Apa Itu Cloud Computing? Pahami Dengan Lebih Baik

Apa Itu Cloud Computing? Pahami Dengan Lebih Baik

Halo, kawan! Apa kabar? Semoga kamu dalam kondisi yang baik ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu cloud computing. Istilah tersebut mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu yang menggunakan internet. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui apa itu cloud computing, kamu dapat memperdalam pemahaman kamu tentang cloud ini di Dicoding lho. Kamu dapat mempelajari langkah-langkah menjadi Azure Cloud Developer. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari dasar AWS cloud dan belajar membangun arsitektur cloud di AWS. Ayo, simak artikel ini dengan baik ya.

Apa itu cloud computing?

Cloud computing dapat diartikan sebagai komputasi awan, istilah awan di sini adalah metafora dari kata internet. Jadi, cloud computing adalah layanan yang menyediakan sumber daya komputasi berdasarkan permintaan melalui internet. Pengguna dapat mengakses sumber daya ini asalkan mereka terhubung dengan internet. Ia termasuk ke dalam teknologi yang menjadikan internet sebagai center of server yang digunakan untuk mengolah data pengguna. 

Cloud computing sendiri mengedepankan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan untuk penggunanya. Jika kamu menggunakan cloud computing, kamu tidak perlu lagi menyediakan storage berupa harddisk untuk menyimpan data kamu. Pasalnya, seluruh data sudah tersimpan ke dalam penyimpanan cloud. Kamu juga dapat mengatur kapasitas dari penyimpanan cloud sesuai dengan yang kamu butuhkan.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Fungsi komputasi awan

Cloud computing memiliki fungsi utama untuk memudahkan pengguna dalam mengakses, menyimpan, dan mengolah data secara virtual melalui internet. Selain itu, ia juga memiliki beberapa fungsi lain. Berikut ini adalah fungsi dari komputasi awan untuk membantu aktivitas pengguna.

  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan
    Dengan menggunakan komputasi awan, maka secara otomatis ruang untuk menyimpan berbagai macam data menjadi lebih besar lagi karena kapasitas penyimpanan dapat diatur berdasarkan paket atau harga yang diberikan oleh layanan.

  • Meningkatkan produktivitas
    Selanjutnya, dengan menggunakan komputasi awan, maka produktivitas dari setiap anggota tim dalam perusahaan dapat meningkat. Hal itu karena data yang disimpan dalam cloud dapat diakses kapan saja dan di mana saja asalkan ada jaringan internet.

  • Sistem yang digunakan selalu diperbarui
    Karena cloud sendiri merupakan layanan yang selalu terhubung dengan internet, maka otomatis sistem akan terus melakukan pembaruan secara berkala. Pembaruan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan menghadirkan fitur yang lebih baik untuk kamu sebagai pengguna layanan.

Jenis cloud computing

  • Public cloud
    Public cloud adalah layanan cloud (berupa penyimpanan data, komputasi, dan sebagainya) melalui internet yang menggunakan hak akses public sehingga dapat digunakan oleh siapa saja. Layanan ini dapat digunakan secara gratis ataupun berbayar.  Contoh dari public cloud ini adalah AWS, Azure, dan Google Cloud.

  • Private cloud
    Private cloud adalah layanan atau teknologi cloud yang digunakan untuk kepentingan suatu organisasi atau perusahaan dan bersifat private. Penerapan private cloud ini digunakan oleh setiap anggota organisasi atau karyawan dalam sebuah perusahaan.

  • Community cloud
    Community cloud adalah layanan cloud yang digunakan untuk keperluan komunitas atau institusi. Ia dapat dikelola secara mandiri ataupun menggunakan bantuan pihak lain. Oleh karena itu, biaya yang ditanggung oleh kedua belah pihak menjadi lebih ringan.

  • Hybrid cloud
    Yang terakhir yaitu hybrid cloud. Hybrid cloud sendiri adalah layanan yang mengombinasikan public cloud dan private cloud. Layanan ini memiliki interaksi Business to Business (B2B) atau Business to Consumer (B2C).

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan cloud computing.

  • Hemat biaya
    Biaya yang dibutuhkan relatif sedikit karena tidak harus membeli perangkat keras seperti harddisk untuk menyimpan data dan juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan perangkat keras.

  • Keamanan yang terjamin
    Cloud computing sendiri memiliki sistem keamanan yang baik dan terjamin karena sistem dari komputasi awan memiliki teknologi yang terenkripsi dan lebih canggih dari teknologi perangkat keras yang ada sekarang ini.

  • Data dapat diakses di mana saja
    Dengan menggunakan komputasi awan, kamu dapat mengolah data yang sudah kamu simpan di mana saja dan kapan saja. Hal tersebut dapat menaikkan produktivitas kamu dalam bekerja.

Jadi, apa itu cloud computing?

Jadi, itulah pembahasan kali ini mengenai cloud computing. Komputasi awan adalah layanan yang menyediakan sumber daya komputasi berdasarkan permintaan melalui internet. Jika kamu ingin menggunakan layanan cloud, kamu perlu memperhatikan jenis dari layanan komputasi awan yang tersedia terlebih dahulu, pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu, ya. Ada juga beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan layanan cloud. Demikian artikel kali ini, tunggu artikel selanjutnya ya.

Apa Itu Cloud Computing? Pahami Lebih Baik – end

Baca juga artikel pilihan berikut ini:

  1. Apa itu komputasi cloud? Penjelasan dari AWS
  2. Dasar Komputasi Cloud di AWS untuk Developer Pemula
  3. Strategi Migrasi Cloud: Teknik dari AWS

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!