Solusi Komputasi Cloud Studi Kasus Layanan Finansial

Solusi Komputasi Cloud Studi Kasus Layanan Finansial

AWS menyediakan infrastruktur cloud secara global yang tangguh dan aman untuk layanan finansial seperti perbankan, sistem pembayaran, pasar modal, dan asuransi. AWS juga memberikan layanan yang diperlukan untuk membuatnya menjadi layanan yang berbeda saat ini, serta membuatnya dapat beradaptasi dengan kebutuhan di masa mendatang. Mereka juga memberikan fitur keamanan yang paling kuat di dunia, variasi layanan yang beragam, pakar industri yang profesional, dan jaringan mitra yang luas. Membuat layanan di AWS adalah cara lain dalam memberdayakan organisasi untuk memperbarui infrastruktur mereka, memenuhi perilaku dan harapan pengguna yang berubah dengan cepat, dan dapat mendorong pertumbuhan bisnis. Untuk mempercepat organisasi kamu menuju penerapan cloud yang sukses,  baca lebih lanjut tentang AWS Cloud Adoption Framework.

Kepatuhan dan Keamanan Komputasi Cloud dalam Layanan Finansial

AWS dapat memahami beragam keamanan, peraturan, dan kewajiban yang dihadapi oleh layanan finansial dalam skala global. Dari infrastruktur sampai dengan otomatisasi, institusi layanan finansial pasti memiliki semua alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk menciptakan lingkungan yang aman di AWS.

Segmen Cloud dalam Layanan Finansial

  1. Perbankan
    Mengoptimalkan aspek-aspek penting dalam operasi perbankan. Mulai dari cara menyampaikan pelayanan kepada pelanggan hingga manajemen risiko. Selain itu juga, berfungsi untuk membuat dasar yang kuat dalam perkembangan dan inovasi yang semakin baik.

  2. Pembayaran
    AWS dibuat untuk perusahaan dan aplikasi yang sensitif terhadap keamanan melalui fitur audit yang ramah dan terintegrasi.

  3. Pasar Modal
    AWS memungkinkan organisasi untuk berinovasi dan bertransformasi agar dapat bergerak lebih cepat, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, dan meningkatkan nilai pemegang saham.

  4. Asuransi
    Menghasilkan infrastruktur yang tangkas untuk mengoptimalkan dan menginovasi bisnismu dengan memperdalam hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan profil risiko melalui AWS.

Mengapa AWS?

  1. Memodernisasi sistem lama guna meningkatkan ketangguhan dan penskalaan
    Alasan paling utama adalah karena menjalankan sistem yang lama menghabiskan sumber daya yang ada. Maka dari itu, AWS membangun dan mengoperasikan sistem yang tangguh dan memiliki kinerja tinggi; merealisasikan penghematan biaya sambil mengurangi risikol; serta mengakses rangkaian layanan dan alat migrasi.

  2. Memenuhi harapan dan perilaku pelanggan yang dapat berubah dengan cepat
    Pelanggan menginginkan akses terhadap informasi dari perangkat apa saja, di mana saja, dan kapan saja. Maka dari itu, AWS menggunakan layanan siap pakai untuk meningkatkan pengalaman pengguna; menganalisis proses untuk menemukan hal yang penting; serta memanfaatkan AI (Artificial Intelegence) yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

  3. Mendorong pertumbuhan bisnis dengan memanfaatkan data dan inovasi
    Menganalisis data amat menjadi sangat penting bagi pertumbuhan bisnis dan inovasi produk. Maka dari itu, AWS menjelajahi ide baru dengan sumber data yang aman; membangun layanan yang cepat menggunakan platform berbasis layanan mikro; serta melibatkan mitra untuk mendapatkan produk dan kemampuan yang baru.

  4. Membangun dengan percaya diri di cloud yang paling aman, patuh, dan tangguh
    Para pembuat regulasi industri menerapkan aturan yang ketat tentang privasi dan pelaporan data. Maka dari itu, AWS memastikan integritas data dengan infrastruktur paling aman; memenuhi persyaratan residensi data dengan Availability Zone; serta terhubung langsung dengan pakar layanan finansial.

Penjelasan di atas adalah penjelasan langsung dari Amazon Web Services. Jika kamu tertarik belajar lebih jauh mengenai komputasi cloud menggunakan layanan AWS, saat ini AWS menyediakan kelas berbahasa Indonesia di bidang Back-End Developer secara GRATIS melalui program beasiswa Cloud and Back-End Developer Scholarship Program. Beasiswanya untuk umum, tanpa syarat, dan sepenuhnya gratis. Anda cukup daftar dan isi formulir pendaftaran singkat di aws.dicoding.com. Setelah daftar, pasti dapat!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

100.000 Beasiswa untuk Indonesia dari Amazon Web Services

Solusi Komputasi Cloud Studi Kasus Layanan Finansial – end

Baca juga artikel pilihan berikut ini :

  1.  Cloud and Back-End Developer Scholarship Telah Dibuka.
  2.  Dasar Komputasi Cloud di AWS untuk Developer Pemula
  3.  Apa itu komputasi cloud? Penjelasan dari AWS

Dibuka Pendaftaran Cloud and Back-End Developer Scholarship Program untuk 100.000 peserta umum


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!