Cari Kerja Freelance Bidang IT_ Inilah Cara dan Tempatnya!

Cari Kerja Freelance Bidang IT? Inilah Cara dan Tempatnya!

Sebelumnya, kami telah membahas definisi freelance dan jenis-jenisnya dalam bidang IT. Nah, setelah kamu mengetahui arti dari pekerjaan lepas ini, apakah kamu tertarik untuk mencari lowongan tersebut? Tanpa perlu berlama-lama lagi, kami hadirkan informasi cara dan tempat mencari pekerjaan lepas dalam bidang IT.

Tren Bekerja Jarak Jauh

Foto orang bekerja remote atau freelance.

Saat ini berbagai kegiatan sudah semakin fleksibel dengan adanya teknologi dan mendorong gaya hidup yang lebih dinamis. Berdasarkan hasil riset Cisco yang dicantumkan dalam artikel dari Liputan 6, angka yang mendukung tren kerja fleksibel dari mana saja (work from anywhere) sebanyak 84%.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Selain karena kemajuan teknologi, salah satu faktor besar yang mendukung fleksibilitas pekerjaan sehari-hari adalah pandemi Covid-19. Saat itu, semua orang harus tetap diam di rumah untuk menghindari penyebaran virus.

Namun, nyatanya setelah dampak dari Covid-19 sudah berangsur menurun, orang-orang tetap nyaman untuk melakukan berbagai pekerjaan dari jarak jauh. Dari penelitian McKinsey yang dilansir oleh Binus Academy, angka kenyamanan bekerja jarak jauh tersebut mencapai 80%. 

Adapun dalam section riset McKinsey yang berbeda, 28% menyatakan produktivitas dengan adanya bekerja jarak jauh lebih tinggi, serta 41% mengatakan bahwa tingkat produktivitas antara bekerja di kantor dan di rumah sama saja.

Cara Mencari Freelance IT

Nah, salah satu hal yang mendorong orang untuk mencari pekerjaan lepas adalah fleksibilitasnya dalam bekerja. Tidak perlu ke kantor dan tidak terikat dengan peraturan sebagai karyawan full-time pun menjadi daya tarik orang-orang untuk mencari lowongan kerja lepas (freelance). 

Perempuan bekerja freelance dari rumah.

Nah, tentu kamu yang mencari freelance sudah tidak sabar ingin mencari tahu caranya.

Tentukan Minatmu

Pertama dan paling utama adalah kamu harus mencari tahu dulu ranah mana yang ingin kamu tekuni. Hal ini supaya kamu tidak kehilangan arah ketika mencari freelance, apalagi lowongan yang disediakan sangatlah luas dan umum, tidak seperti pekerjaan full time yang biasanya dibatasi dengan tanggung jawab tertentu.

Namun, perbedaan lainnya dari kerja full time atau penuh waktu adalah kamu bisa mengeksplorasi lebih banyak bidang peminatan untuk bekerja. Kamu bisa menentukan jarak waktu tertentu untuk mengerjakan hal spesifik dalam satu bidang, lalu selanjutnya mengeksplorasi bidang lainnya.

Pelajari Hal yang Menjadi Minatmu

Nah, setelah kamu tentukan minat dalam bidang yang ingin dikerjakan, pelajarilah hal tersebut sebelum terjun pada proyek. Misalnya, kamu sudah menentukan minat pekerjaanmu dalam bidang pengembangan web, pelajarilah hal-hal terkait web dan lakukan eksplorasi terkait dengan web.

Jangan khawatir jika kamu bukan orang dengan latar belakang IT. Siapa pun bisa mencari peluang untuk mencari freelance dalam bidang ini. Belajar pun tidak selalu perlu biaya. Ada cara mencari ilmu gratis yang sudah kami sediakan di sini.

Kumpulkan Portofolio

Jika sudah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan minatmu, saatnya mengumpulkan portofolio sebagai bukti bahwa kamu berpengalaman dan dapat bekerja dalam suatu bidang. Kamu tidak perlu mengikuti pekerjaan secara formal untuk mendapatkan portofolio.

