Simak Perkembangan Teknologi Baru di WWDC & Google IO

Simak Perkembangan Teknologi Baru di WWDC & Google I/O

Sebagai penggiat IT, melek informasi adalah sebuah kewajiban. Jika sebelumnya kita pernah membahas tren teknologi pada halaman 6 Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022, lantas bagaimana dengan perkembangan pada 2023? Di mana kita bisa melihat informasi terkait teknologi terbaru dari berbagai perusahaan besar, seperti Google dan Apple? Biasanya, perusahaan besar akan mengadakan event tahunan untuk memberikan informasi kepada pengguna terkait produk terbaru mereka. 

Contohnya adalah konferensi tahunan WWDC dari Apple dan Google I/O dari Google, yang selalu menjadi pusat perkembangan teknologi. Tahun ini pun tidak terkecuali, dengan kedua perusahaan tersebut memamerkan sejumlah teknologi baru yang menarik dan akan membentuk masa depan komputasi. Lalu, apa saja perkembangan teknologi yang dipaparkan dalam dua event tersebut? Penasaran? Yuk, simak tuntas blog ini, ya!

Apple WWDC 2023

Worldwide Developers Conference atau yang biasa disapa WWDC adalah konferensi tahunan yang diadakan oleh perusahaan Apple. Apple mengumumkan secara langsung acara WWDC tahun ini pada tanggal 5–9 Juni. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Berbagi perkembangan teknologi melalui WWDC Apple 2023

Sumber: WWDC 2023 — June 5 | Apple  

Dalam event tersebut, Apple mengumumkan sejumlah pembaruan perangkat lunak, termasuk iOS 16, macOS Ventura, dan watchOS 9. Pembaruan ini mencakup sejumlah fitur baru, seperti kemampuan untuk menyesuaikan tampilan lock screen di iOS, fitur multitasking baru di macOS, dan sleep tracking di watchOS. 

Apple juga mengumumkan sejumlah produk perangkat keras baru, termasuk MacBook Air dengan chip M2, chip M2 Pro, dan M2 Max, serta Studio Display. Apple juga mengumumkan produk baru mereka bernama Vision Pro yang merupakan kamera 3D pertama Apple.

Google I/O 2023

Lalu, apa itu Google I/O? Google Input/Output atau biasa disingkat Google I/O adalah konferensi tahunan yang dilakukan oleh Google. Google mengumumkan secara langsung acara Google I/O tahun ini pada tanggal 10 Mei kemarin.

Perkembangan teknologi ter-update di Google I/O 2023

Sumber: Google Keynote (Google I/O ‘23) 

Dalam event tersebut, Google mengumumkan sejumlah produk dan layanan baru, termasuk smartphone Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, Pixel Watch, dan Pixel Buds Pro. 

Google juga mengumumkan sejumlah pembaruan perangkat lunak baru, termasuk Android 13 dan Wear OS 3.0. Pembaruan ini mencakup sejumlah fitur baru, seperti kontrol privasi yang ditingkatkan, fitur multitasking baru, dan fitur navigasi baru.

Perkembangan Teknologi dari Sisi Penggiat IT

Jika dilihat sekilas, sepertinya hanya iklan promosi saja yang disampaikan dalam dua event besar tersebut, ya? Tentu tidak, dalam WWDC dan Google I/O tentu juga ada informasi perkembangan teknologi yang digunakan oleh developer/pengembang produk mereka. 

Baik WWDC maupun Google I/O dipenuhi dengan teknologi baru yang pasti akan memiliki dampak besar pada cara seorang penggiat IT mengembangkan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa highlight dari event tersebut.

Artificial Intelligence (AI) 

AI menjadi semakin penting dalam pengembangan aplikasi perangkat lunak baru. Di WWDC, Apple mengumumkan sejumlah fitur AI baru untuk iOS 16, termasuk Live Text, yang memungkinkan Anda mengekstrak teks dari gambar, dan Visual Look Up, yang memungkinkan Anda mengidentifikasi objek dalam gambar. Dalam Google I/O, Google juga mengumumkan sejumlah fitur AI baru untuk Android 13, termasuk speech recognition dan translation yang ditingkatkan.

