Framework Javascript

5 Framework Javascript Untuk Programmer Web

5 Framework Javascript untuk Programmer Web – karya Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Javascript merupakan multi-paradigm language. Bahasa ini mendukung fungsionalitas dan gaya pemrograman imperative termasuk pemrograman berorientasi objek dan dasar pembuatan sebuah prototype. Biasanya Javascript digunakan pada client-side, namun sampai hari ini, Javascript juga bisa digunakan untuk server-side scripting. Framework Javascript adalah sebuah framework yang ditulis dalam Javascript dimana programmer dapat merubah fungsi-fungsi di dalamnya sesuai kebutuhan si programmer tersebut. Hal ini yang membuat framework menjadi pilihan utama para programmer.

Framework Javascript Untuk Programmer

Sepenting apa sih framework Javascript untuk programmer web? Seperti yang sudah kita ketahui di artikel sebelumnya, framework merupakan sebuah tools yang penting dalam pengembangan serta mendesain sebuah website. Karenanya, framework dipilih oleh banyak sekali programmer web untuk mempermudah pekerjaan mereka. Framework Javascript memungkinkan seorang programmer untuk membuat halaman webnya menjadi responsif atau mobile-friendly. Responsif menjadi alasan lain pentingnya framework Javascript untuk programmer web. Karena pengguna internet hari ini kebanyakan menggunakan smartphone mereka  untuk mengakses internet, maka fungsi responsif ini menjadi fitur yang tidak boleh ditinggalkan dalam proses pembuatan sebuah halaman web.

5 Framework Javascript Paling Populer

#1 Angular

framework javascript untuk programmer web

Salah satu framework Javascript untuk programmer besutan google ini biasanya digunakan untuk pembuatan Single Page Application. Angular 1.0 dirilis pada 2012, namun Miško Hevery, seorang karyawan google memulai mengembangkan Angular pada 2009. Setiap fiturnya dapat dimodifikasi atau diganti sesuai dengan keunikan gaya penulisan si programmer. Angular menjadi salah satu framework yang powerful, efisien dan bersifat open-source.

#2 Vue

framework javascript untuk programmer web

Merupakan framework Javascript untuk programmer yang cukup handal digunakan untuk pengembangan aplikasi web cross-platform. Meskipun dirilis pada 2016, framework ini sudah mendapat tempatnya di market web programming dan telah membuktikan keunggulannya yang menawarkan fitur-fitur yang bervariasi. Dengan fitur-fitur inilah yang membuat Vue.js menjadi salah satu framework yang mempunyai fitur atraktif untuk pembuatan single page applications.

#3 Ember

Framework ini diperkenalkan ke pasar web programming pada 2015 dan sudah meraih cukup banyak popularitas sejak pertama kali dirilis. EmberJs merupakan framework Javascript untuk programmer web yang mempunyai konsep Model-view-viewmodel (MVVM). Ember digunakan oleh banyak sekali website-website populer. Fitur EmberJs mendukung two-way data binding yang memungkinkan untuk pengembangan sebuah platform yang handal untuk menangani sistem antarmuka yang rumit pada sebuah website.

#4 Node.js

framework javascript untuk programmer web

Salah satu framework yang digunakan untuk server-side scripting yang bekerja secara cross-platform dan juga open-source. Ditulis oleh Ryan Dahl pada 2009, yang merupakan pengembangan dari server-side Javascript environment yang pertama, Netscape’s LiveWire Pro Web. Sebagai server-side Javascript, node.js digunakan dalam pengembangan web dinamis yang dapat mengoperasikan input output secara asynchronous.

#5 Backbones

Ini dia salah satu framework Javascript untuk programmer web yang paling populer. Framework ini dikatakan sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami. Pertama dirilis pada 13 Oktober 2010 lalu dan dibuat oleh Jeremy Ashkenas yang juga dikenal sebagai pembuat bahasa CoffeeScript dan library Underscore.js. Backbone digunakan untuk pembuatan single page applications. Framework ini dibuat sebagai buah dari pemikiran bahwa semua fungsi server-side harus berjalan melalui sebuah API, yang akhirnya membantu menghasilkan fungsi yang cukup kompleks dengan hanya menulis sedikit coding.

Itu dia teman-teman 5 framework Javascript untuk programmer web. Yang mana favorit kalian ? Selain framework-framework diatas, sebenarnya masih ada framework yang lain, tapi sekian dulu artikel kali ini, kita lanjut di artikel-artikel berikutnya.

5 Framework Javascript untuk Programmer Web 

end

Artikel ini ditulis oleh Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

“Mau pdkt-an sama pemrograman ? Kepoin aja website Dicoding

Ada developer yang lulus kelas Kotlin Android Developer Expert cuman 5 hari? Baca disini https://www.dicoding.com/blog/lulusan-tercepat-kelas-kade-ini-ternyata/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding