10 Kecerdasan Buatan yang Kita Gunakan Sehari-hari

10 Kecerdasan Buatan yang Kita Gunakan Sehari-hari

Saat ini Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi pusat perhatian dunia. Bagaimana tidak? Deep blue, sebuah komputer yang dapat mengalahkan Garry Kasparov pada tahun 1990-an dalam permainan catur pro dalam waktu singkat. Kemampuan itulah yang diprogram agar dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efisien.

Dalam kaitannya, AI memiliki dua kategori yaitu AI lemah (Weak AI) dan AI kuat (Strong AI). AI lemah dirancang untuk melakukan tugas tertentu, seperti menjawab pertanyaan berdasarkan apa input dari pengguna atau bermain catur. Sedangkan AI kuat dirancang dengan sistem yang bersifat kognitif layaknya manusia. Ketika AI kuat ditugaskan, maka sistem ini akan memberikan solusi yang baik tanpa peran manusia. Ia akan belajar sendiri untuk menyelesaikan sebuah permasalahan baru.

Sadar atau tidak, kecerdasan buatan ini ternyata sering kita gunakan di kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini ulasan 10 kecerdasan buatan yang kita gunakan sehari-hari.

1. Streaming Video/Musik

Live Streaming

Streaming saat ini sudah menjadi salah satu media hiburan favorit masyarakat dunia. Bagaimana tidak? Program ini dapat mengakses semua video atau musik dengan mudah dan cepat. Saat kita streaming video, program tersebut akan menampilkan kualitas yang sesuai dengan kemampuan sinyal kita.

Biasanya saat kamu mulai membuka aplikasi streaming, aplikasi akan menyuguhkan berbagai konten terbaru atau trend saat ini. Bahkan tanpa kamu memintanya, aplikasi akan menyuguhkan konten-konten rekomendasi berdasarkan riwayat atau rekam jejak dari penelusuran yang kamu lakukan. Program tersebut memang dibuat agar pengguna dapat berlama-lama untuk melakukan streaming.

2. Search Engine

Browser

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Google, Bing, dan Yahoo. Web ini dikenal karena kemampuannya yang tahu segalanya. Sebenarnya kepintaran itu dihasilkan melalui kontribusi dari masyarakat dunia yang saling share pengetahuan mereka melalui tulisan atau artikel. Mayoritas search engine selalu berlomba-lomba memberikan aksesibilitas yang tinggi sehingga pengguna akan nyaman dalam berselancar melalui internet.

AI pada search engine terletak pada sistem dalam mempelajari kebiasaan para penggunanya. Biasanya AI akan memberikan berita atau informasi kepada pengguna sesuai dengan kebiasaan mereka saat mencari informasi.

3. Fitur Selfie

Selfie Fitur

Saat kamu berfoto ria dengan menggunakan kamera smartphone, kamu pasti sering menambahkan fitur-fitur yang ada di kameramu. Entah itu berupa filter, editing, beauty, dan sebagainya. Ada juga beberapa program kamera yang memberikan akses wajah sehingga dapat mengubah wajah pada usia muda hingga tua. Fitur tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) berupa deteksi wajah, kualitas, dan warna. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi untuk edit gambar kamu jadi lebih kece.

4. GPS

GPS Navigation

GPS atau Global Positioning System merupakan teknologi yang tergolong rumit. Teknologi pintar yang satu ini menggunakan big data dalam proses pembuatannya. Bayangkan saja, untuk merekam seluruh perjalanan dunia secara detail bisa kamu akses melalui GPS ini. GPS dapat mendeteksi jalanan yang sedang macet atau lancar dengan simbol berwarna. Kamu akan diberikan berbagai opsi rute tercepat serta terhindar dari kemacetan.

Layanan GPS lainnya yang menggunakan kecerdasan buatan adalah fitur melihat posisi di dunia secara real 3 dimensi. Pembuatan rute GPS dilakukan oleh mobil yang mengelilingi dunia untuk mengambil gambar dengan kamera 360०. Wah, keren ya cara pembuatan GPS ini.

5. Pemesanan Ojek Online

Online Taxi

Saat kamu memesan ojek online, kamu akan ditunjukkan kehadiran spot-spot di mana ojek-ojek tersebut berada. Pemesanan ini selalu otomatis secara acak dalam memilih driver yang akan kamu pilih dengan berbagai kriteria. Aplikasi ojek online ini sangat efektif digunakan karena munculnya berbagai layanan seperti pengantaran atau pembelian makanan. Apalagi untuk menikmati fitur tersebut, cukup dengan smartphone kamu saja. Aplikasi ini sangat membantu kamu, apalagi saat kamu membutuhkan logistik secara mendadak.

