harus ditingkatkan agar kehidupan dengan teknologi yang semakin maju dapat tetap terasa aman. Beberapa contoh penerapannya mulai dari zero-trust architecture, passwordless activity, dan engineering yang mengutamakan privasi.

Web Generasi Ketiga

Dengan adanya keamanan data yang semakin harus ditingkatkan, web sebagai lautan dari informasi digital saat ini haruslah mendukung agar hal itu dapat terwujud. Oleh sebab itu, web generasi ketiga hadir dengan sistem desentralisasi di dalamnya.

Teknologi yang ada untuk mendukung web generasi ketiga adalah blockchain dalam transaksi ekonomi serta kriptografi untuk mengamankan data.

Konektivitas Tingkat Lanjut

Adanya konektivitas tingkat lanjut dibuktikan dengan jaringan nirkabel low power, jaringan 5G bahkan 6G, hingga satelit dengan orbit bumi yang rendah. Hal ini bisa meningkatkan mobilitas serta produktivitas secara global.

Teknologi Imersif

Penerapan teknologi baru yang imersif

Bentuk teknologi imersif semakin terlihat di dunia, apalagi setelah ide Metaverse diluncurkan dan Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta. Dunia yang imersif didukung oleh augmented reality, virtual reality, dan mixed reality.

Beberapa teknologi baru untuk mendukung dunia imersif pun sudah mulai terlihat. Mulai dari adanya kacamata VR yang memungkinkan untuk melakukan pekerjaan meskipun sedang berpindah tempat, konser di dunia Metaverse, hingga jual beli melalui game online dengan menggunakan avatar.

Cloud dan Edge Computing

Tentunya, semua teknologi baru yang telah dibahas di atas tentunya saling memiliki dependensi satu dengan yang lain. Ada satu hal yang juga tak kalah penting, yakni cloud dan edge computing.

Sekilas, edge computing adalah komputasi yang terkait dengan internet of things dan fokus agar penyimpanan bisa diletakkan sedekat mungkin. Ini menjaga supaya trafik lalu lintas data bisa dibuat seefektif mungkin. Sebab, edge computing dapat meningkatkan waktu respons dan menghemat bandwidth. Adapun cloud computing tetap diperlukan karena ia dapat menyimpan data dengan jumlah yang sangat besar.

 

Begitulah sekilas tentang berbagai macam teknologi baru yang menjadi tren selama 2021–2022 dirangkum dari laporan McKinsey. Apakah kamu tertarik untuk mendalami salah satunya?

Sekadar informasi, sebagian besar ilmu yang menjadi dasar teknologi tersebut bisa kamu pelajari di Dicoding, lo! Keren sekali, bukan? Tunggu apa lagi, segera jelajahi alur belajar di Dicoding dan pilih kemampuan yang kamu minati, ya. Kami tunggu di kelas!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.