Tips Belajar Programming dengan Cepat dan Efisien

Tips Belajar Programming dengan Cepat dan Efisien

Bagi para pemula yang baru masuk dunia programming pasti sering bertanya-tanya, “Bagaimana sih cara belajar programming yang cepat dan efisien?”

Di era digital yang serba cepat saat ini, semua orang ingin serba instan dan tergesa-gesa. Bahkan, orang-orang yang switch career ke dunia programming yang seharusnya butuh waktu bertahun-tahun untuk menguasainya pun ingin melalui jalan cepatnya saja. 

Walaupun bukan perjalanan semalam, tetapi juga tidak sesulit yang dipikirkan orang jika kita menjalaninya dengan dedikasi, semangat, dan konsistensi. Karena saat ini banyak platform pembelajaran online seperti Dicoding, kita dapat terbantu untuk belajar coding sehingga menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Nah, jika sudah tahu tipsnya, perjalananmu dalam belajar programming akan terasa lebih mudah. Maka dari itu, yuk simak beberapa tips belajar programming dengan cepat dan efisien pada artikel di bawah ini!

1. Belajar Konsep Skill Dasar atau Fundamental Programming

belajar skill dasar programming

Langkah awal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memahami konsep dasar programming. Jika ingin memahami tahap selanjutnya yang lebih kompleks dalam belajar programming, kamu harus memiliki dasar-dasar yang kuat. Dasar-dasar programming ini, seperti algoritma, struktur data, variabel, tipe data, function, control flow, dan sintaksis.

Dengan begitu, kemungkinan kamu merasa stuck dalam belajar programming akan lebih kecil. Selain itu, proses belajar selanjutnya yang lebih kompleks pun akan mudah dipahami jika memiliki logika-logika dasar programming yang kuat.

2. Fokus pada Satu Bahasa Pemrograman

fokus satu programming language

Nah, langkah selanjutnya adalah mengetahui bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari. Fokuslah pada satu bahasa pemrograman dulu karena ini akan membuat proses belajar programming kamu lebih cepat dan efisien.

Untuk mengetahui bahasa programming mana yang cocok, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan belajarmu saat ini. Jika kamu tertarik menjadi seorang data engineer, pertimbangkan bahasa pemrograman, seperti Python, JavaScript, SQL, dan R.

Berbeda lagi jika kamu ingin menjadi seorang mobile developer, bahasa pemrograman seperti Kotlin, Swift, dan Dart akan lebih cocok untuk dipelajari. Selain itu, jika fokus kamu mengembangkan sebuah game, belajar game engine Unity dan bahasa pemrograman C# adalah langkah awal yang tepat.

3. Learning by Doing

praktik langsung programming

Nah, ini adalah kesalahan yang sering dilakukan pemula saat belajar programming, yaitu kamu hanya membaca buku atau melihat kode sampel di layar monitormu tanpa mempraktikkannya secara langsung.

Karena ketika kamu menulis kode; bermain dengan kode; mengoptimalkan kode; dan mencoba solusi yang berbeda, itu akan membuat kemampuan berpikir logis kamu meningkat dari hari ke hari. Semakin sering kamu berlatih, semakin lihai pula kamu dalam menyusun kode pemrograman.

Selain itu, kamu bisa mencoba untuk membangun programmu sendiri, contohnya seperti meningkatkan fitur digital assistant secara sederhana. Hal itu akan membuat kamu bisa belajar memahami pemrograman lebih cepat.

4. Gunakan Metode Code by Hand

belajar programming dengan code by hand

Ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang karena seharusnya coding dilakukan menggunakan komputer, bukan secara manual dengan menulis.

Namun, melansir dari Geeks for Geeks, pengkodean secara manual dengan tulisan tangan akan memberimu pemahaman yang jelas tentang sintaksis dan algoritma.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah dapat membantu kamu dalam proses interview kerja. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan yang memintamu untuk membuat coding secara manual dengan tulisan saat proses interview kerja. Walaupun terbilang jadul, tetapi sebenarnya tes ini dapat melihat kemahiran seorang programmer.

Oleh karena itu, mempelajari pemrograman dengan cara ini akan membuat pekerjaan kamu menjadi lebih mudah dan cepat nantinya.

5. Ikutlah Online Course

belajar programming dengan ikut online course

Mengikuti online course merupakan salah satu cara lain yang bisa kamu pilih jika ingin belajar programming dengan cepat dan efisien karena program-program online course biasanya diadakan dengan waktu yang relatif singkat. Walaupun singkat, tetapi hal-hal yang dipelajarinya adalah ilmu-ilmu penting dalam dunia kerja.

Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan mentor-mentor berpengalaman dan peserta lainnya yang dapat diajak berdiskusi dan belajar. Nah, salah satu online course yang cocok untuk memulai belajar programming adalah Dicoding. Dengan mengikuti alur belajar pada online course Dicoding, proses belajar kamu akan lebih cepat dan terarah.

6. Jangan Lupa Istirahat

istirahat dari programming

Belajar programming dengan duduk di depan komputer selama berjam-jam dan mencoba memahami semuanya sekaligus tentunya hal yang sangat melelahkan. Selain itu, kebiasaan tersebut juga tidak baik karena tubuh juga perlu istirahat. Cobalah untuk belajar sedikit demi sedikit, tetapi konsisten setiap harinya.

Selain itu, cobalah untuk menghilangkan semua jenis gangguan, seperti mematikan notifikasi telepon, notifikasi email, dan coba isolasi diri agar kamu fokus. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu akan menghemat banyak waktu dan terhindar dari burnout ataupun frustasi.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat membantu proses belajar programming-mu lebih cepat dan efektif. Mungkin di tengah perjalananmu menjadi seorang programmer akan merasakan stuck ataupun burnout, tetapi perlu diingat bahwa menjadi seorang programmer yang andal juga butuh konsistensi untuk terus berlatih. 

Kamu bisa terus berlatih secara otodidak seperti mengikuti webinar dimana kamu bisa mendapatkan informasi langsung dari tim expertnya di bidangnya dan juga bisa berdiskusi bersama orang-orang dengan minat yang sama. Salah satu webinar yang bisa kamu ikuti adalah Effectively Developing Your App and Increase Productivitydan mendapatkan insight yang terbaru seputar pengembangan aplikasi.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!