Program ini selalu di-upgrade kecerdasannya dari waktu ke waktu. Sehingga apa tidak disalahgunakan oleh pengguna dan driver. Driver dapat menentukan jam kerjanya sendiri tanpa perlu tertekan oleh jadwal kerja yang panjang. Oleh karena itu, di beberapa kota kadang tidak menerima rekrutment lagi karena memiliki jumlah driver yang berlebihan.

6. Video Game

Video Game

Video Game juga menggunakan kecerdasan buatan dalam hal simulasi dan struktur pembuatannya. Hal itu yang membuat video game saat ini berkembang menjadi 3 dimensi yang menyerupai kehidupan nyata. Dalam perkembangannya, mayoritas game developer menggunakan kecerdasan buatan berupa program yang dapat membaca teknik dari permainan user. Kemudian AI akan menyesuaikan cara melawan user dengan tingkat level yang berbeda-beda.

7. Internet Marketing

Internet Marketing

Internet marketing pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu yang memiliki usaha online shop. Memasarkan sebuah produk atau jasa melalui daring sangat memudahkan para pengusaha agar barangnya terjual dengan cepat. Pengusaha online shop tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar karyawan dalam menjualkan barang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa media pengiklanan terbesar saat ini sudah bukan TV lagi, melainkan internet yang telah digunakan oleh masyarakat secara luas. Melalui internet marketing, iklan secara otomatis akan tersebar ke user yang sesuai dengan segmentasi pasar. AI akan bekerja untuk memberikan iklan kepada user berdasarkan riwayat atau rekam jejak pengguna.

8. Media Sosial

Media Social

Media sosial selalu menjadi program favorit para sosialita. Sebab, program ini telah menjadi sarana share and care masyarakat luas. Kamu bisa menemukan teman-temanmu yang sudah lama tidak berjumpa hingga saling kirim foto dan video. Kemudahan dan kecepatan yang diberikan oleh berbagai program media sosial ini menggunakan kecerdasan buatan (AI). Salah satunya adalah pertemenanan berdasarkan nomor kontak yang kamu simpan. Biasanya kamu sering menemukan kontak teman kamu tanpa sengaja, padahal kamu tidak memintanya.

9. Translator

Online translator service

Program penerjemah bahasa juga menggunakan kemampuan kecerdasan buatan. Translator masa kini sudah memiliki kecanggihan berupa voice record. Kamu cukup merekam suara kamu, lalu translator akan menerjemahkannya ke bahasa yang kamu pilih. Selain itu ada pula translator dengan kamera. Kamu cukup mengarahkan kamera di atas tulisan tanpa memotretnya, lalu tulisan-tulisan tersebut akan berubah dengan sendirinya.

10. Belanja Online

Online Shop

Seberapa sering kamu melakukan belanja melalui online shop? Mudah, murah, dan praktis. Program belanja online memiliki ribuan hingga jutaan produk yang dapat kamu temui. Saat kamu membukanya melalui beranda, kamu akan temukan berbagai produk yang dapat kamu pilih dari berbagai kategori hingga barang semurah atau sekecil apapun itu.

Aplikasi AI pada online shop biasanya ditemukan pada rekomendasi produk yang ditampilkan pada beranda. Rekomendasi tersebut bersumber dari program yang selalu mempelajari kebiasaan kamu dalam mencari atau membeli suatu produk.

 

“Saya lebih memilih orang yang pemalas untuk melakukan pekerjaan yang besar, karena dia akan berusaha menemukan cara mudah untuk menyelesaikannya.” (Bill Gates)

Cukup sekian penjelasan mengenai 10 kecerdasan buatan yang kita gunakan sehari-hari. Jika ditelaah lebih lanjut, penggunaan kecerdasan buatan ini sudah sangat meluas. Pada intinya, kecerdasan buatan bertujuan untuk memudahkan manusia dalam mengakses apapun itu secara mudah, cepat, dan praktis.

Kecerdasan buatan tidak luput dari campur tangan seorang programmer. Kamu juga bisa membuatnya dengan proses yang cukup sederhana sekalipun. Jika kamu tertarik belajar programming, kamu bisa mengikuti pendidikan programming melalui Dicoding. Kamu akan menemukan berbagai pilihan jurusan yang kamu minati dan kurikulum pembelajaran yang sudah mengikuti standar internasional.

Baca juga artikel terkait berikut ini :

  1. Apa itu Rate Limit pada Github
  2. Anak Sosial Perlu Hijrah ke Kotlin Android
  3. Sejarah Bahasa Pemrograman Dibuat
  4. Kenapa Harus Belajar Coding dari Sekarang

10 Kecerdasan Buatan yang Kita Gunakan Sehari-hari – karya Alfian Dharma Kusuma – Intern Junior Content Writer di Dicoding

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding