Pekerjaan Terpopuler Bidang Data pada Industri Teknologi

Pekerjaan Terpopuler Bidang Data pada Industri Teknologi

Jumlah pencarian pada Google Search mengenai pekerjaan terpopuler bidang data sedang trending. Hal ini karena dalam beberapa tahun terakhir, pekerjaan dalam bidang teknologi, salah satunya dalam bidang data, semakin banyak dibutuhkan.

Data bagi perusahaan merupakan aset penting untuk diinvestasikan agar bisnisnya dapat semakin berkembang secara efisien dan efektif. Hal ini bisa tercapai karena data dapat diolah menjadi berbagai informasi berguna yang kemudian dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Perkembangan teknologi yang masif berbanding lurus dengan maraknya data yang diperoleh setiap perusahaan. Agar tetap dapat bersaing, banyak perusahaan mencari karyawan yang ahli dalam bidang data untuk mengolah data mereka hingga menjadi informasi yang dibutuhkan. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

"Dicoding

Bagi kamu yang tertarik atau sedang belajar bidang ini, pastinya ada rasa ingin tahu pekerjaan seperti apakah yang nanti dapat kamu tekuni. Inilah beberapa pekerjaan terpopuler bidang data pada industri teknologi.

  • Data Scientist
  • Data Analyst
  • Data Engineer
  • Data Architect
  • Data Storyteller
  • Machine Learning Scientist
  • Machine Learning Engineer
  • Business Intelligence Developer
  • Database Administrator

Pekerjaan Terpopuler Bidang Data Berdasarkan Ranking

Melalui Dicoding dan platform pencarian kerja Dicoding Jobs, sudah lebih dari 50 perusahaan mencari talenta terbaik dalam bidang data. Secara total sudah lebih dari 250 kesempatan kerja dengan role “data” yang tersedia melalui Dicoding Jobs pada tahun 2023.

Pekerjaan dalam bidang data ini sangat populer; hampir seperempat dari total lamaran yang masuk ke Dicoding Jobs telah masuk ke jenis posisi tersebut. Berikut adalah 10 jenis pekerjaan bidang data terpopuler berdasarkan jumlah pelamar.

  1. Data Scientist
  2. Data Engineer
  3. Data Analyst
  4. Business Data Analyst
  5. Automation Engineer
  6. Machine Learning for IoT
  7. Machine Learning for Cloud
  8. Machine Learning Engineer
  9. Machine Learning Annotator
  10. Business Intelligence

Posisi-posisi ini mungkin mirip namanya, tetapi masing-masing memiliki perbedaan dari sisi lingkup pekerjaan. Mari kita bahas beberapa jenis pekerjaan terpopuler bidang data tersebut agar kalian dapat jelas membedakannya.

Membedakan Pekerjaan yang Bergelut dengan Data

Mari kita lihat perbedaan antara peran ilmu data tertentu di bawah dan hal yang sebenarnya mereka kerjakan. Harap dicatat bahwa berbagai peran mungkin tumpang tindih dalam lingkup pekerjaannya dan tanggung jawabnya dapat berbeda tergantung ketentuan dari perusahaan tempat bekerja.

Data Scientist: Pekerjaan Paling Umum dalam Bidang Data

Data scientist atau ilmuwan data adalah peran paling umum dan termasuk yang terpopuler dalam bidang atau industri ini. Sebagai ilmuwan data, kamu akan menangani semua aspek sebuah proyek (tidak membedakan proyek pengembangan, proyek teknologi, proyek operasional, atau bahkan proyek penjualan) mulai dari mengetahui aspek penting bagi bisnis, pengumpulan dan analisis data, hingga terakhir visualisasi dan presentasi data.

Seorang ilmuwan data harus memiliki pemahaman dalam segala bidang karena mereka diharapkan dapat memberikan wawasan tentang solusi terbaik untuk proyek tertentu. Selain itu, mereka harus dapat mengungkap pola dan tren melalui pengolahan data yang tersedia. Kemudian, perusahaan seringkali menugaskan data scientist untuk meneliti dan mengembangkan algoritma atau pendekatan baru.

Data Engineer: Insinyur-nya Data

Data engineer atau bisa disebut Insinyur data, bertanggung jawab untuk merancang, membangun, dan memelihara pipeline data. Pipeline data adalah proses data mentah ditemukan serta diambil dari berbagai sumber data dan kemudian dipindahkan ke tempat penyimpanan data untuk dianalisis.

Mereka bertanggung jawab untuk menguji ekosistem data dan mempersiapkannya agar para data scientist dapat menjalankan algoritma mereka. Insinyur data juga mengerjakan pemrosesan data dalam jumlah besar agar sesuai dengan format yang digunakan oleh perusahaan atau para data scientist dan data analyst pada perusahaan tersebut.

Terakhir, para insinyur perlu menjaga ekosistem dan pipeline data agar tetap optimal dan efisien. Hal tersebut untuk memastikan data tersedia supaya bisa digunakan oleh para data scientist dan analis kapan saja.

Data Analyst: Ahlinya Visualisasi Data

Data analyst atau analis data masuk dalam posisi tiga teratas untuk pekerjaan terpopuler bidang data.

Analis data bertanggung jawab atas berbagai tugas, seperti memvisualkan, mengubah, dan memanipulasi data. Terkadang mereka juga bertanggung jawab atas analisis kinerja sebuah website dan A/B testing.

Karena analis data bertanggung jawab atas visualisasi, mereka sering kali bertanggung jawab menyiapkan data untuk berbagai kebutuhan komunikasi dan bisnis, termasuk berbagai laporan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. 

Analis data perlu bisa menyiapkan laporan yang secara efektif dapat menunjukkan berbagai tren dan temuan, berlandaskan data yang mereka kumpulkan dari analisis, menggunakan cara-cara dan metode yang dapat dipahami oleh karyawan perusahaan secara umum.

Pekerjaan data analyst dan data scientist terkadang tumpang tindih. Faktanya, sebuah perusahaan mungkin mempekerjakan kamu sebagai data scientist padahal sebagian besar pekerjaan yang sebenarnya diminta adalah analisis data.

Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Mengolah Data

Pekerjaan dalam bidang data adalah salah satu posisi pekerjaan terpopuler di dunia teknologi. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan bahwa kamu dapat bersaing dengan banyak talenta lainnya. 

Pekerjaan dalam bidang data itu sangat teknis terutama dalam pengolahan data yang telah dikumpulkan. Buat kamu yang ingin meningkatkan keahlian teknis kamu, tersedia dua alur belajar, yaitu Data Scientist dan Machine Learning Developer di Dicoding. Kedua alur belajar tersebut dibangun untuk menjadi awal langkah pertamamu dalam bidang data hingga jadi siap berkarier pada industri ini.

Baca artikel lainnya: Belajar Coding ala Data Scientist: Strategi Jitu untuk Pemula


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.