Solusi Komputasi Cloud Studi Kasus Penggunaan Pendidikan

Solusi Komputasi Cloud Studi Kasus Penggunaan Pendidikan

Selama masa penutupan sekolah sementara dan berkelanjutan yang belum pernah terjadi sebelumnya, banyak pelanggan AWS yang mencari bantuan untuk memindahkan sistem pembelajaran dan pekerjaan mereka menjadi online. Oleh karena itu, komputasi awan atau cloud computing hadir sebagai solusi. Komputasi awan juga berperan sebagai pendukung dari institusi pendidikan terkait. Berikut merupakan resource atau sumber daya yang dapat digunakan oleh institusi pendidikan:

  • Jika institusi pendidikan ingin memvisualisasikan suasana ruang lab komputer kampus guna mendukung pembelajaran jarak jauh, maka layanan streaming dari Amazon AppStream 2.0 menjadi solusinya. Mereka dapat mengelola komputer desktop dan aplikasi secara terpusat di layanan Amazon AppStream 2.0, lalu mengirimkannya ke berbagai perangkat memalui web browser. Mereka dapat dengan mudah mendistribusikan layanan ke pengguna dalam jumlah berapa pun tanpa memiliki, menyediakan, dan mengoperasikan perangkat keras atau infrastruktur. Amazon AppStream 2.0 mendukung semua jenis aplikasi, termasuk aplikasi grafik dari AutoDesk, MathWorks, SolidWorks, dan masih banyak lagi.
  • Jika institusi pendidikan ingin membuat Personal Cloud Desktop untuk mendukung pekerjaan desain grafis, maka Amazon WorkSpaces Desktop-as-a-Service (DaaS) menjadi solusi yang aman. Mereka dapat menggunakan Amazon WorkSpaces untuk mempersiapkan sistem operasi Windows atau Linux di mana saja dalam waktu yang relatif singkat.
  • Jika institusi pendidikan perlu mempersiapkan contact center berbasis cloud dengan cepat, maka solusinya adalah Amazon Connect dengan biaya yang rendah. Selain itu, Amazon connect juga memiliki fitur omnichannel cloud sebagai solusi untuk pusat bantuan IT, bagian penerimaan, bagian keuangan, dan bagian lain yang harus memberikan dukungan, baik kepada internal maupun eksternal.
  • Jika institusi pendidikan ingin menawarkan modul pembelajaran online secara gratis mengenai cloud computing kepada mahasiswa, maka bergabunglah dengan AWS Educate untuk mengakses berbagai hal menarik seputar cloud computing.
  • AWS dan perusahaan partner-nya akan memberikan berbagai penawaran resource atau sumber daya, seperti AWS Promotional Credits, dalam rangka untuk mendukung pelanggan.

Apa saja keuntungan dari komputasi awan dalam bidang pendidikan?

  1. Dukungan kesuksesan siswa
    Guru, pembimbing, pemerintah, universitas, dan EdTech memiliki satu tujuan utama, yaitu mengembangkan siswa menjadi sukses. AWS Cloud membantu lembaga pendidikan dalam memberikan pengalaman belajar kepada siswa, mengakses aplikasi setiap saat, dan meningkatkan hasil pembelajaran.

  2. Keamanan dan kepatuhan
    AWS Cloud dibuat untuk membantu setiap lembaga, bahkan lembaga yang sensitif terhadap keamanan sekalipun untuk memenuhi persyaratan keamanan dan privasi dari data siswa. AWS mengelola banyak program yang berkaitan dengan kepatuhan baik nasional maupun internasional, termasuk Family Educational Rights and Privacy Act (FERPA).

  3. Ketangkasan dan skalabilitas
    AWS memungkinkan lembaga pendidikan untuk menciptakan infrastruktur khusus yang lebih efisien dan fleksibel. Peningkatan (upgrade) ini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah ketika waktu penggunaan yang sibuk, termasuk pada saat pendaftaran, pembelajaran dimulai kembali, dan kelulusan; serta dapat diturunkan (downgrade) sewaktu istirahat, dengan kata lain ketika kebutuhan server sedang rendah.

  4. Hemat biaya
    Institusi pendidikan dapat mengurangi biaya dengan penggunaan AWS direct pay. Dengan kemampuan untuk meningkatkan dan menurunkan biaya tergantung pada perubahan trafik, hal itu memungkinkan pemerintah, institusi, EdTech, dan institusi pendidikan digital meningkatkan kapasitas cloud-nya secara sementara, tentunya dengan biaya yang rendah.

Penjelasan di atas merupakan penjelasan langsung dari Amazon Web Services. Jika kamu tertarik belajar lebih jauh mengenai komputasi awan atau cloud computing menggunakan layanan AWS, saat ini AWS menyediakan kelas berbahasa Indonesia di bidang Back-End Developer secara GRATIS. Program beasiswa Cloud and Back-End Developer Scholarship Program untuk umum, tanpa syarat, dan sepenuhnya gratis. Kamu cukup daftar dan isi formulir pendaftaran singkat di aws.dicoding.com. Setelah daftar, pasti langsung dapat!

100.000 Beasiswa untuk Indonesia dari Amazon Web Services

Solusi Komputasi Cloud Studi Kasus Penggunaan Pendidikan – end

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Baca juga artikel pilihan berikut ini :

  1.  Cloud and Back-End Developer Scholarship Telah Dibuka.
  2.  Dasar Komputasi Cloud di AWS untuk Developer Pemula
  3.  Apa itu komputasi cloud? Penjelasan dari AWS

Dibuka Pendaftaran Cloud and Back-End Developer Scholarship Program untuk 100.000 peserta umum


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!