Proyeksi Gaji Programmer 2024: Masih Menjanjikan?

Proyeksi Gaji Programmer 2024: Masih Menjanjikan?

Pada tahun lalu, kami telah membahas proyeksi gaji programmer 2023. Jika membuka artikel ini, berarti kamu juga penasaran tentang proyeksi gaji programmer pada tahun 2024. Sebuah pilihan yang bagus karena kami akan membahasnya untukmu. Stay tune!

Programmer dan Dunianya

Ilustrasi Programmer dan Dunianya

Teknologi informasi semakin banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun ke belakang. Tentu ada banyak orang yang bergerak di balik majunya teknologi saat ini. Beberapa di antaranya adalah para programmer.

πŸ’» Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Untuk mengiringi perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, banyak perusahaan berbondong-bondong untuk pindah agar tidak ketinggalan. Banyak perusahaan pun membuka lowongan untuk mengisi kursi programmer atau developer di bilik-bilik ruangan mereka.

Oleh sebab itu, pekerjaan ini semakin populer. Singkatnya, programmer adalah profesi yang membuat program atau aplikasi pada sebuah komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Nah, apa saja hal-hal yang dikerjakan olehnya? Dirangkum dari Coursera, inilah beberapa hal yang dikerjakan oleh programmer.

  1. Mengumpulkan kebutuhan terkait perangkat lunak dari para pelanggan/klien.
  2. Berkolaborasi dengan software engineer untuk mencapai tujuan.
  3. Menulis kode dalam bahasa pemrograman, seperti Java, JavaScript, Python, dsb.
  4. Membangun program/aplikasi baru.
  5. Memastikan hasil yang didapatkan sesuai dengan target.
  6. Memeriksa bahwa proyek sesuai dengan standar keamanan, kelayakan, serta sistem yang sudah ada.
  7. Meningkatkan dan memperbarui fungsi dari perangkat lunak.
  8. Menjaring dan mengumpulkan umpan balik untuk peningkatan.

Kini kamu sudah mengetahui hal-hal yang dikerjakan oleh programmer dalam kesehariannya. Perlu kamu ketahui bahwa ada juga beberapa pekerjaan yang dapat digolongkan dalam bidang pemrograman.Β 

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang termasuk dalam bidang pemrograman menurut Indeed: web developer computer programmer, computer system engineer, system analyst, programmer analyst, database administrator, front-end developer, mobile developer, software developer, data scientist, dan cloud engineer.

Rangkuman Gaji Programmer 2023

Ilustrasi Programmer Bekerja di Kantor

Nah, kamu sudah mengetahui sekilas tentang programmer dan hal-hal yang dikerjakan olehnya. Sebelum melihat update gaji pada tahun 2024, mari kita menyimak rangkuman gaji pada tahun 2023.

Sekadar pemberitahuan bahwa sebelas pekerjaan yang sudah ditulis pada bagian sebelumnya tidak akan semuanya dibahas pada artikel ini karena keterbatasan data untuk dibandingkan. Kami hanya akan membahas gaji pengembang back-end, front-end, mobile, full-stack, dan data scientist.Β 

Untuk informasi tambahan, kami akan mengambil data rangkuman gaji ini dari survei dua tahunan Glints pada awal tahun 2023 dan membandingkannya dengan survey dari HRD Bacot (salah satu influencer terkemuka dalam bidang Human Resources Development di Indonesia) pada akhir tahun 2023. Jumlah gaji yang dirincikan keduanya sama-sama dalam rentang waktu per bulan.

Glints mengambil responden sebanyak lebih dari 500 orang yang bekerja di perusahaan startup dan tersebar di berbagai negara Asia Tenggara, sedangkan HRD Bacot mengambil responden sebanyak lebih dari 10 ribu orang dari berbagai pekerjaan yang tersebar di Indonesia.Β 

Untuk data lebih lengkapnya, bisa dilihat pada tautan berikut.

Perlu dicatat juga bahwa level junior adalah penyebutan untuk pekerja dengan pengalaman 1–3 tahun, menengah adalah penyebutan untuk pekerja dengan pengalaman 3–5 tahun, dan senior adalah penyebutan untuk pekerja dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.Β 

Penyebutan level akan digunakan untuk perincian data dari Glints, sedangkan untuk perincian data dari HRD Bacot hanya menggunakan rentang gaji saja dengan jabatan staf dan lead/koordinator.

Web Developer

Dalam penyebutan gaji pengembang web, kami menemukan perbedaan antara Glints dan HRD Bacot. Glints membedakan kategori gaji web developer dari sisi back-end dan front-end.Β 

Sementara itu, HRD bacot hanya menyebutkan rentang gaji pengembang web dan tidak dirincikan dari sisi pengembangannya. Data rentang gaji web developer adalah Rp4,7–13,4 juta untuk staf dan Rp4,8–25 juta untuk lead.

Back-End Developer

Sebuah web dibangun dengan bahasa pemrograman tertentu agar dapat memberikan fitur-fitur yang canggih. Nah, untuk mendukung sisi di balik layar, pengembangan back-end tentu menjadi hal yang sangat penting. Peran back-end developer pun hadir untuk mengerjakan itu. Berapa gaji yang didapatkan olehnya?Β 

Menurut Glints, gaji back-end developer di Indonesia adalah Rp6,2–18,7 juta untuk level junior, Rp12,5–31,2 juta untuk level menengah, dan Rp23,4–49,9 juta untuk level senior.

Front-End Developer

Selain dibangun dari balik layar, tentu tampilan layar juga menjadi salah satu hal yang penting dari situs web. Untuk menciptakan tampilan web yang menarik dan ciamik, itulah tugas front-end developer. Berapa besaran gaji yang bisa didapatkan olehnya?

Glints mencantumkan data bahwa gaji front-end developer di Indonesia sejumlah Rp6,2–18,7 juta untuk level junior, Rp14–29,6 juta untuk level menengah, dan Rp21,8–49,9 juta untuk level senior.Β 

Mobile Developer

Mari kita lanjutkan pada pekerjaan berikutnya, yakni mobile developer. Dialah yang bertugas untuk membangun aplikasi dalam smartphone milikmu. Berapa jumlah gaji yang ia dapatkan?

Glints merincikan bahwa gaji mobile developer di Indonesia sebesar Rp6,2–21,8 juta untuk level junior, Rp10,9–31,2 juta untuk level menengah, dan Rp28–49,9 juta untuk level senior. Di samping itu, data gaji pengembang mobile yang dicantumkan HRD Bacot adalah Rp6,4–8,8 juta untuk staf.

Full-Stack Developer

Jika kamu adalah orang yang memiliki minat belajar dalam berbagai bidang, pengembang full-stack bisa jadi pilihan tepat untukmu. Ini adalah pekerjaan yang menguasai berbagai bidang dalam pemrograman, mulai dari web hingga mobile. Apakah kamu penasaran berapa gaji yang didapatkannya?

Data gaji full-stack developer di Indonesia dari Glints adalah Rp7,8–18,7 juta untuk level junior, Rp14–29,6 juta untuk level menengah, dan Rp23,4–42,1 juta untuk level senior. HRD Bacot mencantumkan gaji pengembang full-stack sebanyak Rp5,6–11,6 juta untuk staf.

Data Scientist

Jika kamu mengira pekerjaan dalam bidang data itu tidak berkaitan dengan pemrograman, kurang tepat! Saat ini, analis dan ilmuwan data harus menguasai pemrograman agar proses analisis yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien.

Oleh sebab itu, kami turut mencantumkan gaji data scientist di Indonesia. Glints memaparkan data gaji ilmuwan data sejumlah Rp9,3–23,4 juta untuk level junior, Rp15,6–28 juta untuk level menengah, dan Rp28–48,4 juta untuk level senior. Lainnya, gaji ilmuwan data dari HRD Bacot sebanyak Rp6,9–16 juta untuk staf dan Rp9,4–31,6 untuk lead.

Update Gaji Programmer per Januari 2024

Ilustrasi Programmer Menghitung Target

Bagaimana sejauh ini? Kamu sudah mendapatkan gambaran gaji programmer dari berbagai bidang di Indonesia pada tahun 2023. Nah, mari kita simak update terbaru gaji programmer di Indonesia yang kami rangkum dari Glassdoor pada awal tahun 2024.Β 

Perincian data akan kami sesuaikan dengan level berikut: lulusan baru (0–1 tahun pengalaman kerja), junior (1–3 tahun pengalaman kerja), menengah (4–6 tahun pengalaman kerja), dan senior (lebih dari 7 tahun pengalaman kerja).Β 

Perlu diketahui bahwa perincian dari Glassdoor untuk setiap level bisa memiliki ambang batas beragam karena waktu update yang berbeda pula.

Web Developer

Jika pada tahun 2023 web developer bisa mendapatkan gaji sekiranya 4 hingga 50 jutaan rupiah, apakah tahun 2024 trennya meningkat?Β 

Ternyata, Glassdoor hanya mencantumkan rentang sebanyak 8–48 juta rupiah yang bisa didapatkan oleh pengembang web dalam waktu sebulan. Meski ambang atasnya menurun, ada peningkatan pada ambang bawah, yakni dari 4 menjadi 8 juta rupiah.Β 

Adapun perincian gaji pengembang web sebagai berikut: lulusan baru: Rp8–24 juta; junior: Rp8–21 juta; menengah: Rp7–37 juta; dan senior: Rp15–48 juta.

