Rata-rata Gaji Seorang IT di Indonesia

Rata-rata Gaji Seorang IT di Indonesia

IT (Information and Technology), mendengar namanya saja sudah keren dan kekinian ya. Bidang profesi yang satu ini menjadi topik hangat di pasar tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja yang begitu banyak, hingga posisi yang terbagi menjadi bermacam-macam jabatan. Gaji seorang IT juga selalu menjadi tolak ukur bagi generasi terdidik selanjutnya untuk memilih jurusan pendidikan.

Teruntuk kamu anak IT yang saat ini sedang dalam proses pengembangan diri, ada kalanya kamu berhenti sejenak dan luangkan waktumu untuk fokus membaca dan mengetahui masa depanmu melalui artikel ini.

Gaji merupakan salah satu faktor terpenting bagi kehidupan manusia. Membicarakan gaji, sama saja dengan membicarakan uang. Seseorang dengan kemampuan yang mumpuni akan selalu mendapat penghargaan oleh banyak orang. Layaknya hukum ekonomi, ketika permintaan suatu produk naik maka harganya juga ikut naik.

Gaji yang didapat di Indonesia dan mancanegara tentunya sangat berbeda, banyak faktor yang menentukan perbedaan itu. Gaji di negara maju saja bisa mencapai 10 kali lipat dari gaji di Indonesia. Tapi tenang, gaji yang ditawarkan untuk seorang IT di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Apalagi saat ini makin banyak perusahaan atau start-up yang bergerak di bidang IT.

IT sendiri terdiri banya bidang. Pembagian job title yang banyak ini disebabkan semakin berkembangnya bahasa pemrograman, sehingga keahlian baru selalu dibutuhkan. Oleh karena itu, menghitung rata-rata gaji merupakan informasi singkat yang bisa kamu dapatkan.

Sejarah Gaji Seorang IT di Indonesia

Tenaga IT bekerja

Sebelum ke pembahasan inti, kita perlu tahu bagaimana perkembangan gaji seorang IT. Sekitar 5-10 tahun yang lalu, rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang IT bisa dibilang rendah.Bagi profesi ini, menyentuh angka UMR saja sudah sangat beruntung. Belum banyaknya perusahaan berbasis IT skala besar dan skill tenaga kerja lokal yang minim menjadi faktor utama. Perusahaan IT yang belum memiliki nama dan modal usaha yang sedikit, pastinya akan memilih tenaga kerja dengan harga murah. Hal ini sempat menjadi kontroversi pada masanya.

Sepanjang tahun 2018, berkembangnya dunia IT semakin dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Kenaikan ini didasari oleh banyaknya perusahaan basis IT yang bermunculan dan mudah dalam mendapatkan dana modal. Alhasil, permintaan karyawan IT pun mulai meningkat hingga 5 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Hingga pada sekitar tahun 2020, gaji seorang IT telah dianggap memuaskan. Berikut beberapa bidang IT dengan rata-rata gaji yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa mengikuti salah satu kelas Dicoding “Meniti Karier sebagai Software Developer” untuk membuka wawasanmu tentang opsi jalur karir software developer yang dapat kamu capai.

Bidang Pekerjaan IT

Seorang IT sedang bekerja

1. Database Administrator

Database administrator merupakan salah satu bagian IT yang bertugas untuk membantu menyimpan dan mengatur data perusahaan dan pelanggan. Mereka harus melindungi data dari pengguna yang berstatus unauthorized users. Beberapa perusahaan membutuhkan tenaga ini untuk menyediakan layanan desain komputer. Lainnya bekerja untuk organisasi dengan sistem big data, seperti lembaga pendidikan, perusahaan keuangan, dan masih banyak lagi. Melalui data yang diberikan oleh situs Indeed.com, bidang ini memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 5.385.431 per bulan.

Berikut merupakan beberapa contoh job titile yang ada pada database administrator :

  1.  Data Center Support Specialist
  2.  Data Quality Manager
  3.  Database Administrator
  4.  Senior Database Administrator

2. Cloud Computing Engineers

Cloud Computing Engineers adalah salah satu bidang kerja dari IT yang bertugas untuk menentukan, merancang, membangun, dan memelihara sistem. Mereka biasanya menawarkan solusi yang memanfaatkan sistem dan infrastruktur yang dikelola oleh penyedia cloud, seperti Amazon Web Services dan Microsoft Azure. Melalui informasi yang diberikan oleh media kumparan.com, range gaji profesi ini berkisar antara  Rp. 9.831.477 per bulan.

Bidang ini terbagi menjadi 7 jabatan, seperti:

  1.  Cloud Architect
  2.  Cloud Consultant
  3.  Cloud Product and Project Manager
  4.  Cloud Services Developer
  5.  Cloud System Administrator
  6.  Cloud System Engineer
  7.  Cloud Software and Network Engineer

3. Computer Network Specialists

Computer Network Specialist bertugas untuk mendefinisikan, merancang, membangun, serta memelihara berbagai jaringan dan sistem komunikasi data. Biasanya sarjana ilmu komputer sangat dibutuhkan untuk bidang ini. Melalui informasi yang diberikan oleh situs indeed.com, profesi ini memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 4.141.003 per bulan.

  1.  Computer and Information Research Scientist
  2.  Computer and Information Systems Manager
  3.  Computer Network Architect
  4.  Computer Systems Analyst
  5.  Computer Systems Manager
  6.  IT Analysts
  7.  IT Coordinator
  8.  Network Administrator
  9.  Network Architect
  10.  Network and Computer Systems Administrator
  11.  Network Engineer
  12.  Network Systems Administrator
  13.  Senior Network Architect
  14.  Senior Network Engineer
  15.  Senior Network Systems Administrator
  16.  Telecommunications Specialist

4. Computer Support Specialists

Computer Support Specialist bertugas menguji dan mengevaluasi sistem jaringan untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Adapun seorang customer service akan membantu pengguna untuk memecahkan masalah yang ada dalam komputer mereka. Profesi ini setidaknya membutuhkan gelar sajana hingga pasca sarjana. Melalui situs indeed.com, profesi ini memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 4.147.070 per bulan.

  1.  Customer Support Administrator
  2.  Customer Support Specialist
  3.  Desktop Support Manager
  4.  Desktop Support Specialist
  5.  Help Desk Specialist
  6.  Help Desk Technician
  7.  IT Support Manager
  8.  IT Support Specialist
  9.  IT Systems Administrator
  10.  Senior Support Specialist
  11.  Senior System Administrator
  12.  Support Specialist
  13.  Systems Administrator
  14.  Technical Specialist
  15.  Technical Support Engineer
  16.  Technical Support Specialist

5. Information Technology Analysts

Seorang analis di bidang IT memiliki tanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan teknologi untuk suatu bisnis mereka. Seorang analis biasanya akan menciptakan solusi dengan cara mengumpulkan dan menganalisis informasi, seperti data pasar, input pelanggan, dan informasi klien. Melalui situs indeed.com, rata-rata gaji yang diberikan oleh profesi ini sebesar  Rp. 9.346.558 per bulan.

  1.  Application Support Analyst
  2.  Senior System Analyst
  3.  System Analyst
  4.  Systems Designer

6. Information Technology Leadership

Tim IT sedang melakukan rapat

Setiap organisasi maupun divisi selalu memiliki pemimpin bertugas mengatur kinerja anggotanya. Dunia IT, kandidat yang dipilih sebagai pemimpin harus berlatar belakang teknologi yang kua. Selain itu ia juga harus terampil dalam me-manage orang. Dibutuhkan pengalaman dalam menciptakan dan menerapkan kebijakan sebuah sistem untuk memenuhi tujuan. Serta mampu menganggarakan waktu dan dana yang diperlukan. Untuk informasi data gaji mengenai profesi ini di Indonesia masih belum diketahui oleh berbagai situs. Namun, berdasarkan situs payscale.com, profesi bahwa ini memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 12.000.000 per bulan. Berikut pembagiaannya:

  1.  Chief Information Officer
  2.  Chief Technology Officer
  3.  Director of Technology
  4.  IT Director
  5.  IT Manager
  6.  Management Information Systems Director
  7.  Technical Operations Officer

7. Information Security Specialists

Seiring meningkatnya insiden pelanggaran keamanan seperti pencurian identitas pengguna, menyadarkan pentingnya untuk melindungi data di situs-situs komersil. Menganalisis keamanan informasi dapat membantu perusahaan mempertahankan jaringan komputer dan sistem organisasinya.

Spesialis informasi keamanan bekerja untuk merancang dan melakukan berbagai tindakan keamanan, seperti menginstall dan menggunakan perangkat lunak. Biasanya mereka akan melakukan simulasi serangan cyber untuk menguji keamanan sebuah sistem yang telah dibuat. Pekerjaan ini sangat diharapkan bagi tenaga kerja yang terampil, kreatif, dan jujur. Saat ini, Information Security Specialist paling banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

Gaji seorang Information Security Specialist di Indonesia berkisar Rp. 10.000.000 per bulan. Data tersebut diambil berdasarkan data dari Indeed.com.

  1.  Information Security
  2.  Security Specialist
  3.  Senior Security Specialist

8. Software/Application Developer

Software Developer atau pengembang perangkat lunak bertugas untuk merancang, menjalankan, dan menguji berbagai program dan aplikasi komputer. Sedangkan App Developer atau pengembang aplikasi bertugas untuk membuat aplikasi dan mencari solusi untuk kode pemrogramannya.

Mereka biasanya harus memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer atau bidang terkait lainnya. Tenaga kerja ini harus memiliki keterampilan dalam membuat suatu program.

Diprediksi peningkatan kebutuhan profesi ini dalam 10 tahun mendatang sebesar 21% dengan bayaran rata-rata di Indonesia sendiri sebesar Rp. 5.395.073 per bulan berdasarkan Indeed.com. Berikut pembagian dari Software/App Developer:

  1.  Application Developer
  2.  Applications Engineer
  3.  Associate Developer
  4.  Developer
  5.  Computer Programmer
  6.  Java Developer
  7.  Junior Software Engineer
  8.  .NET Developer
  9.  Programmer
  10.  Programmer Analyst
  11.  Senior Applications Engineer
  12.  Senior Programmer
  13.  Senior Programmer Analyst
  14.  Senior Software Engineer
  15.  Senior System Architect
  16.  Senior System Designer
  17.  Senior Systems Software Engineer
  18.  Software Architect
  19.  Software Engineer
  20.  Software Quality Assurance Analyst
  21.  System Architect
  22.  System Software Engineer

9. Web Developer

Web Developer merupakan salah satu bidang IT yang bertugas unutk mendesain, membuat, dan memodifikasi sebuah website. Mereka bertanggung jawab untuk memelihara situs web agar stabil dan ramah bagi pengguna. Beberapa jabatan terkadang membutuhkan gelar sarjana dan ada juga yang tidak. Jabatan yang tidak membutuhkan sarjana biasanya berada di bagian teknis HTML, Javascript, atau SQL. Dari 215 data terkait web developer di situs indeed.com, rata-rata gaji di bidang ini sebesar Rp. 4.845.033 per bulan. Berikut beberapa jalur yang bisa ambil dari Web Developer:

  1.  Front End Developer
  2.  Back End Developer
  3.  Senior Web Administrator
  4.  Senior Web Developer
  5.  Web Administrator
  6.  Web Developer
  7.  Webmaster

Kesimpulan

Kenaikan gaji seorang IT

Sebagai akhir dari artikel ini, perlu diketahui bahwa rata-rata gaji di atas merupakan data yang bersifat subjektif. Sebab data tersebut didapat dari perusahaan yang membuka lowongan kerja melalui platform dan disertai informasi gaji. Gaji seorang tenaga kerja pastinya akan selalu naik disertai skill yang terus meningkat. Bagi kamu yang masih fresh graduate tentunya gaji di atas  tergolong tinggi. Tingkat pengalaman seorang tenaga kerja juga menentukan besaran gaji yang diterima. Selain gaji, biasanya perusahaan menawarkan benefit lain yang mungkin bisa jadi pertimbanganmu juga.

“Saya pribadi berpikir bahwa bisa bekerja 12 jam sehari adalah berkah yang sangat besar. Banyak perusahaan dan banyak orang tidak memiliki kesempatan untuk bekerja sebanyak ini. Jika Anda tidak bekerja selama 12 jam sehari ketika muda, kapan lagi Anda bisa bekerja selama ini?” (Jack Ma)

Berikut ini beberapa artikel terkait yang bisa kamu baca lagi sebagai penambah wawasan ilmu kamu:

  1.  Belajar Skill Programming agar Mandiri Finansial
  2.  3 Tips Belajar Developer Proaktif agar Siap Kerja di Unicorn
  3.  3 Tips dari Anak Desa : Dapat Tawaran Kerja di Unicorn saat Kuliah
  4.  Kenapa harus Belajar Coding dari Sekarang
  5.  Sertifikasi, Bekal Utama Raih Karir Developer

Berikut link platform penyedia informasi gaji :

  1. Indeed.com
  2. Glassdoor.com
  3. Payscale

Kamu juga bisa mengikuti salah satu kelas Dicoding “Meniti Karier sebagai Software Developer” untuk membuka wawasanmu mengenai dunia Software Developer.

Rata-Rata Gaji Seorang IT di Indonesia – karya Alfian Dharma Kusuma, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding