Macam-Macam Framework CSS untuk Ngoding Web

Macam-Macam Framework CSS untuk Ngoding Web – karya Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Sebelumnya kita pernah bahas tentang framework PHP dan jenis-jenisnya. Kali ini kita akan bahas tentang framework CSS. Loh, CSS juga ada frameworknya?  Jelas ada teman-teman, framework CSS dibuat agar lebih efisien dalam waktu dan pembuatan kalau kamu ngoding web.

Gak perlu lama-lama lah ya, yuk simak apa aja framework CSS untuk ngoding web.

#1 Bootstrap

framework css untuk ngoding web

SIapa yang gak kenal framework satu ini. Framework ini sudah sangat terkenal di kalangan programmer web karena fitur-fiturnya yang sangat menarik dan interaktif dijamin bikin ngoding kamu lebih mudah. Bootstrap awalnya dibuat oleh desainer dan developer di Twitter. Diciptakan pada pertengahan 2010 oleh Mark Otto dan Jacob sebagai framework open-source yang sebelumnya dikenal dengan Twitter Blueprint. Hingga akhirnya bootstrap dirilis pada hari Jumat, 19 Agustus 2011 dan hingga kini bootstrap sudah mencapai versi 4.

#2 Materialize

framework css untuk ngoding web

Ini nih, framework besutan Google yang mengimplementasikan Google Material Design, salah satu yang populer dalam desain pemrograman. Framework ini mempunyai tampilan elegan dan sangat konsisten dan hampir terasa seperti tampilan android. Salah satu kelebihan dari framework ini adalah komponen-komponen serta class yang mudah untuk dipelajari. Buat kamu yang produktif dan serba cepat kalau ngoding web, framework ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Yang menarik dari framework ini adalah, Materialize diciptakan oleh empat mahasiswa berbeda di Carnegie Melon University.

#3 SemanticUI

framework css untuk ngoding web

SemanticUI pertama kali dirilis pada tahun 2013 dan diciptakan oleh Jack Lukic. Yang membedakan framework ini dari framework lain adalah banyaknya tema serta kustomisasi yang bisa digunakan. Ada sekitar 3000 lebih variasi tema untuk framework ini. Hubungannya tema dengan ngoding web ? Jelas ada, karena kalau kamu ngoding web pasti pengen tampilannya bagus kan ? Nah, framework ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu ngoding.

#4 Foundation

framework css untuk ngoding web

Foundation diciptakan oleh ZURB dan dirilis pada 2011. Framework ini mempunyai hampir semua fitur yang wajib dimiliki sebuah framework seperti responsive, mobile-first, aksesibilitas dan lain sebagainya. Framework ini katanya sedikit lebih mutakhir dari framework lain, dan mengklaim sebagai framework untuk “profesional”. Untuk yang biasa ngoding web pasti sudah tahu gimana susahnya membuat sebuah HTML email. Nah, framework ini katanya mempermudah dalam pembuatan HTML email yang mempunyai tampilan menarik. Bisa jadi pilihan buat teman-teman yang kesulitan ngoding.

#5 Bulma

framework css untuk ngoding web

Ada yang pernah dengar namanya? Bukan, ini bukan karakter temennya SonGoku di serial Dragon Ball. Bulma juga merupakan sebuah framework CSS yang mungkin bisa dibilang masih anak baru. Temen-temen ada yang pernah pakai framework ini untuk ngoding web? Katanya framework ini bener-bener pure CSS, dalam artian tidak ada javascript yang digunakan sama sekali. Framework ini dirilis pada 2016 silam dan diciptakan oleh Jeremy Thomas. Yang menarik dari Bulma adalah ketelitiannya, CSS-only, dan tampilan default yang elegan, yang mana menjadi sedikit masalah untuk kamu yang sering ngoding web dengan menggunakan bootstrap.

#6 UIKit

framework css untuk ngoding web

Satu hal yang terbayang saat menggunakan framework yang satu ini adalah minimalism. Ya, buat kamu yang sering ngoding web dan mau membuat sebuah halaman web yang minimalis, framework ini bisa jadi salah satu pilihan. Tapi bukan berarti fitur yang dimiliki juga minimalis, UIKit faktanya menyuguhkan hampir semua fitur dari sebuah framework. Diciptakan oleh YOOtheme dan dirilis pada 2013, UIKit menjadi framework yang digunakan untuk ngoding web yang serba cepat dan membuat tampilan web lebih menarik.

Nah, gimana teman-teman, adakah dari teman-teman yang tertarik untuk menggunakan salah satu framework diatas untuk ngoding web ? Atau malah ada yang sudah pakai salah satunya ? Sebenarnya masih banyak framework CSS untuk ngoding web yang memiliki fitur-fitur menarik serta keunggulannya masing-masing, tapi sekian dulu artikel kali ini ya, kita lanjut di artikel berikutnya.

Macam-Macam Framework CSS untuk Ngoding Web

-end-

Artikel ini ditulis oleh Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding
“Programmer tapi belum kenal Dicoding ? Kenalan dulu dong di sini

Pakai Android tapi masih belum tahu apa itu Android sebenarnya ? Simak artikel tentang Android di https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-android-kenapa-developer-memilih-android/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding