Inilah 8 Cara Belajar Pemrograman Gratis

Inilah 8 Cara Belajar Pemrograman Gratis

Ayo, siapa yang tidak mau belajar gratis? Apalagi pengikut setia Dicoding, pasti sudah tahu kalau Dicoding sering menyediakan belajar programming secara gratis menggunakan Dicoding Trials dan beasiswa. Namun, apakah kalian tahu, ada beberapa cara lain yang dapat dicoba untuk belajar pemrograman gratis? Tunggu apa lagi, mari kita simak artikel berikut!

 

Menonton Video Tutorial

Beberapa di antara kamu pasti lebih senang belajar dengan metode audiovisual. Model pembelajaran audiovisual memang sering digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang kompleks (Stolovitch, 1978).

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Pemrograman adalah salah satu bidang yang dapat dipelajari dengan metode ini. Nah, untungnya sekarang sudah tersedia berbagai platform berbasis video. Salah satunya yang paling terkenal adalah YouTube.

Kamu tinggal mengetikkan kata kunci yang ingin dipelajari pada kolom pencarian dan tara! Langsung muncul beberapa video yang menjelaskan sesuatu untuk menjawab rasa ingin tahumu.

Contoh Video Tutorial Belajar Pemrograman oleh Dicoding

Selain YouTube, ada platform lain berbasis video yang bisa kita manfaatkan untuk belajar pemrograman secara gratis. Kamu sudah sering mendengar TikTok, kan? Akhir-akhir ini TikTok sangat populer dipergunakan untuk sharing dan membuat konten.

Jangan lewatkan akun TikTok-mu sia-sia! Di sana, banyak juga lho yang sharing tentang pengetahuan untuk menambah wawasanmu, termasuk tips-tips dalam pemrograman. Meskipun video di sana relatif singkat, tetapi cukup untuk mendapatkan trik sederhana yang sering kali tidak terlintas di pikiran.

Berburu Beasiswa dan Trial 

Sebagaimana paragraf pembuka dalam artikel ini, beberapa dari kamu mungkin memanfaatkan jalan berikut untuk belajar pemrograman: berburu beasiswa dan trial! Bagi yang belum pernah, sekarang sudah kami bocorkan, nih.

Nah, nyatanya banyak sekali lho beasiswa yang bisa kita dapatkan untuk belajar pemrograman gratis, terutama di Dicoding. Misalnya, DevOps and Back-End Developer Scholarship Program dari AWS atau DBS Foundation Coding Camp.

Beasiswa dari AWS dan DBS Foundation

Ketika mendaftar beasiswa, kamu perlu memenuhi persyaratan dan menyiapkan berkas atau informasi yang diperlukan. Lalu, pihak penyelenggara akan menyeleksimu sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Mudah, bukan?

Selain beasiswa, biasanya kursus online juga menyediakan trial atau masa percobaan dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini biasanya hadir supaya pengguna dapat merasakan pengalaman belajar sebelum benar-benar mengikuti kelas.

Belajar Gratis Menggunakan Dicoding Trial

Misalnya, di Dicoding, kamu juga bisa mencoba belajar dengan trial, lho! Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat akun Dicoding dan kunjungi tautan berikut: https://www.dicoding.com/trials. Setelah itu, kamu diberikan waktu 15 hari untuk merasakan pembelajaran di Dicoding. Yuk, kapan lagi bisa belajar pemrograman gratis?

Menelusuri Bahan Bacaan

Kamu pasti tahu kalau sekarang segala pengetahuan dapat mudah dicari hanya dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian dan mengeklik tombol “cari” atau “search”. Hasil yang didapatkan pun beragam, mulai dari artikel, gambar, berita, hingga buku.

Belajar sepertinya tak lengkap tanpa referensi. Dengan membaca, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih luas serta valid, termasuk dalam bidang pemrograman. Selain itu, membaca juga melatih logika berpikir.

Logika berpikir yang baik sangat diperlukan untuk belajar pemrograman. Sebuah penelitian yang dilakukan di Turki pada tahun 2016 pun menunjukkan bahwa seseorang dengan kemampuan membaca yang baik juga unggul dalam kecerdasan matematika dan sains. Sebagaimana kita ketahui, bidang matematika sangat berpengaruh terhadap pemrograman.

