Apa itu Teknologi_ Simak Pengertian dan Manfaatnya Berikut

Apa itu Teknologi? Simak Pengertian dan Manfaatnya Berikut

Sehari-hari, kamu pasti sering mendengar atau membaca kata teknologi. Sebenarnya, sudah pahamkah kamu dengannya? Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang hal tersebut, yuk, kita simak artikel berikut.

Pengertian Teknologi

Sebelum mengetahui pengertiannya dengan lebih detail, tentu kamu harus mengetahui asal-usulnya terlebih dahulu. Secara etimologi, teknologi berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata techne yang berarti seni, kerajinan, atau keterampilan; dan logos yang berarti ilmu atau studi. 

Jadi, jika disimpulkan secara harfiah, teknologi adalah sebuah studi atau ilmu pengetahuan tentang sebuah seni, kerajinan, atau keterampilan tertentu. Namun, para ahli menyimpulkan kembali berdasarkan pandangannya masing-masing sebagai berikut.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Membaca Kamus

  • Menurut Berniker (1987), teknologi adalah sebuah pengetahuan dan di dalamnya terdapat metode, seni, dan cara kerja untuk membangun dunia.
  • Teknologi menurut Seattler (2004) adalah pengetahuan praktis tersistematis untuk meningkatkan produksi barang dan jasa dan diwujudkan dalam dalam kemampuan yang produktif, organisasi, atau mekanikal, berdasarkan riset dan/atau teori ilmiah.
  • Berdasarkan pendapat Siemens dan Tittenberger (2009), teknologi adalah sebuah cara mewujudkan pikiran dengan mendesain peralatan (yang memudahkan kehidupan).

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah seperangkat sistem atau metode dengan menggunakan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan sesuatu (produk atau peralatan).

Manfaat Teknologi

Nah, kita sudah mengetahui berbagai pengertiannya. Selanjutnya, apakah manfaat yang dihasilkan dari adanya teknologi? Kamu bisa menyimak manfaatnya sebagai berikut.

Membuat Pekerjaan Lebih Efektif dan Efisien

Teknologi sudah berkembang sejak manusia pertama kali hidup di muka bumi. Pada zaman prasejarah, manusia menciptakan berbagai alat agar bisa memenuhi kebutuhannya. Misalnya, kapak dan belati yang digunakan untuk berburu binatang.

Penemuan tersebut tentu mempermudah pekerjaan manusia dalam mengolah makanan sehingga bisa bertahan hidup. Seiring berkembangnya zaman, manusia pun terus belajar dan berusaha menciptakan sesuatu agar mempermudah berbagai pekerjaan.

Perkembangan tersebut ditunjukkan dengan adanya berbagai penemuan manusia yang membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satunya adalah komputer, alat ini bisa membantu manusia untuk mengolah berbagai informasi.

ENIAC, Komputer Digital Pertama di Dunia

ENIAC, Komputer Pertama di Dunia oleh University of Pennsylvania

Selain itu, banyak penemuan lain, mulai dari mesin untuk membantu manusia menciptakan sesuatu dengan waktu yang lebih singkat; uang untuk memudahkan pertukaran barang dan membuat nilainya lebih terukur; hingga kendaraan untuk mempermudah pergerakan.

Menghasilkan Sesuatu yang Bermanfaat

Sejalan dengan tujuan di atas, teknologi hadir untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. Berbagai barang diciptakan dengan tujuan yang berguna bagi peradaban manusia. Misalnya, obat-obatan supaya manusia sembuh dari penyakit.

Selain itu, produk yang dihasilkan tidak selalu berupa benda fisik. Nyatanya, banyak penemuan lain yang memiliki manfaat dan berdampak bagi kehidupan manusia, tetapi tidak terlihat wujudnya. 

Berkomunikasi dengan Bahasa Lisan

Contohnya adalah bahasa lisan yang kita gunakan sehari-hari. Sebelum ada bahasa tulisan, manusia berkomunikasi satu sama lain menggunakan bahasa lisan. Tentu ini bermanfaat supaya manusia lebih mudah menyampaikan maksud dan tujuannya kepada yang lainnya.

Implementasi Teknologi

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui pengertian dan manfaat teknologi. Kamu tentu tahu bahwa teknologi banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak beberapa contoh penerapannya dalam berbagai bidang berikut.

Bidang Kesehatan

Teknologi dalam bidang kesehatan dapat dilihat dari usaha manusia menciptakan berbagai alat dan produk agar dapat lebih memahami tubuh.

Teknologi Kesehatan: Rontgen Gigi

Misalnya, kehadiran rontgen untuk dapat melihat organ dalam tubuh manusia. Hal ini sangat membantu dokter ketika ingin melihat gejala asing dalam organ tubuh atau mencari bukti-bukti yang mendukung diagnosis penyakit.

Bidang Infrastruktur

Dalam bidang infrastruktur, teknologi juga sangat berpengaruh. Salah satu penemuan utama telah disebutkan di atas, yakni mesin. Dengan adanya mesin, diciptakan berbagai alat lain yang mempermudah pembangunan dalam peradaban manusia.

Pembangunan Infrastruktur

Misalnya, kendaraan pengangkut alat berat yang berguna agar pembangunan infrastruktur bisa dilakukan lebih cepat dan tidak memberatkan manusia.

Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, telah banyak alat diciptakan atau ilmu yang berkembang berkat adanya teknologi. Contohnya, penemuan teleskop mempermudah manusia dalam mengamati benda langit sehingga menambah pengetahuan terkait astronomi.

Pembelajaran Online

Contoh lainnya adalah ketika pandemi Covid-19, perkembangan teknologi terlihat signifikan dalam dunia pendidikan, dengan penggunaan internet dan berbagai aplikasi untuk mengadakan pembelajaran daring (dalam jaringan).

Bidang Pangan

Kemajuan teknologi dalam bidang pangan sangat berguna agar manusia bisa memperoleh makanan yang sehat dan mengenyangkan. Salah satu penerapannya dalam bidang ini adalah dengan menguji makanan di laboratorium sehingga bisa diketahui tingkat kelayakan konsumsinya.

Teknologi Pangan

Selain itu, bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan juga sangat terdampak olehnya. Sektor-sektor tersebut juga termasuk dalam bidang pangan. Beberapa penerapannya adalah pemupukan tanaman secara otomatis, penggilingan padi menjadi beras dengan alat modern, pemotongan ternak secara otomatis, dan lain-lain.

Bidang Informasi

Teknologi berkembang sangat pesat dan memberikan pengaruh besar, salah satunya dalam bidang informasi. Ia membuat penyebaran informasi menjadi sangat cepat dengan skala yang sangat luas, bahkan mendunia. 

Teknologi Informasi

Salah satu penemuan paling berpengaruh juga telah disebutkan, yakni komputer. Dengan penemuan komputer, berbagai aplikasi diciptakan dan membuat manusia lebih cepat dalam menemukan dan menyebarkan informasi. 

Contohnya, surat mulai ditinggalkan karena sudah ada e-mail dan aplikasi media sosial, serta koran-koran sudah jarang dicetak semenjak adanya mesin pencari yang memudahkan penggunanya mendapatkan berita.

Sekarang kamu telah mendapatkan gambaran mengenai teknologi. Semoga dengan majunya perkembangan teknologi, kamu bisa memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan yang baik, ya. Sampai bertemu pada artikel berikutnya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.