Lalu, berapa jumlah gaji pengembang web khusus dalam bidang back-end atau front-end?

Back-End Developer

Sebelumnya, gaji back-end developer pada tahun 2023 berada dalam rentang Rp6,2–49,9 juta. Pada awal tahun 2024, Glassdoor mencantumkan data gaji pengembang back-end sebanyak Rp9–53 juta. Terjadi kenaikan yang signifikan pada kisaran gaji tersebut.

Perincian gaji pengembang back-end sebagai berikut: lulusan baru: Rp9–19 juta; junior: Rp12–26 juta; menengah: Rp16–51 juta; dan senior: Rp18–53 juta.

Front-End Developer

Bilamana gaji front-end developer pada tahun 2023 berkisar antara Rp6,2–49,9 juta; bagaimana dengan awal tahun ini? Glassdoor mencatat bahwa gaji pengembang front-end berjumlah Rp6–50 juta. Tidak ada perbedaan yang signifikan, tetapi masih cukup besar, bukan?

Berikut adalah perincian gaji pengembang front-end: lulusan baru: Rp6–17 juta; junior: Rp8–27 juta; menengah: Rp17–58 juta; dan senior: Rp15–60 juta.

Mobile Developer

Pada tahun 2023, gaji pengembang mobile ada pada kisaran Rp6,2–49,9 juta. Mari kita simak update gaji pada tahun ini. Menurut Glassdoor, jumlah gaji mobile developer dalam rentang Rp6–52 juta rupiah. Tentu ini termasuk kenaikan gaji yang cukup tinggi pada awal tahun.

Inilah rincian gaji pengembang mobile: lulusan baru: Rp6–39 juta; junior: Rp10–23 juta; menengah: Rp21–52 juta; dan senior: Rp18–25 juta rupiah.Β 

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa rentang gaji senior tidak sebesar menengah? Hal itu karena data Glassdoor untuk gaji pengembang mobile senior belum diperbarui pada Januari 2024.

Full-Stack Developer

Gaji pengembang full-stack jumlahnya dalam kisaran Rp5,6–42,1 juta. Bagaimana dengan awal tahun ini? Glassdoor mencantumkan jumlah gaji full-stack developer sebanyak Rp7–42 juta. Ambang batas atas terlihat cukup stabil, sedangkan jumlah gaji minimal yang didapatkan naik.

Kisaran gaji full-stack developer dapat dirincikan sebagai berikut: lulusan baru: Rp7–20 juta; junior: Rp9–28 juta; menengah: Rp14–42 juta; dan senior: Rp28–33 juta rupiah.Β 

Lagi-lagi, data gaji untuk level senior belum terbaru seperti pengembang mobile. Gaji untuk level menengah terakhir diperbarui pada tanggal 19 Januari 2024, sedangkan gaji untuk level senior terakhir diperbarui pada tanggal 6 Januari 2024.

Data Scientist

Kalau ilmuwan data bisa mendapatkan gaji sekitar Rp6,9–48,4 juta pada tahun 2023, bagaimana dengan tahun ini? Adapun Glassdoor mencatat bahwa gaji data scientist berkisar antara Rp13–101 juta. Wah, tinggi sekali, ya?

Adapun rincian gaji ilmuwan data sebagai berikut: lulusan baru: Rp13–42 juta; junior: Rp18–49 juta; menengah: Rp31–66 juta; dan senior: Rp53–101 juta.Β 

Namun, perlu kamu ketahui bahwa data gaji senior belum diperbarui sejak April 2023. Adapun kami cantumkan data terbaru, yakni gaji untuk level senior dengan pengalaman lebih dari 10 tahun berkisar Rp28–100 juta. Ini terakhir diperbarui pada tanggal 4 Desember 2023.

Β 

Akhirnya sampai juga kita pada akhir artikel. Kesimpulannya, gaji programmer di Indonesia masih sangat menjanjikan, ya. Kisarannya antara Rp6–100 juta. Nah, bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini? Apakah semakin bersemangat untuk menjadi programmer?

Namun, perlu kamu ketahui bahwa untuk menjadi programmer dengan penghasilan yang tinggi memerlukan kemampuan ahli dan jam terbang yang tinggi pula. Untuk itu, jangan pantang menyerah dalam belajar pemrograman, ya.

Jika kamu ingin memulai perjalanan karier dalam berbagai bidang pemrograman, kami punya rekomendasi alur belajar di Dicoding, seperti berikut.

Sampai jumpa dalam artikel berikutnya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.