6 Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022

6 Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022

Saat ini, penggunaan teknologi sudah menjadi suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari, tetapi kamu tahu nggak sih, sebenarnya apa itu teknologi?

Menurut Manuel Castells, teknologi adalah kumpulan alat, aturan, dan juga prosedur yang menerapkan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam kondisi yang mampu memungkinkan terjadinya pengulangan.

Perkembangan teknologi saat ini sudah terdapat dalam berbagai jenis bidang sesuai dengan kebutuhan hidup kita. Salah satunya adalah teknologi dalam bidang pendidikan yang akhir-akhir ini meningkat semenjak pandemi Covid-19. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Dahulu kita hanya bisa belajar ketika ada pertemuan secara tatap muka langsung, tetapi sekarang kegiatan tersebut tidak harus dilakukan lagi karena adanya bantuan dari perkembangan teknologi. Banyak bentuk sistem pembelajaran baru yang bisa kita rasakan dari implementasi perkembangan teknologi saat ini.

Nah, pada artikel ini kita akan bahas beberapa tren teknologi pendidikan yang kini banyak digunakan. Yuk, simak artikel kali ini hingga akhir, ya!

1. Gamification

gamification teknologi

Metode pembelajaran gamification menerapkan mekanisme pembelajaran dengan menggabungkan permainan dan teknologi dalam aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Tren yang muncul ini mendapatkan momentum pada pendidikan dasar. 

Di sini siswa dapat mempelajari informasi berharga sambil memainkan permainan yang menyenangkan. Gamification meningkatkan keterlibatan murid dan memungkinkan mereka belajar tanpa merasa bosan. 

Metode ini membantu perkembangan kognitif, menciptakan lingkungan yang positif, dan membantu kolaborasi dari para siswa.

2. Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran

Kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI) ini mempermudah proses pembelajaran dan memberikan pengalaman yang baru dalam pembelajaran siswa, seperti hal-hal berikut.

Pertama, teknologi AI dapat menjadi mentor virtual. Ini akan memudahkan pengajar dalam aktivitas belajar seperti memberikan rekomendasi materi yang perlu dipelajari oleh siswa. Kedua, automatic assessment merupakan pengoreksian secara online dan otomatis yang dapat memudahkan pengajar untuk mengadakan ujian. Ketiga, personalized learning, yakni AI dapat memberikan feedback solutif untuk pembelajaran pengguna seperti jadwal belajar ataupun konten pembelajaran yang sesuai dengan preferensi pengguna. 

3. Social Media Learning

Pemanfaatan media sosial dalam bidang pendidikan

Tren pembelajaran kini cepat berubah setiap harinya karena pengaruh teknologi. Pemanfaatan media sosial kini bisa dirasakan juga dalam bidang pendidikan. 

Dengan maraknya anak-anak yang mulai dari usia belasan memiliki akun media sosial di berbagai platform ini membuat para pengajar, lembaga pendidikan maupun para EduTech Company seperti Dicoding untuk bisa menemukan cara dalam memanfaatkan tren. Caranya dengan mengubahnya menjadi alat untuk meningkatkan proses pembelajaran dari para siswa.

Para pelaku pendidikan tersebut mulai menggunakan media sosial sebagai tempat komunikasi antara siswa dengan teman sebayanya ataupun bahkan praktisi industri terkait. Di sini, siswa dapat berbagi mengenai bahan pembelajaran, pendapat, maupun proyek mereka. Selain itu, para pelaku pendidikan dan siswa juga dapat membangun engagement, kolaborasi, dan menghasilkan pengalaman belajar yang lebih interaktif.

4. Pembelajaran dengan VR dan AR

penggunaan teknologi virtual reality dalam sistem pendidikan

Pengenalan teknologi virtual reality dalam sistem pendidikan membuat pengalaman pembelajaran di kelas yang lebih menarik daripada metode pembelajaran yang tradisional. Misalnya, pembelajaran dalam kelas yang menggabungkan antara imajinasi dan juga realitas sehingga siswa bisa berpetualang dengan lingkungan yang sepenuhnya digital.

Sementara itu, teknologi augmented reality akan memberikan tampilan dunia nyata yang ditingkatkan dengan unsur digital. Kedua gabungan teknologi ini akan membuat kita masuk ke dunia baru dalam pembelajaran digital. Jadi, ini akan membuat siswa dapat mempelajari konsep belajar yang kompleks menjadi lebih mudah.

5. Pembelajaran Online 

E-learning atau pembelajaran online

E-learning atau pembelajaran online sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini kita tidak perlu belajar dengan tatap muka secara langsung.

Pembelajaran online ini makin meningkat peminatnya karena para siswa bisa menghemat biaya, waktu pembelajaran yang fleksibel, materi yang lebih sesuai minat, dan juga pengalaman belajar yang lebih menyenangkan.

Banyak pilihan platform pembelajaran online di luar sana dengan berbagai bidang yang berbeda. Namun, jika kamu tertarik di bidang programming, kamu bisa memilih Dicoding sebagai platform pembelajaranmu. Selain karena kurikulum Dicoding yang sudah sesuai dengan standar industri global, tetapi juga kamu akan mendapatkan validasi skill dengan code review langsung dari developer expert Dicoding.

6. Inovatif dan Kolaboratif

 tren inovatif dalam teknologi yang memungkinkan seluruh siswa bisa berkolaborasi untuk membangun suatu proyek

Banyaknya tren pembelajaran saat ini membuka banyak pilihan proses pembelajaran. Namun, ada tren inovatif dalam teknologi yang memungkinkan seluruh siswa bisa berkolaborasi untuk membangun suatu proyek. Pendekatan pembelajaran kolaboratif ini akan membantu siswa untuk bisa membangun keterampilan interpersonal atau kemampuan bersosialisasi mereka.

Hal-hal tersebut bisa kamu dapatkan di bangku sekolah maupun di luar sekolah, seperti program Bangkit. Di program Bangkit ini, kamu akan berkolaborasi dengan sesama peserta Bangkit dari seluruh Indonesia dengan mengembangkan teknologi terkini untuk membangun real project, yang nantinya akan mendapatkan dukungan untuk membangun startup sampai dengan 140 juta rupiah.

 

Nah, itu dia, enam tren teknologi pendidikan yang sedang banyak digunakan saat ini dan berpotensi untuk berkembang di masa depan. Menurut kamu, dari keenam tren teknologi pendidikan diatas, mana yang paling efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran? Sharing di kolom komentar, yuk!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.