Manfaatkan Komunitas

Pernahkah kamu merasa buntu ketika belajar pemrograman? Barangkali kamu juga sudah berjam-jam ngoding, malah bertemu error. Lalu, kamu tidak tahu letak error itu berada. Wah, kalau sudah begini, tidak jarang jadi patah semangat, deh.

Jangan khawatir, sekarang sudah banyak komunitas yang bisa membantumu untuk menjawab keresahan tersebut. Kamu bisa mengikuti berbagai grup di media sosial sesuai dengan minat dan jalur belajarmu. Misalnya, kamu sedang mempelajari pemrograman Java, kamu bisa bergabung dalam komunitas Java di Facebook.

Aktif di Komunitas untuk Belajar Pemrograman Gratis

Selain media sosial, ada juga komunitas-komunitas yang sering mengadakan pertemuan di luar jaringan. Salah satunya adalah Google Developer Student Club untuk kamu yang masih mahasiswa dan Google Developer Groups untuk umum. Dengan mengikuti komunitas semacam itu, kamu bisa bertemu dengan berbagai developer dan mencari koneksi untuk belajar pemrograman bersama.

Mengikuti Coding Challenge

Jika bekal sudah mantap, saatnya menantang diri untuk menguji kemampuan! Dalam bidang pemrograman, banyak sekali tantangan yang bisa diikuti, khususnya coding challenge. Tantangan untuk ngoding dalam komunitas IT juga biasa disebut dengan Hackathon, Codefest, atau Hackfest.

Di Indonesia, Hackathon yang cukup terkenal adalah Hackathon Merdeka. Acara tersebut sudah digelar sejak tahun 2015. Namun, uniknya Hackathon Merdeka tidak hanya diselenggarakan di Indonesia. Ia juga diselenggarakan di Malaysia, Jepang, Australia, dan Singapura. Adapun tujuannya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sistematik di Indonesia menggunakan inovasi teknologi.

Hackathon Merdeka

Kamu masih minder untuk mengikuti tantangan programming? Nah, mungkin kamu bisa berlatih dulu dengan beberapa situs ngoding yang interaktif seperti game. Kamu bisa mencoba situs seperti codewars.com atau codingame.com. 

Dua-duanya gratis dan menyediakan latihan dalam berbagai bahasa pemrograman. Mungkin beberapa di antara kamu pernah atau bahkan sering berlatih coding di sana? 

Menghadiri Event Teknologi

Adakah dari kamu yang suka menghadiri seminar atau webinar? Sekarang banyak komunitas, organisasi, atau perusahaan yang mengadakan event-event khusus teknologi. Dari sana, pasti ada ilmu baru yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Event-Event Gratis yang Ada di Dicoding

Di Dicoding sendiri, sering diadakan event, seperti Dicoding Live. Selain itu, ada juga bincang-bincang, seperti Developer Coaching dan Tech-Talk. Tema-temanya tentu disesuaikan dengan tren teknologi saat ini sehingga kamu bisa mendapatkan wawasan terbaru dan sudut pandang dari para expert.

Berbagi Ilmu Pemrograman

Terakhir adalah berbagi ilmu pemrograman. Apakah kamu pernah mendengar kutipan seperti  “Dengan mengajar, kita kembali belajar sesuatu”? Nyatanya, hal tersebut benar. Jika kamu membagikan ilmu yang telah kamu pelajari kepada orang lain, pasti akan terus terpicu untuk mempelajarinya.

Kamu bisa memulai dengan membantu temanmu berlatih dalam sebuah proyek yang dikerjakan bersama, mengajar orang-orang dengan kebutuhan teknologi (misalnya mengajarkan cara membuat situs web), hingga menulis artikel pada blog pribadi. Dengan begini pun, kamu sudah berbagi ilmu pemrograman secara gratis.

 

Nah, sekarang apakah kamu sudah semakin termotivasi untuk belajar pemrograman? Sebab sudah banyak cara yang gratis, jangan sampai melewatkan kesempatan belajar, ya! Apakah ada tips belajar gratis lainnya yang belum ditulis dalam artikel ini? Kalau ada, beri komentar, yuk!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.