Machine Learning (ML)

ML adalah bagian dari AI yang memungkinkan komputer belajar dari data. Dalam Google I/O, Google mengumumkan sejumlah fitur ML baru untuk developer tools, termasuk Cloud AutoML, yang memungkinkan Anda melatih model ML tanpa harus menjadi ahli dalam ML.

Augmented Reality (AR)

AR adalah teknologi yang menggabungkan konten digital ke dunia nyata. Dalam WWDC, Apple mengumumkan sejumlah fitur AR baru untuk iOS 16, termasuk kemampuan untuk mengukur objek di dunia nyata dengan iPhone Anda. Google juga mengumumkan sejumlah fitur AR baru untuk Android 13, termasuk kemampuan untuk melihat konten AR di Google Maps.

Web Development 

Baik WWDC maupun Google I/O, keduanya menampilkan sejumlah perkembangan teknologi baru pada bidang web. Dalam WWDC, Apple mengumumkan sejumlah fitur baru untuk web browser, Safari, termasuk dukungan untuk Web Extensions dan WebAssembly. 

Google juga mengumumkan sejumlah fitur perkembangan teknologi baru pada bidang web, seperti dukungan terhadap WebAssembly yang sudah mendukung Dart dan Kotlin, serta WebGPU, sebuah API baru yang digunakan untuk membuka kemampuan GPU sehingga sebuah website siap untuk mengimplementasikan AI.

Mobile Development

Baik WWDC maupun Google IO, keduanya menampilkan sejumlah perkembangan teknologi baru pada bidang mobile development. Dalam Google I/O, Google mengumumkan teknologi terbarunya, seperti Jetpack Compose, Studio Bot, dan Kotlin itu sendiri. WWDC juga tak kalah, di dalamnya Apple mengumumkan teknologi barunya, seperti SwiftUI, SwiftData, dan cara menggunakan VisionOS.

Ini hanya beberapa teknologi baru yang diumumkan dalam WWDC dan Google I/O pada tahun 2023. Sebagai penggiat IT, penting untuk tetap mengikuti perkembangan ini agar dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi inovatif baru.

 

Lalu, Bagaimana agar Tetap Mengikuti Perkembangan Teknologi Terbaru?

Ada beberapa cara untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi. Berikut adalah beberapa tips.

Hadiri Event Developer

WWDC dan Google I/O adalah dua event developer terbesar di dunia. Kedua event tersebut adalah cara terbaik untuk belajar tentang perkembangan teknologi terbaru.

Baca Blog dan Situs Web Teknologi

Ada berbagai blog dan situs web teknologi yang dapat Anda ikuti untuk tetap mengikuti tren terbaru. Contohnya adalah mengikuti blog Dicoding

Ikuti Perusahaan Teknologi di Media Sosial

Sebagian besar perusahaan teknologi memiliki akun media sosial yang aktif dan di sana mereka membagikan berita tentang produk dan layanan terbaru. Mengikuti akun-akun ini adalah cara yang baik untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Ikuti Kursus Online

Ada beberapa kursus online yang bagus yang dapat Anda ikuti untuk belajar tentang teknologi baru. Salah satunya caranya adalah mengikuti kelas-kelas yang ada di Dicoding.Web Dicoding

Sumber: Dicoding 

Kesimpulan

Jadi, inilah akhir dari blog “WWDC dan Google I/O: Melihat Teknologi Baru pada Tahun 2023”. Lanskap teknologi terus berubah, jadi penting bagi Anda untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa Anda selalu berada di garis terdepan. Sampai jumpa dalam blog Dicoding lainnya!

Lihat selengkapnya perkembangan teknologi Google I/O dan WWDC pada tautan berikut.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.