Saat ini, ketika mengikuti bootcamp atau pelatihan dalam suatu bidang, ada tugas yang harus dikerjakan. Itu juga bisa kamu jadikan portofolio, lho. Misalnya, kalau kamu belajar di Dicoding, ada fitur Submission sebagai syarat kelulusan yang dapat kamu jadikan portofolio.

Selain itu, kamu juga bisa aktif dalam berbagai event untuk membangun portofolio, salah satunya hackathon. Pekerjaan menjadi sukarelawan atau volunteer juga dapat kamu jadikan portofolio.

Mulailah Mencari

Setelah kamu belajar dan mengumpulkan hasil karyamu dalam suatu bidang, saatnya mencari pekerjaan yang cocok! Kamu bisa mencarinya lewat berbagai platform ataupun melalui koneksi. Nah, jika kamu penasaran tempat atau platform untuk mencari lowongan freelance, mari langsung simak bagian berikutnya.

Tempat Mencari Freelance IT

Inilah berbagai platform yang bisa menjadi tempat kamu untuk mencari pekerjaan lepas dalam bidang IT.

Sribu

Salah satu website freelance, Sribu.

Ini adalah salah satu platform untuk mencari freelance terbesar di Indonesia. Didirikan dari tahun 2014, Sribu yang dulunya bernama Sribulancer ini memang berfokus untuk mempertemukan pekerja lepas dengan klien.

Beragam pekerjaan bisa kamu tawarkan di sini, termasuk di dalamnya adalah bidang teknologi. Kamu dapat menawarkan jasa perbaikan bug hingga pembuatan web di situs Sribu.

Fastwork

Tampilan situs Fastwork.

Salah satu situs terbesar untuk freelancing di Asia Tenggara ini juga dapat menjadi tempat untuk kamu mencari pekerjaan lepas. Fastwork sudah memiliki aplikasi mobile sehingga dapat diakses dalam genggaman.

Pada dasarnya Fastwork juga mirip dengan Sribu, tetapi pekerjaan yang dapat dieksplorasi lebih umum dan tidak terlalu spesifik. Kamu bisa melihat-lihat situs Fastwork di sini.

Upwork

Tampilan situs freelancer global, Upwork.

Jika kamu mencari peluang kerja yang lebih luas lagi, Upwork adalah pilihan tepat. Upwork adalah salah satu freelance dengan jangkauan global, berpusat di California, dan didirikan sejak tahun 2013.

Selain diakses melalui web, Upwork juga memiliki aplikasi mobile. Cukup update dengan perkembangan teknologi terkini, bahkan Upwork menyediakan section khusus untuk para pembuat AI. Kamu bisa mengeksplorasinya lebih lanjut melalui tautan ini.

Komunitas

Tampilan grup komunitas di Facebook.

Berbeda dengan beberapa nama lainnya yang telah disebutkan di atas, ini bukanlah sebuah platform situs web atau aplikasi. Namun, jangan remehkan ia dalam perjalanan mencari freelance. Sering kali, ini menjadi ladang keuntungan.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan join berbagai grup komunitas di Facebook dan menunggu lowongan yang tersedia. Hal lainnya, kamu juga bisa proaktif dalam menawarkan jasa atau pekerjaan tertentu sesuai kemampuan.

Dicoding Jobs

Lowongan kerja freelance di Dicoding Jobs.

Terakhir, tetapi tidak kalah menarik adalah mencari peluang di Dicoding Jobs. Salah satu platform mencari kerja dalam bidang teknologi informasi di Indonesia ini pun dapat kamu jadikan pilihan. 

Dicoding Jobs tentu lebih unggul dibanding platform-platform lainnya karena menawarkan lowongan yang lebih segmented, yakni fokus langsung pada bidang teknologi. Kamu bisa mengeksplorasi lowongan freelance di sana melalui tautan ini.

Sekian penjelasan mengenai cara dan tempat mencari freelance dalam artikel ini. Semoga dengan disajikannya informasi yang lebih lengkap ini kamu dapat semakin semangat untuk mencari pekerjaan lepas, ya. Jiayou!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.