Rekomendasi Framework PHP Populer di 2021

Rekomendasi Framework PHP Populer di 2021

Tahukah kamu, kalau dulu proses pembuatan sebuah website terkenal sangat rumit dan memakan banyak waktu? Itu karena tidak adanya struktur paling dasar yang membantu para developer dalam membuat sebuah website. Namun sejak munculnya beragam framework PHP proses pembuatan website terasa lebih cepat dan mudah.

Mengapa membuat website dengan framework akan terasa lebih mudah? Hal itu karena framework menyediakan struktur dasar untuk sebuah website. Terlebih, PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh web developer.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai framework PHP. Mulai dari alasan menggunakan framework PHP sampai dengan rekomendasi framework PHP yang populer di tahun 2021. Disimak dengan baik ya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa itu framework PHP?

Framework PHP adalah sebuah software yang berfungsi untuk mempermudah proses pengembangan website dengan cara menyediakan struktur dasar untuk membuat suatu website. Dengan menggunakan framework, proses pembuatan suatu website akan jauh lebih cepat.

Mengapa perlu menggunakannya?

Ada banyak alasan mengapa kamu dapat menggunakan framework PHP untuk membangun websitemu, berikut adalah beberapa alasannya.

  • Proses development menjadi lebih cepat
    Seperti yang sudah dijelaskan, proses pembuatan sebuah website dengan menggunakan framework PHP akan lebih cepat. Hal itu karena ia sudah menyediakan beragam libraries dan tools yang dapat membantu developer.

  • Mengurangi penulisan code
    Karena framework ini sudah menyediakan beragam libraries dan tools otomatis penulisan kode akan jauh lebih pendek, karena developer tidak perlu menuliskan kode asli yang panjang.

  • Menyediakan banyak libraries
    Dalam sebuah website terdapat beragam perintah umum yang perlu dibuat oleh developer untuk mendukung website agar berjalan dengan maksimal. Contohnya seperti melakukan validasi dan CRUD operations (Create, Read, Update, and Delete). Penggunaan framework akan sangat membantu kamu dalam membuat itu semua, daripada kamu harus menuliskan function yang kamu buat sendiri, kamu cukup menggunakan framework untuk mempermudah hal tersebut.

  • Lebih mudah untuk merawat code
    Dengan menggunakan framework PHP, kamu tidak perlu khawatir dengan code yang kamu buat. Code akan lebih mudah untuk di maintenance atau dirawat. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir perihal perawatan dari inti framework, karena hal tersebut sudah dilakukan oleh pengembang framework.

Framework PHP yang populer di tahun 2021

Jadi kamu sudah tau kan apa itu framework PHP dan alasan menggunakannya? Nah, sekarang kita masuk ke dalam pembahasan utama, yaitu framework PHP terpopuler di tahun 2021. Simak baik-baik ya, siapa tau kamu tertarik untuk menggunakan salah satu framework ini dalam membuat website.

  • Laravel
    Yang pertama adalah Laravel. Framework ini sangat populer di kalangan web developer dan diperkenalkan pada tahun 2011. Laravel memiliki sintaksis atau kode yang elegan, ringkas, dan rapi. Ia  digunakan untuk mengembangkan website yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. Selain itu, kelebihan lain dari Laravel adalah memiliki library yang lengkap, kemampuan yang dapat diandalkan, dan komunitas yang cukup besar.

  • CodeIgniter
    Berikutnya adalah CodeIgniter atau disingkat menjadi CI. Framework ini diluncurkan pada tahun 2006 dan memiliki arsitektur yang khas yaitu Model View Controller (MVC). Melalui arsitektur MVC, kode yang ditulis lebih terstruktur karena ia dipisahkan berdasarkan tugas secara spesifik.

    Jika kamu adalah developer yang baru ingin mempelajari framework PHP, CodeIgniter ini dapat menjadi pilihan yang tepat, karena mudah untuk dipahami. Tetapi di balik kemudahannya itu, framework ini memiliki beberapa kekurangan seperti library-nya yang kurang lengkap dan proses testing yang cukup rumit.

  • Symfony
    Selanjutnya adalah Symfony. Jika diurutkan dari yang paling populer symfony ini menempati urutan ketiga setelah Laravel dan CodeIgniter. Meski diluncurkan pada tahun 2005, Symfony masih digunakan dalam mengerjakan berbagai proyek, baik proyek kecil maupun besar.

    Framework ini cocok digunakan dalam mengembangkan website yang berskala besar dan kompleks. Kelebihan dari framework ini adalah dapat mengonsumsi  memori lebih sedikit ketimbang framework lain serta menghasilkan performa yang tinggi. Kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan Symfony karena ia memiliki komunitas yang cukup besar.

  • CakePHP
    Berikutnya ada CakePHP. Framework ini sudah banyak digunakan oleh ribuan website, baik website yang bersifat statis maupun dinamis. Alasan CakePHP ini banyak digunakan adalah karena ia dapat mencegah terjadinya SQL Injection, mendukung MVC, dan mudah untuk dikonfigurasi.

  • Yii Framework
    Yang terakhir adalah Yii Framework. Framework ini memiliki keamanan dan kinerja yang baik.. Karena alasan itu ia sangat sesuai digunakan untuk mengembangkan website modern. Framework ini memiliki kelebihan seperti mudah untuk dipelajari, memiliki fitur keamanan yang baik, dan dapat diintegrasikan dengan jQuery.

Kesimpulan

Jadi, itulah pembahasan kita mengenai framework PHP. Apakah kamu ada rencana untuk menggunakannya? Kamu dapat mulai mencoba salah satu framework yang sudah dijelaskan di atas dalam membuat website. Selamat mencoba dan tetap semangat ya.

Rekomendasi Framework PHP Populer di 2021 – end

Simak juga beberapa artikel lain diantaranya:

  1. 5 Framework Javascript Untuk Programmer Web 
  2. Macam-Macam Framework CSS untuk Ngoding Web 
  3. Apa Itu Programmer? Hal-Hal Yang Wajib Dikuasai

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.